Kenali 5 Jenis Jamur yang Aman Dikonsumsi, Lezat dan Berprotein

Macam-macam camilan dapat kamu nikmati selagi kamu melakukan aktivitas, salah satunya yaitu jamur. Varian jamur tersedia di pasaran dari jamur premium sampai jamur yang tergolong murah yang bisa kamu temukan di pasar atau di pinggir jalan, salah satu jenis jamur yang dikonsumsi adalah jamur tiram.

Pastinya kamu sudah tahu bahwa jamur adalah salah satu makanan yang enak untuk disantap, berbagai macam varian dari jamur pun banyak bermunculan untuk disajikan. Makanan satu ini juga memiliki jenis tersendiri dan mempunyai tekstur berbeda-beda. Selain lezat, jamur juga diketahui mengandung protein tinggi lho.

Namun, tidak semua jamur dapat dikonsumsi karena terdapat juga jamur yang mempunyai racun di dalamnya. Contoh jamur yang dapat kamu gunakan tersebar di dunia seperti, portobello, shiitake, hingga jamur kancing yang kaya akan nutrisi penting dan juga rendah kalori.

Oleh karena itu, yuk ketahui jenis-jenis jamur yang dapat kamu konsumsi dan kamu olah menjadi hidangan yang spesial!

Jenis / Macam Jamur yang Bisa Dimakan

  1. Jamur Kuping

Jamur yang mempunyai varian seperti, jamur kuping putih, jamur kuping hitam, dan jamur kuping merah ini adalah salah satu jamur yang paling familiar. Jamur ini cocok disajikan dengan sayur sop dengan kuah penuh rempah.

Rasanya yang lembut serta gurih di mulut pasti akan menggugah selera makan kamu. Jamur kuping mempunyai khasiat dapat mengatasi panas dalam, menurunkan tekanan darah tinggi, dan penyumbatan pembuluh darah.

  1. Jamur Tiram

Penggila jamur crispy pastinya sudah tidak asing lagi dengan jamur yang satu ini. Biasa disajikan dengan gorengan tepung, jamur satu ini menjadi kudapan yang istimewa. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan memberikan bumbu pedas ataupun manis sesuai selera.

Jamur ini mempunyai bentuk seperti kerang dengan ukiran di bawah kelopaknya. Warna jamur satu ini biasanya putih kusam.

  1. Jamur Enoki

Jamur premium satu ini cukup banyak dikonsumsi dengan panasnya kuah gurih dengan taburan bawang putih. Jamur yang mempunya nama latin Flammulina velutipes ini hanya dapat tumbuh di tempat yang mempunyai iklim dingin saja loh!

Tetapi kamu jangan khawatir karena jamur enoki sudah banyak dijual di pasaran. Jamur ini mempunyai khasiat dapat melancarkan buang air besar dan membersihkan pencernaan kamu loh!

  1. Jamur Merang

Jamur satu ini sering dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan cream soup, ataupun pasta lainya karena teksturnya yang lembut. Manfaat dari jamur merang cukup banyak yaitu sebagai mencegah pertumbuhan kanker, memperkuat sistem tubuh sampai dapat mendukung program diet kamu.

Jamur lezat yang satu ini juga gampang ditemukan di pasaran, karena gampang dibudidayakan di iklim tropis.

  1. Jamur Kancing

Sama seperti jamur merang jamur satu ini cocok untuk dihidangkan bersama pasta ataupun makanan western lainnya. Sedikit perbedaanya adalah jamur ini lebih cocok disajikan bersama tumisan sayur yang biasa kamu lihat di Chinese food.

Nama ilmiah jamur satu ini yaitu Agaricus bisporus, yang dapat menurunkan kolesterol, menangkal radikal bebas dan menambah jumlah sel darah merah karena mengandung asam folat.

Teksturnya yang sedikit besar pastinya akan menambah cita rasa gurih pada tumisan sayur kamu, bukan?

Itu tadi jenis-jenis dari jamur yang berprotein dan berkhasiat tinggi untuk kesehatan yang aman untuk kamu konsumsi. Jamur bisa jadi pengganti daging lho, bagi kamu para vegetarian yang ingin tetap mendapat asupan nutrisi tersebut.

Jadi, mana yang merupakan favoritmu? Yuk, temukan jamur, bumbu dan bahan masakan serta perlengkapan dapur dengan penawaran terbaik hanya di TaniHub!

Tak hanya produnya yang lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.