Deteksi Dini Risiko Kemandulan Dan Upaya Yang Bisa Dilakukan

Risiko kemandulan dapat menyerang setiap perempuan. Bahkan risiko ini sudah dapat dideteksi sejak masa kanak-kanak. Seperti di Inggris dan Amerika, risiko kemandulan dapat dikenali dengan riwayat penyakit yang ada di silsilah keluarganya. Selain itu risiko karena faktor kebiasaan atau gaya hidup juga besar, karenanya banyak perempuan yang memilih untuk melakukan pembekuan sel telur.

Beberapa fakta pembekuan sel telur

1. Pasien terbanyak adalah wanita

Deteksi kemandulan atau infertilitas biasanya banyak dilakukan oleh perempuan yang memiliki riwayat gangguan pada alat reproduksinya baik pada dirinya maupun kerabat seperti ibu. Penyakit reproduksi memang beberapa kasus menurun pada keturunannya, contohnya kanker ovarium. Banyak yang melakukan pembekuan sebagai bentuk persiapan apabila kemandulan benar-benar terjadi.

2. Pembekuan di Indonesia

Sementara di Indonesia, deteksi dini kemandulan masih sangat jarang. Masalah kemandulan bisa dilihat di https://bocahindonesia.com/ ada banyak sekali informasi disana. indonesia memang belum banyak program yang menangani tentang risiko kemandulan dan gangguan organ reproduksi sejak anak-anak.

3. Deteksi kemandulan secara medis

Setelah risiko kemandulan berhasil dideteksi, biasanya dokter akan memberikan berbagai pilihan untuk menyelamatkan kesuburan anda. Seperti pengawetan sel telur dan sel sperma dan masih banyak lagi. Yang paling umum dilakukan adalah pembekuan dan sel sperma. Metode ini adalah yang paling mudah dan risikonya kecil. Namun biayanya tidak sedikit.

4. Fasilitas pembekuan yang mahal

Pembekuan dan sel sperma pastinya harus dijaga pada alat khusus dengan kondisi khusus. Biaya penyimpanan ini sangat bervariasi. Tapi di Indonesia sepertinya belum banyak. Hanya ada di beberapa rumah sakit dan klinik tertentu. Alasannya karena harga dan instrumen fasilitas pembekuan yang mahal.

5. Jasa sewa rahim kandungan

Apabila kemandulan benar-benar terjadi, orang yang telah melakukan pembekuan maupun sel sperma, dapat menggunakan sel reproduksi tersebut pada dirinya atau pada orang lain. Amerika adalah negara yang paling banyak melakukan pembekuan sel telur. Untuk wanita yang ovariumnya sudah rusak, maka sel telurnya dapat dibuahi pada ovarium wanita lain tetapi sepertinya metode ini masih dianggap tabu di indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *