Kekurangan dan Kelebihan Nissan X-Trail T32 Gen 3 Tahun 2014-2020

Secara internasional Nissan X-trail Generasi ketiga dengan kode T32 ini muncul pertama kali pada pameran otomotif Frankfurt Motor Show 2013 dan Tokyo Motor Show 2013. Di Indonesia sendiri Nissan X-Trail generasi ketiga T32 ini baru mulai dipasarkan pada tahun 2014. Pada X-Trail generasi ketiga atau Nissan X-Trail Gen 3 ini, ubahan total dilakukan dari sisi eksterior dan interior. Pada sisi desain tampilan X-Trail generasi ketiga ini berbeda jauh dengan dua generasi sebelumnya T30 dan T31, All New Nissan X-trail generasi ketiga ini kini telah meninggalkan desain kotaknya yang ada pada X-trail dua generasi sebelumnya. Kini SUV X-Trail di generasi T32 mengadopsi desain yang lebih dinamis dan modern.

Pada kapasitas mesin Nissan X-Trail T32 ini masih sama dengan generasi terdahulu yang dibekali dengan 2 pilihan kapasitas mesin, yaitu 2.0 liter dan 2.5 liter. Begitu pula dengan mode penggerak masih menggunakan FWD (Front Wheel Drive) atau penggerak roda depan.

Kesan mengotak pada generasi sebelumnya telah berganti, kini desainnya berlekuk. Memberi kesan dinamis tetapi tidak menghilangkan kesan gagah pada mobil ini. Desain lampu utama dengan sisi-sisi tajam, serta penggunaan lampu model proyektor dan DRL model LED. Gril juga berubah total. Bentuknya kini jauh lebih modern, dengan garnis krom berbentuk V di bawah emblem.

Kelebihan Nissan X-Trail T32 Gen 3

Fitur Lengkap

Mobil Nissan X-Trail Generasi ketiga T32 ini dilengkapi berbagai fitur yang menunjang aktivitas di perkotaan. Fitur keamanan antara lain: berlimpahnya safety system seperti Traction Control, ESP, Cornering Control, ABS+EBD+BA dan Ground clearance yang tinggi. Fitur kenyamanan yang cukup lengkap meliputi jok kulit, touchless power back door (fitur membuka pintu bagasi tanpa menyentuh), Dual LED lightning dan auto rain + light sensor.

Handling Mantap dan Presisi

Tidak seperti SUV konvensional dimana bentuk yg tinggi mengorbankan pengendalian, mobil Nissan X-Trail Generasi ketiga T32 ini sangat stabil ketika dikemudikan di tol dan pengendalian sangat lincah dalam perkotaan. Pengendalian mirip sedan medium. Perjalanan jauh tidak terasa capek (diatas 5 jam), berbeda dengan berkendara dgn mpv biasa. Mesin 2.5 sangat responsif dan konsumsi bbm untuk luar kota bisa mencapai 1:13 km/l, menyamai mesin 1.5 mobil sejuta umat. Sedangkan untuk transmisi CVT Nissan Xtrail ini adalah gen 2 dan tremasuk yang paling responsif. Lock down rasio sangat cepat dan mobil gampang spin jika pedal gas diinjak mentok.

Biaya Pemeliharaan Terjangkau

Harga mobil Nissan X-Trail Generasi ketiga T32 ini cukup terjangkau baik di mobil baru maupun bekas. Harga sangat sesuai dengan fitur dan kenyamanan yang diberikan. Servis di Beres Nissan sangat terjangkau (bahkan biaya servis lebih murah dari Innova Diesel di Beres Toyota). Spare parts jg berlimpah.

Kekurangan Nissan X-Trail T32 Gen 3

Harga Jual Anjlok

Persepsi orang awam terhadap mobil Non Astra tidak terlalu baik. Mobil Nissan X-Trail Generasi ketiga T32 ini mendapat depresiasi kurang lebih 45% selama 4 tahun sewaktu dijual. Tidak ada yang salah dengan mobil ini, namun pasar mobil bekas di Indonesia yang kurang menghargai mobil ini.

Ruang Sempit pada Baris Ketiga

Ruang lutut dan kepala untuk baris pertama dan kedua cukup luas, sayangnya pada baris ketiga memiliki ruang yang sempit dan hanya layak untuk diisi anak kecil.

Belum ada sunroof

Pada mobil-mobil modern masa kini fitur sunroof sudah menjadi fitur standar dan sayangnya pada Nissan X-Trail Generasi ketiga T32 ini belum ada sunroof.

Untuk mendapatkan informasi dan pembahasan lebih lengkap dari mobil Nissan X-Trail Gen 3 ini, bisa mengunjungi https://infomobilbekas.com/nissan-x-trail-generasi-ketiga-t32-2014-2020/