Tips Desain Kamar Anak yang Nyaman dan Multifungsi

Kamar anak bukan hanya sebuah tempat tidur yang dipakai hanya pada malam hari saja. Ruangan ini juga menjadi tempat pusat kegiatan anak mulai dari istirahat, bermain, dan juga belajar. Tak heran jika orang tua ingin mempersembahkan kamar tidur yang paling nyaman untuk anak mereka. Tapi, sudah tahukah Anda bagaimana menentukan desain kamar anak agar terasa nyaman?

Tips Desain Kamar Anak

Umumnya tema desain interior untuk kamar anak sering dibuat sama dengan tema keseluruhan ruangan rumah. Misalnya rumah bergaya minimalis biasanya juga memiliki kamar tidur dengan desain yang sama. Tapi Anda tetap bisa bermain dalam mendekorasi interior kamar tidur anak dengan berbagai tips unik berikut ini:

  • Tentukan Desain Bersama Anak

Anak-anak biasanya suka sekali dengan karakter kartun atau tema tertentu. Dan banyak sekali orang tua yang membawa karakter ata tema favorit anak ini ke kamar tidur mereka. Tujuannya tak lain agar anak-anak betah tinggal di kamarnya. Ide ini juga bisa Anda terapkan bagi anak yang mulai dilatih agar mau tidur sendiri di kamarnya.

Bicarakan mengenai desain kamar yang diinginkan bersama anak Anda. Setelah anak mengungkapkan apa keinginannya, Anda bisa mulai mendesain kamar sesuai tema yang telah disepakati.

  • Pilih Furniture Sesuai Kebutuhan

Setelah memilih tema bersama anak dan mendesain kamar, Anda kemudian bisa memilih furnitue apa saja yang kiranya akan dimasukkan dalam kamar anak. Pastikan untuk memilih furniture yang aman bagi anak.

Setidaknya harus ada furniture dasar seperti tempat tidur, meja, kursi, dan juga almari pakaian. Jika anak Anda masih kecil, cukup belikan ranjang ukuran single saja. Jika Anda ingin membuat kamar bersama, Anda bisa menempatkan ranjang susun atau 2 single bed dalam 1 ruangan kamar.

Jika Anda hanya punya ruangan dengan luas yang terbatas, Anda bisa membeli furniture multifungsi yang saat ini banyak tersedia di toko furniture. Misalnya saja tempat tidur yang kolongnya difungsikan sebagai laci penyimpanan dan lain sebagainya.

pemilihan furniture ini hendaknya juga berdasarkan tema yang telah disepakati dengan anak. Mulai dari bentuk, warna, hingga materialnya. Anak-anak lebih menyukai furniture dengan unsur karakter kartun atau warna favorit mereka.

  • Dekorasi Kamar dengan Cermat

Pastikan Anda memilih furniture yang sesuai dengan tema awal kamar anak. Usahakan untuk memilih furniture dengan warna yang cerah khas anak-anak. Ternyata pemilihan warna-warna cerah juga bisa mempengaruhi semangat anak.

Untuk pemilihan warna cat tembok biasanya disesuaikan dengan tema karakter kartun yang disukai anak-anak. Tak ada salahnya juga Anda menerapkan beberapa warna cerah untuk bagian dinding kamar. Anda juga bisa mendekorasi bagian langit-langit kamar dengan desain yang unik misalnya desain langit berbintang, planet-planet, dan sebagainya.

  • Jangan Memaksakan Kehendak

Ada beberapa orang tua yang suka memaksakan kehendak karena beranggapan bahwa pendapat dan selera merekalah yang paling benar. Padahal anak-anak masih berada pada tahap perkembangan, dimana imajinasi dan kecerdasan mereka bisa tumbuh dengan baik berkat lingkungan yang mendukung, salah satunya dari ruang kamar.

Karena itu, jangan sekali-kali Anda memaksakan kehendak tema tertentu pada anak bahkan sebelum mendiskusikannya dengan anak Anda. Biarkan mereka memilih tema kamar sendiri, memilih furniture yang menurut mereka nyaman, dan juga memilih warna cat yang mereka kehendaki. Yang terpenting adalah orang tua tidak melupakan aspek keamanan.

Jadikan kamar anak sebagai pusat kegiatan sehari-hari yang menyenangkan buat mereka. Desain kamar anak yang aman dan nyaman bisa membuat anak betah berada di dalam ruangan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *