Perhatikan Ini Sebelum Membeli Pipa untuk Saluran Air!

Berencana membeli pipa saluran air di rumah? Jika ya, gunakan pipa sni yang sudah memiliki standarisasi industrial. Standarisasi yang dimilikinya ini ditetapkan langsung oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) sehingga pipanya aman digunakan untuk mengalirkan air di rumah. Tak hanya itu, pipa berlabel SNI ini juga tahan terhadap korosi, kuat, dan fleksibel sehingga bisa digunakan di medan apapun. Untuk itulah, Anda sangat disarankan menggunakannya untuk saluran air.

Namun demikian, sebelum Anda berencana membeli saluran air ini, ada baiknya perhatikan dulu beberapa hal ini, seperti:

  1. Kenali jenis pipa yang akan digunakan untuk saluran air. Seperti diketahui, pipa untuk saluran air memiliki jenis yang beragam. Misalnya, pipa PVC, pipa CPVC, pipa uPVC, pipa HDPE, pipa PPR, pipa PVC-O, dan masih banyak yang lainnya. Untuk itu, lebih baik Anda mengenali setiap jenis pipa yang tersedia saat ini. Dengan demikian, tentu Anda pun tidak akan mengalami kerugian ataupun mendapat kesulitan ketika ingin memasang pipa tersebut untuk saluran air di rumah Anda.
  2. Cek kelenturan dan kekuatan pipa. Jangan lupa untuk mengecek kekuatan serta kelenturan yang dimiliki oleh pipa tersebut. Untuk mengetahuinya Anda bisa menekan dengan kuat pipa yang akan Anda beli sampai bagian dalam pipa saling bertemu. Jika pipa tersebut tidak pecah itu tandanya pipa memiliki kelenturan yang sangat maksimal dan kuat. Dengan begitu, Anda bisa membelinya untuk saluran air di rumah.
  3. Sesuaikan ukuran pipa dengan kebutuhan. Alangkah baiknya Anda membeli pipa yang menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh memilih pipa yang memiliki ukuran ½ inchi – 1 ½ inch untuk saluran air bersih, sedangkan untuk saluran air kotor baiknya memilih ukuran yang lebih besar. Tujuannya, agar sisa pembuangan limbah maupun air bekas mandi, mencuci pakaian, dan lainnya tidak tersumbat saat digunakan. Maka dari itu, jangan sampai salah pilih, ya!
  4. Tentukan fitting serta perekatnya. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menentukan fitting serta perekat yang akan digunakan untuk menyambungkan pipa tersebut. Ini cukup penting dilakukan guna menghindari kesalahan pemasangan ketika memasang pipa sekaligus mencegah pipa lepas saat digunakan untuk menyalurkan air di rumah.

Selain beberapa hal yang sudah dituliskan di atas, penting pula bagi Anda untuk membedakan saluran pipa berdasarkan pada kondisinya agar nantinya tidak menimbulkan masalah. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *