Tips Desain Rumah Minimalis 2 Lantai di Lahan Sempit

Lahan yang sempit bukanlah halangan untuk membangun rumah impian. Memang selama ini yang lekat di benak kita adalah rumah di lahan yang sempit pasti tidak nyaman untuk ditinggali. Namun, jika Anda bisa menyiasatinya dengan baik, rumah inipun bisa jadi hunian yang super nyaman bagi keluarga. Anda bisa mengakali luas lahan ini dengan desain rumah minimalis 2 lantai.

Tips Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Berlahan Sempit

salah satu langkah yang paling umum untuk menyiasati lahan sempit adalah dengan membangun rumah 2 lantai. Tapi jika Anda tidak jeli dalam mengatur desainnya, bisa jadi hunian Anda tetap sempit dan lantai 2 tidak berfungsi dengan baik. Karena itulah sebelum membuat desain sederhana, mungkin tips berikut ini bisa Anda terapkan:

  • Letak Kamar

Agar 2 lantai hunian Anda bisa berfungsi optimal, buatlah desain kamar seluruhnya ada di lantai 2. Sedangkan lantai pertama bisa digunakan untuk berbagai ruangan lain, termasuk ruang tamu, dapur, ruang keluarga, dan juga ruang makan. Tips ini bisa membuat hunian Anda terlihat lebih luas.

  • Jumlah Kamar

Setelah letaknya yang berada di lantai 2, Anda juga harus menentukan berapa jumlah kamar yang akan dibangun. Karena lahan yang terbatas, usahakan untuk tidak membuat kamar berlebihan. Misalnya Anda adalah keluarga kecil dengan anak 2, maka cukup bangun 3 kamar tidur saja.

Membuat kamar ekstra misalnya kamar tamu hanya akan memakan lahan dan tidak cukup efisien. Terlebih jika kemungkinan di masa yang akan datang Anda akan jarang menerima tamu yang menginap. Misalnya kerabat dan orang tua yang rumahnya dekat dan tak perlu menginap.

  • Kamar Mandi

Karena lahan yang dimiliki terbatas, maka Anda sebaiknya tidak membangun banyak kamar mandi di rumah. Anda tidak perlu menambahkan kamar mandi pribadi di setiap kamar. Idealnya cukup bangun 2 kamar mandi di masing-masing lantai.

  • Pilih Carport

Ingin rumah terasa lebih luas dan tetap ada halaman asri di depannya? Sebaiknya Anda menempatkan mobil di carport dibandingkan membangun garasi. Carport bisa dibuat nyaman dengan penambahan kanopi serta pagar. Carport ini juga bisa disulap jadi ruangan lain yang multifungsi, misalnya sebagai ruang santai saat ada acara keluarga.

  • Manfaatkan Balkon

Ingin desain rumah minimalis 2 lantai yang asri? Jika lahan di lantai pertama sudah habis dimanfaatkan, Anda bisa beralih ke lantai kedua dengan memanfaatkan balkon rumah. Desainlah balkon samping rumah yang lumayan luas dan nantinya bisa diisi dengan pot-pot tanaman hijau serta kursi teras.

  • Menyiasati Jumlah Anak dan Kamar

Jika Anda berencana punya banyak anak tapi jumlah kamar sangat terbatas, Anda masih tetap bisa menyiasatinya dengan pilihan furniture yang pas. Bagaimana? Anda bisa mengisi kamar anak dengan 2 single bed masing-masing untuk para anak laki-laki dan juga para anak perempuan.

Penggunaan 2 single bed dalam 1 kamar selain berguna untuk mengoptimalkan luas lahan, juga bisa menambah kedekatan antara kakak beradik. Tips ini bisa Anda terapkan apalagi jika anak masih berusia kecil.

  • Perbanyak Jendela

Agar hunian di lahan yang sempit tetap terkesan luas dan tidak sesak, Anda harus membuat desain rumah dengan banyak jendela. Cahaya yang masuk langsung melalui jendela bisa membuat rumah Anda terkesan lebih lapang. Jendela juga bisa membuat sirkulasi udara di rumah Anda bisa berputar dengan baik.

Tak sulit membuat desain rumah minimalis 2 lantai di lahan yang sempit sekalipun. Kuncinya adalah dengan menata ruangan seoptimal mungkin dan tak perlu membangun ruang yang kurang berfungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *