Jenis Makanan Penyebab Kanker Payudara Yang Harus Dihindari

Jika bicara soal makanan penyebab kanker payudara, kita bisa menyebut beberapa jenis makanan tinggi lemak juga makanan kalengan yang hampir bisa dipastikan mengandung bahan pengawet.

Sebelum masuk pembahasan makanan apa saja yang memicu kanker payudara, terlebih dulu akan kita bahas apa sebenarnya penyakit kanker payudara yang sebagian besar berujung pada kematian ini.

Apa itu kanker payudara?

Terjadinya kanker payudara disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal secara tidak terkendali pada payudara. Pada sebagian kasus, pertumbuhan sel tersebut ditandai dengan benjolan (tumor) yang selanjutnya membelah diri lalu menghasilkan jaringan tambahan bersifat kanker (jinak maupun ganas).

Pada fase berikutnya jaringan tidak normal tersebut meluas ke sejumlah bagian organ tubuh selain dalam payudara sendiri seperti pada kelenjar getah bening (di ketiak) serta bagian-bagian tubuh lainnya. Meskipun di-klaim karena faktor genetik namun penyebab kanker payudara hingga saat ini belum diketahui secara pasti.

Kendati demikian, beberapa riset medis menyebutkan bahwa wanita berusia diatas 40 tahun berisiko lebih tinggi mengalami kanker payudara dibanding wanita usia muda atau di bawah 40 tahun. Namun begitu, wanita usia muda harus tetap waspada sekaligus memperhatikan kesehatan payudaranya karena penyakit ini sulit terdeteksi pada stadium awal.

Gejala Kanker Payudara Secara Umum

Makanan penyebab kanker payudara memang cukup mudah dihindari namun yang tak kalah penting untuk dikenali adalah jika gejala penyakit mematikan tersebut sudah muncul. Berikut ini satu atau bahkan beberapa diantara gejala yang dialami oleh penderita kanker payudara.

  • Muncul benjolan pada payudara namun tidak terasa nyeri
  • Sering keluar darah atau cairan abnormal dari bagian puting
  • Muncul ruam di area kulit sekitar payudara disertai rasa gatal
  • Terjadi pengerutan kulit dibagian payudara
  • Bentuk puting seperti tertarik ke dalam
  • Terjadi penebalan atau pembengkakan kulit payudara

Dalam kasus ini wanita tidak hanya perlu mengenali gejala yang muncul serta penanganannya. Namun juga perlu mewaspadai pemicu rusaknya DNA serta penyebab kanker payudara itu sendiri.

Disini fakta lain membuktikan bahwa faktor gaya hidup, termasuk mengonsumsi makanan tidak sehat menjadi salah satu pemicu utama kanker payudara. Dengan demikian makanan-makanan tersebut memang seharusnya dihindari.

Makanan dan Minuman Penyebab Kanker Payudara

Makanan dan minuman tertentu memang menjadi penyebab kanker payudara yang mudah dikenali. Dalam hal ini berbagai jenis makanan dan minuman tersebut menjadi pemicu utama berkembangnya sel-sel kanker di payudara. Lantas apa saja makanan dan minuman tidak sehat yang dimaksud?

Semua Jenis Makanan yang Dibakar

Semua jenis makanan yang dibakar, terutama daging, disebut-sebut menjadi pemicu utama munculnya kanker payudara. Ini karena daging yang dibakar dengan suhu tinggi serta dalam waktu lama akan membentuk senyawa yang disebut Heterocyclic Amine (HCA) serta Policyclic Hydrocarbon (PAH). Kedunya adalah zat karsinogen yang memicu pertumbuhan berbagai sel kanker.

Pada prinsipnya kedua zat tersebut tidak secara langsung menyebabkan kanker namun dampaknya baru terasa setelah terjadi kerusakan DNA. Nah, untuk memperkecil kemungkinan terkena kanker payudara sebaiknya hindari makanan yang dibakar. Akan lebih sehat jika makanan tersebut dikonsumsi dengan direbus atau dikukus.

Daging Merah

Bukan rahasia lagi jika daging merah merupakan jenis makanan dengan kandungan lemak jenuh serta kolesterol yang sangat tinggi. Berbeda dengan misalnya daging putih pada ikan segar atau daging unggas.

Daging merah tidak hanya memicu meningkatnya kolesterol darah. Namun jika dikonsumsi jangka panjang dan terus menerus berisiko besar menyebabkan terbentuknya sel kanker, termasuk sel kanker payudara.

Makanan Berpengawet Dalam Kaleng

Makanan berpengawet terutama jenis makanan kalengan juga merupakan pemicu sel kanker payudara. Pada sisi bagian dalam kaleng umumnya dilapisi bahan khusus bisphenol-A. Ini merupakan bahan kimia yang mampu merusak DNA pada tubuh manusia. Supaya terhindar dari risiko kanker payudara sebaiknya mengonsumsi 1 makanan kalengan untuk dihabiskan dalam 1 minggu.

Gula

Makanan penyebab kanker payudara yang terakhir adalah gula. Seperti makanan lainnya, gula juga tidak secara langsung menyebabkan terjadinya kanker. Namun pertumbuhan sel kanker jauh lebih cepat melalui asupan gula berlebih.

Dari berbagai penelitian menyebutkan bahwa makanan manis yang memicu kadar gula darah tinggi akan berdampak pada kerja insulin. Gula darah berlebih memicu resistensi insulin yang artinya tubuh tidak sanggup merespon insulin. Hal ini mengakibatkan jumlah glukosa semakin banyak masuk melalui pembuluh darah.

Proses tersebut menyebabkan tubuh akan memproduksi hormon androgen maupun estrogen dalam jumlah besar sehingga memicu meningkatnya risiko kanker payudara. Itulah alasannya mengapa gula masuk list makanan penyebab semua jenis kanker.

Itu tadi pembahasan mengenai makanan penyebab kanker payudara. Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit mematikan. Salah satu cara mencegahnya dengan menghindari makanan-makanan yang disebutkan diatas.

Source link: https://www.harapanrakyat.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *