Desain Rumah Minimalis Sederhana 1 Lantai

Seseorang yang mendengar kata rumah minimalis sederhana 1 lantai, akan berpikiran tentang luas lahan yang terbatas. Hal tersebut memang benar, sebagian besar hunian keluarga modern didesain minimalis, sebagai salah satu solusi karena lebar tanah yang minim.

Tetapi, jika anda berpikiran rumah minimalis hanya bisa dibangun 1 atau 2 kamar. Maka, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Dalam satu rumah yang hanya memiliki luasan 8,5 meter x 12 meter sangat mungkin memiliki 3-4 kamar tidur. Bagaimana cara membuat desain yang tepat? Simak penjelasannya di poin-poin berikut berdasarkan informasi dari blog nul.is.

Membuat denah rumah 3 kamar tidur

Anda bisa mulai membuat gambar denah rumah sesuai luas tanah yang tersedia. Bisa menggunakan cara manual menggunakan gambar tangan ataupun aplikasi seperti AutoCad.

Buka program AutoCad

Langkah pertama, buka terlebih dahulu aplikasi AutoCad yang sudah ter-install di laptop atau PC. Setting ukuran, dimensi, dan hal-hal lainnya yang dirasa perlu. Kemudian mulai buat denah dengan ukuran 850 x 1200 cm, jika anda mengatur skala 1 : 100.

Menentukan ukuran kamar tidur

Tentukan luas setiap kamar yang akan dibangun. Berhubung lahan tidak terlalu luas, anda harus pintar membaginya karena masih ada ruang tamu, dapur, carport, ruang makan, teras, dan halaman depan & belakang.

Beri saja ukuran tiap kamar 3m x 3m, keterbatasan ruang ini bisa disiasati dengan penataan interior yang tepat agar terlihat lebih luas. Letakkan sesuai keinginan, contohnya 2 kamar di bagian belakang yang diantara keduanya ada ruang makan. Sementara 1 kamar sisanya, bisa diletakkan di bagian depan.

Tata letak lainnya yaitu membuat dua berjejer di sisi yang sama, 1 kamar di sisi yang berlainan. Agar mendapatkan desain terbaik, anda bisa berkonsultasi dengan kontraktor ataupun arsitek yang sudah berpengalaman membangun rumah minimalis sederhana 1 lantai.

Tidak memasukkan banyak furniture

Rumah minimalis tetap membutuhkan furniture, tetapi hindari membeli pernak-pernik yang tidak perlu. Hal itu bisa membuat ruangan menjadi sesak. Anda bisa membeli sesuai kebutuhan seperti meja kursi, tempat tidur, ataupun perabotan utama lainnya. Terapkan konsep kebutuhan bukan keinginan.

Setelah rumah selesai dibangun dan pengerjaan bagian interior selesai, barulah anda bisa menambah furniture yang kurang. Tetapi jangan sampai berlebihan.

Memilih kontraktor profesional

Perencanaan membuat rumah keluarga minimalis harus matang, baik dalam segi perhitungan biaya, jenis material, desain interior ataupun eksterior. Dari sini, anda bisa mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan perusahaan ataupun pemborong yang bisa merealisasikan rencana tersebut. pastikan memilih kontraktor profesional.

Bagaimana memilih pemborong yang dapat dipercaya? Anda bisa membuat daftar perusahaan dengan mempertimbangkan hal-hal berikut.

  1. Pastikan perusahaan sudah pernah membangun rumah minimalis dan hasilnya baik. Tidak ada salahnya, anda meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat yang lebih memahami dunia konstruksi bangunan.
  2. Mempunyai track record yang baik, artinya tidak pernah tersandung masalah hukum seperti penggelapan dana, tidak menyelesaikan pekerjaan, dll.
  3. Memberikan harga penawaran terbaik dan bertanggung jawab atas proses pelaksanaan sampai finishing. Hal ini bisa dimuat dalam perjanjian antara kedua belah pihak.
  4. Pastikan kontraktor memakai material sesuai spesifikasi yang diajukan

Luas rumah minimalis sederhana 1 lantai yang minim tetap bisa direncanakan untuk menampung 3-4 kamar tidur. Semua tergantung seberapa mahir seorang arsitek ataupun kontraktor mengatur hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *