Kerajinan Mancanegara Yang Terkenal Di Luar Negeri

Indonesia adalah negara yang kaya. Tidak hanya kaya akan sumber daya dan masakan nusantara. Produk seni asli Indonesia juga diakui dunia. Tak terhitung banyaknya hasil kerajinan lokal yang bisa masuk ke pasar internasional. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus bangga dengan popularitas kerajinan yang terkadang dibuat dengan cara yang sangat tradisional.

Cara membuat tas dari mote klik di sini : https://www.istanamote.com/id/news/sulap-tas-jerami-menjadi-lebih-cantik-dengan-kristal-swarovski

Selain bernilai secara materi, kerajinan Indonesia ini bisa menjadi barang yang memperkenalkan kesenian Indonesia kepada negara lai dan kerap dipakai di acara terkenal seperti fashion show dan festival. Tanpa berbasa-basi lagi berikut beberapa karya Indonesia yang terkenal di negara luar.

  1. Batik

Membangkitkan kecerdikan Indonesia, batik pasti jadi yang pertama. Batik telah diakui dunia sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia. UNESCO bahkan menghormati batik sebagai mahakarya warisan budaya dan lisan manusia. Batik sendiri berasal dari bahasa Jawa “mbatik”, terdiri dari kata “mbat” yang berarti melempar dan “tik” yang berarti titik. Dengan demikian, batik dapat dipahami sebagai penandaan banyak titik pada kain.
Batik sendiri sudah ada sejak lama dan pernah digunakan sebagai bahan pakaian raja-raja. Secara khusus, setiap daerah di Indonesia memiliki jenis batik yang unik. Misalnya, batik Solo berbeda dengan batik Pekalongan, Madura, dan Bali, masing-masing memiliki desain dan corak khusus yang membedakan satu sama lain.

  1. Tenun Sumba (NTT)

Selain batik, tenun tenun merupakan kain tradisional Indonesia yang banyak diminati karena keindahannya. Tenun Sumba di Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu tenun yang paling terkenal dan diminati oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Yang menjadi nilai jual dari pada tenun ini adalah, proses pembuatannya yang masih sangat tradisional sehingga hasilnya pun berbeda.
Motif yang ada pada kain tenun Sumba sendiri adalah gambaran kehidupan sehari-hari penduduk di Sumba. Beberapa motif yang terkenal antara lain adalah singa, buaya, kuda nil, dan cumi-cumi yang masing-masing memiliki makna tersendiri. Kain tenun yang dipakai oleh warga Sumba juga mengindikasikan status sosial mereka.

  1. Wayang Kulit (Jawa)

Wayang merupakan kesenian yang masih bertahan hingga saat ini. Salah satu wayang yang terkenal adalah wayang kulit dari Jawa. Wayang kulit dipercaya sebagai cikal bakal banyak wayang lain di Indonesia. Sampai saat ini, masih belum ada informasi yang akurat tentang sejarah kemunculan wayang. Ada yang mengatakan wayang adalah seni yang sudah ada sejak masuknya agama Hindu dan Budha ke Asia Tenggara. Konon, diyakini bahwa wayang adalah seni yang berasal dari Cina atau India. Wayang kulit itu sendiri terbuat dari kulit sapi yang telah dilaminasi, diukir dengan besi tajam, kemudian dibentuk menjadi karakter-karakter tertentu.

  1. Kipas Cendana (Bali)

Kerajinan Bali lainnya yang sangat indah dan memiliki nilai seni. Kipas cendana selalu dicari sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Pulau Dewata. Kipas ini sangat ringkas dan dapat dilipat. Bahan utamanya tentu saja cendana, yang memiliki aroma khas. Tak heran saat membuka kipas angin, langsung terasa aroma cendana. Penggemar cendana sering dihiasi dengan motif Bali dan tokoh legendaris dari cerita rakyat mereka.

Kerajinan Indonesia juga sudah diperdagangkan ke luar negeri mengingat saat ini transaksi antar negara menjadi lebih mudah. Sebagai contoh ke negara China, saat ini kirim barang dari China atau ke negara China menjadi sangat mudah karena kedua negara telah melakukan perjanjian dagang.