Syarat serta Ketentuan Rental Mobil di Jogja yang Harus Diketahui

Berlibur mengunjungi berbagai daerah yang kita sukai sudah pasti menjadi hal yang ditunggu. Salah satu daerah yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan berwisata adalah Jogja. Jogja menjadi salah satu daerah yang ramai dikunjungi masyarakat dari luar daerah. Hal ini disebabkan karena Jogja memiliki begitu banyak pilihan destinasi wisata, lebih-lebih tidak sedikit jasa rental mobil di Jogja yang bisa menjadi pilihan.

Ketika akan melakukan rental mobil, pastikan kembali Anda sudah mengenal berbagai syarat serta ketentuan yang diharuskan oleh jasa rental. Jangan sampai, Anda tidak mentetahui persyaratan serta tidak melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari, hingga akhirnya acara liburan malah menjadi berantakan. Berikut syarat serta ketentuan yang biasanya diharuskan oleh jasa rental mobil.

Syarat Rental Mobil di Jogja

Berikut beberapa syarat yang biasanya dimiliki jasa rental mobil, antara lain:

  1. Memiliki SIM. Jika Anda menyewa mobil tanpa supir, Anda harus memiliki SIM A sebelum menyewa. Pihak pengelola biasanya meminta bukti kepemiliki SIM A yang masih berlaku.
  1. Bagi Anda yang berstatus sebagai mahasiswa yang berasal dari Jogja dan ingin menyewa mobil, Anda harus membawa berkas seperti KTP, KTM, SIM C, dan menunjukkan SIM A.

Sedangkan jika Anda berstatus sebagai karyawan dan berasal dari Jogja, Anda harus melampirkan berkas seperti ID Card tempat bekerja, NPWP asli, KTP atau SIM C, Anda juga harus bersedia menunjukkan SIM A.

Apabila Anda berniat menyewa mobil bersama dengan keluarga, Anda harus melampirkan KTP suami istri, buku nikah asli, dan bersedia menunjukkan SIM A.

  1. Namun, bagi penyewa yang berasal dari luar Jogja, syarat yang harus dilampirkan sedikit berbeda contohnya untuk mahasiswa seperti KTP, SIM C, KTM asli. Kemudian menyerahkan deposit uang sebesar Rp 2 juta, dan menunjukkan SIM A.

Bila Anda merupakan seorang pekerja atau karyawan dari luar Jogja, Anda harus membawa berkas seperti KTP, SIM, ID CARD, NPWP, menunjukkan SIM A dan melakukan deposit sebesar Rp 2 juta sebagai jaminan.

  1. Bersedia untuk difoto. Ketika menyewa mobil di rental, Anda juga harus bersedia untuk difoto, hal tersebut guna meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Ketentuan Menyewa Mobil di Jogja

Selain harus mengikuti syarat di atas, ada beberapa ketentuan yang biasanya dimiliki, seperti:

  • Mobil hanya boleh digunakan di area Yogyakarta.
  • Pengembalian mobil harus sesuai dengan waktu yang sudah disepakati. Sehingga, jika Anda menyewa selama 24 jam. Pastikan mengembalikan tepat saat 24 jam.
  • Jika menyewa mobil yang disertai dengan supir, Anda harus memberikan biaya makan supir. Biasanya, penyewaan yang disertai dengan supir, biaya makan supir menjadi tanggung jawab penyewa, oleh sebab itu jangan lupa menganggarkan budget ini.
  • Harga ketika hari libur dan long weekend dapat berbeda. Biasanya, harga yang tercantum di dalam price list adalah harga saat reguler, sedangkan jika Anda menyewa libur panjang atau ketika long weekend, tentu saja harga akan sedikit berbeda. Bergantung dari kebijakan setiap rental mobil.

Syarat dan ketentuan setiap jasa rental mobil biasanya hampir sama satu dengan yang lain. Jika sekarang Anda sedang mencari jasa rental mobil di Jogja, Sabila Transport menjadi salah satu pilihan terbaik. Sabila Transport memiliki harga sewa yang kompetitif, selian itu armada yang dimiliki oleh Sabila Transport juga berkualitas dan terawat dengan baik. Jadi, jangan sampai salah memilih.