Ingin Merawat Tanaman Hias? Aglonema Bisa Jadi Pilihannya

Di masa pandemi seperti ini ternyata banyak orang yang sudah bosan berada di rumah. Bagaimana tidak, kita harus kerja dari rumah, sekolah dari rumah, dan semua hal dikerjakan di rumah.

Beberapa orang bahkan tidak sabar berada di rumah dan malah memilih untuk liburan. Padahal ‘kan masih berbahaya kondisinya. Apalagi dengan berita yang menunjukkan bahwa tren penyebaran Covid-19 semakin tinggi. Hal ini terjadi karena banyak orang yang abai.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk melepas kepenatan segala aktivitas dikerjakan di rumah, kamu bisa mencari hobi yang murah dan bisa dikerjakan di rumah. Hobi apa itu? Banyak sih, bisa memelihara ikan di aquarium, membuat craft dari kain flanel, atau merawat tanaman hias.

Merawat Tanaman Hias Bukan Untuk Perempuan Saja

Tidak hanya perempuan saja loh yang suka merawat tanaman hias, ada juga bapak-bapak yang juga suka dengan hobi tanaman hias ini. Hobi ini cukup mudah dilakukan dibandingkan hobi lainnya. Jika aquarium, kamu harus mengganti air setiap hari dan memastikan listrik tidak mati. Jika listrik di daerahmu sering mati, bisa-bisa ikan yang ada di aquarium mati semua.

Berbeda dengan hobi tanaman hias ini, kamu tidak perlu ketakutan tanaman hiasmu mati. Kecuali memang kamu terlalu abai dan tidak mencari tahu apa saja yang bisa membuat tanaman hias rusak dan mati.

Ada banyak tanaman hias yang ada dan dijual di internet. Mulai dari tanaman hias janda bolong, aglonema, chinese money, tanaman adam hawa, dan lidah mertua. Harganya juga bervariasi. Ada yang murah, ada yang mahal juga.

Memilih Aglonema untuk Tanaman Hias

Dari beberapa jenis tanaman hias, tanaman hias yang mudah ditemukan adalah Aglonema. Aglonema ini banyak jenisnya loh. Ada aglonema gadis, aglonema siam aurora, aglonema red stardust, aglonema big apple, aglonema sultan, dan masih banyak lagi jenisnya. Kalau dilihat sih sebenarnya mirip-mirip yah. Mungkin mereka menyebutnya seperti itu agar bisa mematok dengan harga yang tinggi.

Jika kamu melihat harga tanaman aglonema ini di marketplace, harganya juga cukup beragam. Yang paling murah sekitar 30 ribuan. Namun, ada juga yang harganya 300 ribu hingga lebih dari 1 juta. Hmmm, mahal juga yah untuk hanya sekedar tanaman hias.

Cara Merawat Aglonema

Setelah kamu memilih tanaman aglonema sebagai tanaman hias, tentu tidak hanya dibeli saja yah, kamu juga harus merawatnya. Lalu, bagaimana cara merawat tanaman hias Aglonema ini?

Tanaman Aglonema ini secara habitat tidak suka dengan intensitas cahaya matahari yang begitu banyak. Begitu juga dengan guyuran air yang banyak akan membuat aglonema ini busuk. Untuk itu, buat kamu yang punya aglonema, sebisa mungkin taruh di tempat yang teduh dan jangan terlalu banyak air saat menyiram.

Jika kamu menaruh aglonema ini di luar rumah, sangat sering aglonema ini terjangkit oleh gulma. Kamu juga harus sering memperhatikan apakah ada gulma di tanamanmu atau tidak. Gulma ini tanaman parasit yang bisa mengambil jatah “makanan” aglonema dan membuatnya layu.

Untuk mempertahankan keindahan tanaman ini, kamu bisa memangkas daun yang sudah layu. Tenang saja, jika kamu merawatnya dengan baik, akan tumbuh daun muda yang baru dan bagus.

Jika kamu meletakkannya di dalam rumah, untuk membuat daunnya tetap kinclong dan enak dipandang, kamu bisa mengelap daunnya. Apakah ini berlebihan? Tidak juga sih. Karena memang tanaman ini adalah tanaman hias, jadi harus terlihat menarik.