Tips Jual Rumah Tanpa Perantara dengan Mudah

Ketika Anda memutuskan untuk menjual rumah, hal tersebut menjadi keputusan yang sangat besar. Biasanya, agar rumah cepat terjual dan bisa menemukan pembeli yang tepat, kita akan menggunakan perantara seperti agen atau broker properti agar urusan menjadi semakin mudah. Namun, ada pula yang memilih jual rumah tanpa perantara.

Berbagai macam alasan penjualan rumah tanpa menggunakan broker pun muncul. Biasanya, pemilik rumah memilih untuk menyimpan sendiri komisi yang seharusnya diberikan untuk agen. Selain masalah komisi, kurangnya kecocokan antara pemilik rumah dan agen properti juga bisa menjadi alasan.

Meskipun ingin menjual rumah sendiri, biasanya kita juga merasa takut. Apakah rumah akan lekas laku bila dijual tanpa perantara atau malah harus menunggu lama. Jika memutuskan untuk menjual rumah sendiri tanpa menggunakan perantara, tentu saja Anda harus siap untuk bekerjakeras sendiri. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika ingin jual rumah tanpa perantara.

Pastikan Siap untuk Memasarkan Rumah Sendirian

Memasarkan properti tanpa menggunakan perantara sudah pasti bukan hal mudah, malah menjadi sangat melelahkan. Oleh sebab itu, pastikan kembali Anda siap untuk mengatasi berbagai macam kondisi contohnya seperti bertemu dengan para pembeli, menjawab semua pertanyaan mereka ketika bertemu, menjawab telepon dan pesan, mengatur janji untuk bertemu hingga melakukan negosiasi.

Tentukan Harga dengan Tepat

Harga rumah merupakan faktor yang harus ditentukan ketika ingin memasarkan properti. Anda harus memberi nilai yang tepat ketika ingin memasarkan rumah. Penilaian harga rumah bukan hanya sekedar kondisi fisik, namun juga mencakup berbagai macam hal seperti lokasi, fitur di dalam rumah, hingga luas bangunan dan tanah.

Untuk menentukan harga, Anda dapat menggunakan beberapa instrumen seperti membuka situs properti dan mencari taksiran harga rumah yang lokasinya tidak jauh dari rumah Anda. Selain itu Anda juga dapat memeriksa hunian terakhir di sekitar rumah. Karena penjualan dilakukan tanpa menggunakan broker, Anda bisa lebih mudah menentukan harga.

Bersihkan Rumah Sebelum Bertemu dengan Calon Pembeli

Agar pembeli tidak melihat keadaan rumah yang tak diinginkan, pastikan sudah membersihkan rumah sebelum bertemu dengan calon pembeli. Anda tentu tidak ingin calon pembeli melihat rumah dalam keadaan kotor dan kurang terawat. Sebelum menjual, Anda dapat memperbaiki seluruh kerusakan yang ada, apabila mempunyai dana lebih, Anda juga dapat melakukan sedikit renovasi sehingga harga jualnya menjadi lebih meningkat.

Pastikan memperbaiki halaman depan, karena halaman depan menajdi eksan pertama yang akan dinilai oleh calon konsumen. Bersihkan lumut licin, paving retak jangan lupa tambahkan tanaman sehingga rumah menjadi terlihat nyaman. Anda juga bisa mengganti warna cat jika cat sudah mengelupas dan berganti warna.

Gunakan Iklan Online

Jual rumah tanpa perantara saat ini bisa menjadi lebih mudah karena sudah banyak situs jual beli properti. Selain menggunakan situs jual beli properti, Anda juga dapat menggunakan media sosial sebagai tempat untuk beriklan. Calon pembeli yang sedang melakukan hunting biasanya akan melihat iklan secara visual, oleh sebab itu pastikan menggunakan foto berkualitas, dan beri minimal 5 foto ruangan. Contohnya seperti memberikan foto halaman depan, foto kamar, foto kamar mandi, foto ruang tamu dan halaman belakang.

Melakukan penjualan rumah tanpa menggunakan broker memang tidak mudah, karena kita harus bersabar melayani satu demi satu calon pembeli. Selain itu ponsel juga harus terus dalam keadaan aktif.