Persyaratan Sewa Jeep Bromo Selama Pandemi

Himbauan untuk menjaga jarak dan di rumah saja, hingga rutinitas WFH atau SFH membuat hampir seluruh yang mengalami merasa bosan, sehingga butuh udara segar untuk menyegarkan pikiran. Untuk itu, di masa normal baru ini wisata alam, terlebih pegunungan, cocok dijadikan tempat tujuan wisata. Salah satunya adalah Bromo. Sayangnya, pihak pengelola kawasan menerapkan protokol kesehatan ketat. Berikut adalah beberapa persyaratan sewa jeep Bromo selama pandemi.

Syarat Pengemudi dan Armada Jeep

Oleh karena pandemi Covid-19 belum benar-benar berakhir, pembukaan tempat wisata di masa normal baru, harus memiliki SOP yang disesuaikan dengan protokol kesehatan sebagaimana anjuran Kemenkes. Hal ini pun berlaku juga untuk wisata Bromo, termasuk juga terkait penyewaan mobil jeep sebagai armada akomodasi pengunjung.

Jeep yang disewakan kepada pengunjung harus dilengkapi dengan penyekat yang terbuat dari plastic atau akrilik antara jok pengemudi dan penumpang. Jeep juga harus dalam kondisi bersih, bahkan harus disemprot sewaktu-waktu di titik poin yang sudah disediakan. Selain itu, jeep harus dilengkapi tempat sampah dan menyediakan masker cadangan untuk penumpang.

Untuk sopir jeep sendiri, harus dalam kondisi sehat yang dibuktikan dengan hasil tes swab dari klinik atau rumah sakit. Selain itu, sopir juga harus memakai masker dan face shield. Sopir juga punya kewajiban untuk memastikan pengunjungnya dalam kondisi sehat. Sedangkan proses pemesanan jeep harus dilakukan secara online untuk menghindari terjadinya banyak interaksi.

Syarat Pengunjung atau Penumpang Jeep Bromo

Syarat operasional penyelenggaraan sewa jeep juga diberlakukan untuk pengunjung atau penumpang yang menyewa armada. Pihak penyedia jasa sewa harus memastikan bahwa penyewa sebagai penumpang dan pengunjung harus dalam keadaan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan bebas ISPA dari dokter serta hasil tes swab negatif.

Pengunjung juga diberi penekanan untuk selalu mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan. Seluruh pengunjung juga diharuskan untuk memakai masker dan membawa hand sanitizer sendiri. Pada setiap cek poin, tak hanya jeep sewaan yang diperiksa dan disemprot desinfektan, tetapi pengunjung juga harus dicek suhu tubuhnya dan tidak boleh lebih dari 37,3 derajat Celcius. Jika lebih, pengunjung tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Segala proses pemesanan sewa jeep untuk akomodas di Bromo harus dilakukan secara online, termasuk transaksi pembayarannya. Pengunjung juga dikenai batas usia minimal 10 tahun dan maksimal 60 tahun. Selain itu, ketika berada dalam jeep maupun di lokasi, pengunjung mesti menjaga jarak, sehingga dalam setiap jeep, hanya boleh diisi 3 – 4 penumpang saja. Ada baiknya, pengunjung membawa peralatan makan dan perlengkapan pribadi lainnya sendiri.

Persyaratan tersebut haruslah diperhatikan dan dilaksanakan dengan benar. Semua pihak harus saling bahu-membahu dan mengingatkan supaya semuanya bisa terhindar dari penularan Covid-19. Persyaratan sewa jeep Bromo selama pandemi di masa normal baru ini seyogyanya tidak diremehkan, demi kesehatan dan keselamatan bersama.