Obat Sakit Tenggorokan Saat Menelan Makanan yang Aman dan Alami

Kita tahu bahwa saat ini sudah banyak sekali obat sakit tenggorokan saat menelan makanan yang dijual di beberapa toko obat atau apotek. Namun Anda juga perlu tahu bahwa meminum obat sebetulnya memang tidak terlalu bagus untuk tubuh. Ada berbagai macam cara tanpa harus minum obat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyakit tersebut dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya lebih aman bagi tubuh.

Rasa sakit pada tenggorokan saat digunakan untuk menelan makanan atau minuman memang akan membuat kondisi badan menjadi tidak nyaman. Biasanya sakit tenggorokan yang muncul merupakan tanda awal akan terjadinya penyakit pilek ataupun flu. Hal tersebut diakibatkan oleh adanya pita suara yang menegang. Tetapi Anda juga perlu waspada terkadang ada beberapa sakit tenggorokan yang merupakan awal dari gejala penyakit yang serius seperti radang pada tenggorokan.

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami sakit tenggorokan dan tidak nyaman saat Anda gunakan untuk menelan makanan, berikut ini adalah beberapa obat sakit tenggorokan alami yang aman dan bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan penyakit tersebut:

  • Kumur dengan menggunakan air garam

Anda bisa melakukannya dengan mencampur air hangat dengan beberapa sendok teh garam dan gunakan air tersebut untuk kumur-kumur. Garam memang terbukti ampuh mampu meredakan nyeri yang ada pada tenggorokan. Bahkan dari beberapa penelitian kesehatan menyebutkan bahwa berkumur dengan menggunakan air garam beberapa kali sehari mampu untuk meredakan bengkak di tenggorokan.

  • Kumur dengan menggunakan air perasan lemon

Buah satu ini memang dipercaya mampu untuk meredakan sakit tenggorokan. Kandungan properti astringent yang terdapat di dalam lemon dipercaya mampu untuk mengempiskan pembengkakan yang terdapat pada tenggorokan serta mampu menciptakan lingkungan asam yang nantinya akan mematikan virus ataupun bakteri yang telah menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

  • Campuran kayu manis dengan madu

Tidak hanya bisa digunakan untuk masak saja, namun kayu manis dipercaya mampu untuk menyembuhkan sakit pada tenggorokan. Caranya cukup mudah Anda bisa mencampurkan bubuk kayu manis satu sendok teh dengan air panas dan masukan madu secukupnya. Saat masih panas, Anda bisa menghirup uap airnya dan setelah hangat Anda bisa meminumnya.

Rasa sakit yang muncul pada tenggorokan merupakan suatu kondisi kesehatan yang memang sering dialami oleh banyak orang. Kebanyakan orang yang mengalami sakit tenggorokan akan merasakan rasa sakit yang muncul pada tenggorokan dan biasanya tepat terjadi pada daerah laring, faring serta kelenjar amandel. Keadaan tersebut tentunya akan membuat rasa yang tidak nyaman pada tenggorokan dan muncul rasa sakit saat digunakan menelan makanan atau minuman.

Kebanyakan orang yang mengalami sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus. Meski demikian viruslah yang biasanya paling umum memicu sakit tenggorokan. Infeksi yang disebabkan oleh virus biasanya dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti flu, pilek, sesak nafas sampai dengan cacar air. Namun Anda juga perlu tahu bahwa polusi juga mampu menyebabkan rasa nyeri pada tenggorokan.

Obat sakit tenggorokan saat menelan makanan dengan memanfaatkan tanaman atau bahan-bahan alami memang akan lebih aman dan mudah untuk di dapatkan. Perlu Anda ingat mungkin sakit tenggorokan memang tidak begitu berbahaya karena akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 3 sampai dengan 5 hari. Namun bila sudah lebih dari seminggu dan rasa nyeri pada tenggorokan tidak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan intensif guna mencegah penyakit serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *