4 Tips Memanfaatkan Facebook untuk Bisnis

Facebook adalah salah satu media sosial yang sangat dekat di kalangan masyarakat. Dari usia muda sampai kepala lima banyak yang menggunakannya. Awalnya facebook hanya digunakan untuk berkomunikasi saja. Namun, semenjak berkembangnya bisnis di dunia online, kini facebook juga sering dimanfaatkan untuk menunjang bisnis. Jika Anda juga ingin memanfaatkan facebook untuk bisnis Anda, perhatikan penjelasan berikut ini. Belum punya akun Facebook? Tenang, cara membuatnya mudah dan gratis. Baca informasi selengkapnya di Sallyponchak.com mengenai pembuatan akun Facebook.

Tips Memaksimalkan Facebook untuk Keperluan Bisnis

1. Menggunakan fitur penjadwal otomatis

Pertama, Anda bisa memaksimalkan fitur penjadwal otomatis. Dengan fitur ini Anda bisa mengatur jadwal untuk memposting ketika sedang sibuk. Dengan begitu, konsistensi postingan akan tetap terjaga meskipun Anda sedang mengerjakan hal yang lain. Fitur ini sangat berguna untuk menjaga interaksi dengan customer karena jika postingan Anda tidak terjadwal akan ada kemungkinan customer beralih ke tempat lain.

2. Menggunakan fanspage

Untuk dapat memaksimalkan facebook sebagai penunjang bisnis, Anda harus menggunakan fanspage. Hal ini dimaksudkan agar bisnis Anda tidak tercampur dengan data pribadi Anda. Ketika berkomunikasi dengan teman-teman untuk sekadar menyapa, Anda bisa menggunakan facebook personal. Akan tetapi, ketika berkomunikasi dengan customer, Anda harus menggunakan fanspage ini.

Keuntungan dari menggunakan fanspage adalah Anda bisa menggunakan layanan facebook ads. Dengan layanan ini, Anda bisa menjangkau orang-orang yang merupakan pasar dari bisnis Anda. Anda bisa menargetkan dengan spesifik mulai dari usia, jenis kelamin, hobi, dan minat. Jadi, Anda tidak membuang waktu untuk mengiklankan kepada orang yang tidak tepat.

3. Membuat konten bermanfaat

Meskipun tujuan setiap bisnis adalah penjualan, bukan berarti dalam setiap postingan Anda harus melakukan penawaran. Mayoritas orang-orang yang mengakses facebook adalah untuk berinteraksi. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan facebook untuk berinteraksi dengan customer Anda. Bagikan informasi edukatif seperti tips, referensi buku dan artikel, kutipan motivasi, dan konten bermanfaat lainnya.

Gunakan prinsip 7:3, yakni dalam setiap 10 kali posting, bagikan konten bermanfaat 7 kali dan konten penawaran bisnis 3 kali. Hal ini bisa menyeimbangkan antara interaksi dan penjualan. Orang-orang juga tidak akan merasa dijuali.

4. Fokuslah memperbanyak like

Jumlah like pada fanspage facebook adalah jumlah dari calon customer Anda. Oleh karena itu, semakin besar jumlah like, maka semakin tinggi pula kemungkinan bisnis Anda dilihat oleh banyak orang. Fokuslah untuk memperbanyak jumlah like. Salah satunya adalah dengan membuat konten bermanfaat seperti yang telah dijelaskan pada poin ketiga.

Demikian tips yang dapat Anda terapkan untuk memanfaatkan facebook demi kepentingan bisnis. Jangan berhenti untuk terus belajar karena bukan tidak mungkin ada fitur-fitur baru yang dihadirkan oleh facebook sehingga Anda harus belajar lagi. Yang jelas, media sosial seperti facebook sangat berguna sebagai sarana pengembang bisnis di era digital seperti saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *