Mengenal Vaksin Sinochem, Salah Satu Harapan yang Ditunggu Masyarakat

Berita adanya vaksin Sinochem harus diakui memang seperti menjadi angin segar tersendiri. Beberapa bulan belakangan ini kita seperti dibelenggu oleh sebuah masalah. Masyarakat Indonesia bahkan dunia mungkin sedang menghadapi kejenuhan karena adanya virus Covid-19. Rasa jenuh dan bosan terlihat begitu jelas dialami oleh mayoritas masyarakat entah karena kehilangan pekerjaan, kesulitan untuk berkumpul dengan keluarga bahkan sulit untuk menghabiskan waktu diluar rumah.

Dunia seperti mengalami perubahan yang sangat signifikan semenjak berita wabah corona virus muncul dan menginfeksi hingga ribuan orang di China tahun 2019 lalu. Virus dengan ganas cepat menyebar dan saat ini menjadi wabah di seluruh negara. Virus yang berkembang ini adalah sebuah penyakit baru, tentu belum ada satu penangkalnya.

Para ilmuan dari seluruh dunia serentak bekerja keras agar dapat mengembangkan vaksin corona agar bisa menangkal virus ini. Salah satu hasil dari kerja keras ilmuan adalah vaksin Sinochem. Lantas, seperti apa vaksin yang digadang-gadang mampu menangkal virus ini?

Mengenal Vaksin Sinochem

Saat ini China sudah berhasil membuat vaksin agar dapat menangkal virus Covid-19. Memiliki nama Sinochem, vaksin ini sudah masuk dalam uji coba ke III serta menjadi bagian dari vaksin yang digunakan untuk melawan Covid-19. Terdapat 10 vaksin yang juga masuk dalam uji coba ke III. Dibuat oleh Sinovach Biotech Ltd, ketika proses pembuatan vaksin, uji III menjadi tahap akhir yang akan menentukan apakah vaksin ini mampu melindungi penggunanya atau tidak.

Minimal vaksin harus mampu menangkal virus hingga 50%. Indonesia pun berhasil membeli dan mendatangkan vaksin ini, namun karena belum terdapat uji klinis III, dan belum mengetahui sejauh mana efek yang dimiliki vaksin ini, nantinya vaksin akan melalui pengujian tahap akhir oleh Biofarma.

Vaksin Datang Bukan Berarti Pandemi Berakhir

Semua orang pasti berharap jika pandemi ini akan segera berakhir dan tidak memakan korban jiwa. Masyarakat juga berharap keadaan menjadi normal seperti sedia kala kembali, dan dapat melakukan aktivitas normal seperti berkumpul dengan keluarga dan teman tanpa takut virus menyerang.

Namun, walaupun vaksin sudah sepenuhnya selesai uji coba tahap III, dan dapat diberikan oleh masyarakat luas, tetap saja kita tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan. Vaksin memang bisa membantu sebaran virus ini, namun harapannya vaksin berhasil disuntikkan dan virus semakin lama berkurang.

Oleh sebab itu, jangan mengabaikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah seperti selalu membawa handsanitizer, menjaga jarak, mencuci tangan, mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga dengan giat. Meskipun vaksin sudah sepenuhnya ada, upaya pencegahan menjadi hal yang paling utama. Dengan cara ini, penyebaran virus Covid-19 di Indonesia dapat ditekan.

Masyarakat Indonesia sekarang ini menunggu vaksin Sinochem, agar bisa benar-benar siap digunakan, oleh sebab itu, tetap patuhi protokol kesehatan yang selalu dianjurkan oleh pemerintah. Bila Anda membutuhkan informasi yang berkaitan dengan Covid-19, atau melakukan rapid test dan swab test, Anda dapat mendaftar dari Halodoc.

Dengan menggunakan Halodoc, Anda bahkan dapat melakukan skrining mandiri, sehingga mengetahui tingkat risiko terkena Covid-19, Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter jika memang memiliki gejala yang berkaitan dengan Covid-19. Untuk rapid test dan swab test, Anda dapat mendaftarkan diri ke layanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik, hingga lab sesuai dengan lokasi Anda sekarang ini. Jadi, jangan tunda lagi. Instal Halodoc sekarang juga.