Tips Memilih Jasa Kontraktor Rumah yang Bisa Mewujudkan Impian Anda

Membangun rumah impian bukanlah perkara yang mudah. Bagi Anda yang sangat awam dengan dunia kontruksi, tentunya Anda akan banyak menjumpai kesulitan misalnya saat menentukan desain, anggaran biaya, jenis material, hingga jumlah tukangnya. Karena itulah banyak orang yang beralih menggunakan jasa kontraktor. Tapi bagaimana tips memilih jasa kontraktor rumah yang tepat?

Mengapa Harus Menggunakan Jasa Kontraktor?

Bagi orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia kontruksi misalnya seorang arsitek, teknik sipil, atau mandor bangunan, membangun rumah bisa dilakukan dan diawasi sendiri. Tapi bagi orang-orang yang awam dan tak punya waktu untuk mengawasi proses pembangunan, Anda sebaiknya menggunakan jasa kontraktor. Mengapa?

  • Punya Skill

Kontraktor adalah orang yang punya ilmu kontruksi, mulai dari desain, anggaran biaya, pemilihan material, hingga mengorganisir pekerja proyek. Kontraktor juga punya sistem pekerjaan yang lebih terorgnisir dibandingkan dengan pemborong proyek. Kontraktor benar-benar punya ilmu dan diterapkan dalam setiap proyek yang mereka kerjakan.

  • Tepat Waktu

Hal yang paling membedakan antara kontraktor dengan pemborong adalah ketepatan waktunya. Jika pemborong berusaha menyelesaikan pekerjaan kontruksi dengan waktu sesingkat-singkatnya agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar, lain halnya dengan kontraktor. Biasanya kontraktor punya estimasi waktu pengerjaan sendiri yang akan dijanjikan kepada klien.

  • Tak Perlu Pengawasan Ekstra

Bagi Anda yang sibuk, menggunakan jasa kontraktor untuk membangun rumah adalah pilihan yang paling tepat. Anda tak perlu mengawasi pekerjaan setiap hari. Anda hanya cukup melihatnya sesekali ketika ada waktu senggang saja.

Tips Memilih Jasa Kontraktor Rumah yang Tepat

  • Sudah Berbadan Hukum

Pastikan Anda menggunakan jasa kontraktor yang telah berbentuk badan hukum (PT atau CV), punya kantor tetap, dan surat izin. Sebelum benar-benar memasrahkan pembangunan rumah Anda, pastikan untuk tanyakan kelengkapan surat izin dan legalitas lainnya dari kontraktor tersebut.

  • Banyak Direkomendasikan

Jika Anda punya kenalan orang yang baru membangun rumah dengan jasa kontraktor, jangan segan untuk menanyakan jasa kontraktor yang ia gunakan. Ada baiknya Anda menghimpun informasi seputar kontraktor yang banyak digunakan dan punya review positif di kota Anda.

  • Cek Hasil Kerjanya

Langkah yang paling aman untuk mengetahui seberapa bagus kualitas kontraktor rumah adalah dengan mengecek langsung hasil kerjanya. Misalkan Anda tahu perumahan yang pernah ditangani oleh sebuah kontraktor, Anda bisa langsung mengecek ke lokasinya. Jangan mudah percaya dengan foto-foto hasil kerja yang dipajang di situs atau media sosialnya.

  • Cek Spesialisasinya

Jangan lupa juga untuk mengecek lebih dulu spesialisasi yang biasa dikerjakan oleh seorang kontraktor. Misalnya jika Anda ingin membangun rumah desain minimalis, Anda sebaiknya mencari kontraktor yang biasa mengerjakan pembangunan rumah minimalis.

  • Bersedia Menandatangani Kontrak

Pastikan Anda memilih kontraktor yang bersedia melakukan kontrak perjanjian dengan Anda. Dalam kontrak tersebut pastikan ada pasal-pasal yang mengatur mengenai garansi waktu pengerjaan, kualitas bahan bangunan, kualitas pekerjaan, hingga garansi jika ada kerusakan atau masalah di kemudian hari.

  • Cek Pihak-Pihak yang Terlibat

Bukan tidak mungkin seorang kontraktor akan melibatkan beberapa pihak lain untuk menyelesaikan pembangunan rumah Anda. Misalnya mempekerjakan bagian desain interior, bagian dapur, bagian taman, kolam, dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk mengecek dengan siapa saja kontraktor tersebut bekerjasama dan bagaimana kualitas pekerjaannya.

Gunakan tips memilih jasa kontraktor rumah di atas untuk mendapatkan jasa yang terbaik dan terhindar dari penipuan. Jangan sampai uang sudah Anda keluarkan, namun rumah Anda dibangun dengan kualitas yang jelek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *