8 Faktor Penyebab AC Mobil Korea Tidak Dingin

Sebagai penumpang atau pengendara mobil pasti pernah merasakan kegerahan saat menumpangi mobil padahal AC sudah dinyalakan . Kondisi ini merupakan salah satu tanda bahwa terjadinya kerusakan pada AC mobil korea yang Anda gunakan. Kerusakan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berbeda-beda. Berikut akan kami ulas beberapa faktor penyebab yang menyebabkan AC mobil korea Anda terasa tidak dingin.

1. Kondensor kotor

Faktor pertama adalah kotornya bagian kondensor. Apabila bagian ini tersumbat oleh kotoran dan debu maka AC hanya akan mengeluarkan angin saja tanpa membuat suhu di dalam mobil terasa dingin.

2. Evaporator kotor

Faktor kedua penyebab AC mobil tidak dingin adalah kotornya bagian evaporator. Meski evaporator memiliki filter penyaring, perlu Anda ketahui filter tersebut memiliki batas maksimal. Banyaknya kotoran yang menumpuk pada bagian evaporator tentu akan menghambat kinerja AC dan menimbulkan beberapa masalah seperti menyebabkan korosi, serta bau yang kurang sedap di bagian kabin mobil.

3. Tersumbatnya filter AC

Filter AC memiliki fungsi menyaring udara kotor yang masuk, sehingga komponen ini membutuhkan perhatian khusus bagi pemilik mobil. Melakukan pembersihan secara rutin pada filter dapat menjaga sirkulasi udara di dalam mobil menjadi sejuk dan dingin. Penyumbatan yang terjadi dapat menyebabkan suhu di dalam kabin mobil panas.

4. Freon

Berkurangnya freon merupakan salah satu faktor penyebab AC mobil korea tidak dingin. Berkurangnya freon terjadi karena adanya kebocoran pada sistem AC. Kebocoran tersebut dapat Anda temui pada bagian sambungan pipa AC. Kerusakan tersebut membuat freon menjadi habis.

5. Kompresor rusak

Jika Anda menemui slight glass berwarna hitam, dapat dipastikan bahwa receiver dryer tersumbat oleh kotoran. Tanda seperti ini merupakan indikasi bahwa kompresor AC mobil Anda mengalami kerusakan.

6. Motor pada Extra Fan mati

Jika saat mengendarai mobil, AC terasa kurang dingin sebaiknya Anda periksa bagian Extra Fan. Bila Extra Fan sudah tidak berputar maka tidak ada proses penurunan sushu di dalam kondensor sehingga menyebabkan suhu pada kabin mobil panas.

7. Fan Belt AC putus

Fan belt pada AC mobil berfungsi sebagai penghubung antara putaran mesin menuju kompresor. Putusnya fan belt membuat kompresor tidak bisa berjalan normal, sehingga menghambat proses sirkulasi dari freon.

8. Radiator AC kotor

Radiator AC yang kotor dapat menimbulkan beberapa masalah seperti menimbulkan karat pada mesin, pembuangan suhu panas dalam mobil tidak optimal, hingga merusak performa kondensor sehingga AC tidak dingin. 

Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan Anda dalam melakukan perawatan AC mobil. Salah satu rekomendasi toko yang dapat membantu Anda dalam mencari peralatan perawatan AC mobil korea adalah MobilKoreaPart.com. Anda dapat mencari berbagai komponen AC mobilĀ  hingga komponen variasi mobil terbaik.