Desain Rumah Kayu Ini Bisa Jadi Inspirasi Hunian di Iklim Tropis

Rumah dengan bahan full kayu memang masih asing di Indonesia, kecuali rumah-rumah dengan desain klasik misalnya joglo atau rumah panggung. Tapi kini rumah kayu pun bisa berinovasi mengikuti perkembangan zaman dan tampil serba minimalis. Bagi Anda yang suka sekali dengan elemen alam, mungkin desain rumah kayu berikut ini bisa menginspirasi hunian tropis Anda.

Ide Desain Rumah Kayu untuk Wilayah Tropis

Rumah kayu bukanlah hal yang baru bagi Indonesia sebenarnya, karena hampir semua rumah adat khas daerah di Indonesia menggunakan material utama kayu. Namun di zaman yang modern ini, keberadaan kayu mulai tergantikan oleh tembok beton. Tapi jika Anda ingin merasakan sensasi alaminya tinggal di rumah kayu, Anda bisa meniru ide desain berikut ini:

  • Pondok Kayu ala Famwood Taiwan

Salah satu biro arsitek di Taiwan yaitu Famwood Nature Red House menciptakan inovasi desain rumah dari kayu yang tahan terhadap kelembaban, ventilasi cukup lebar, tampilan unik, dan juga pondasi kuat. Rumah pondok ini didesain dengan menggunakan material kayu non-toxic yang bisa didaur ulang.

Anda bisa menggunakan material kayu jati yang banyak tersedia di Indonesia. Maksimalkan ventilasi dan sinar masuk ke dalam rumah kayu dengan memperbanyak jumlah jendela pada tiap sisi tembok bangunan. Anda juga bisa membuat pondasi yang tahan gempa, mengingat Indonesia merupakan negara rawan bencana.

  • Rumah Kayu Gaya Industrialis

Rumah kayu bukan hanya sebatas tema rumah pohon seperti yang banyak dilihat pada film. Anda juga bisa mengaplikasikan material kayu dengan sentuhan nuansa minimalis-industrialis pada bangunan Anda.

Gunakan material kayu dengan warna coklat tua pada bagian plafon dan juga lantai rumah. Untuk menegaskan unsur industrialis, pilihlah furniture seperti meja, kursi, lampu, dan tangga dari material besi. Untuk temboknya sendiri, Anda tetap bisa menggunakan material batu bata dengan cat putih polos agar tetap terlihat minimalis.

  • Rumah Beratap Tinggi

Rumah kayu dengan atap tinggi sangat cocok dibangun di Indonesia karena iklimnya yang tropis. Rumah dengan atap tinggi memungkinkan sirkulasi udara lebih lancar dan kondisi di dalam rumah jadi terasa lebih sejuk.

Anda bisa menggunakan material full kayu mulai dari dinding, kerangka rumah, hingga atapnya. Tenang saja, kayu solid seperti ulin dan jati pasti kuat dijadikan sebagai pilar rumah yang tinggi. Karena pada zaman dulu leluhur bangsa Indonesia juga menggunakan jenis kayu ini untuk membangun rumah joglo dengan pilar yang sama.

  • Rumah dengan Teras Kayu

Jika Anda punya lahan yang cukup luas, mengapa tidak membuat sebuah teras yang lapang dari material kayu? Anda bisa menggunakan teras ini untuk bersantai menikmati udara pagi atau sore hari sambil duduk menyantap kue dan secangkir kopi hangat.

Anda juga bisa membuat rumah semakin nyaman dengan penggunaan jendela berukuran super besar di salah satu sisi rumah. Anda bisa membuka jendela ini kapanpun diinginkan dan sirkulasi udara di rumah bisa jadi lebih sejuk dan lancar. Penggunaan jendela besar ini juga bisa mengurangi konsumsi listrik dan pendingin ruangan. Benar-benar back to nature bukan?

  • Rumah Interior Full Kayu

Bagi Anda yang masih ragu menggunakan tembok full kayu, mungkin Anda bisa menyulap bagian interior dengan material ini agar tetap terkesan alami. Contohnya, Anda bisa menggunakan kayu sebagai bagian dari tangga, plafon, lantai, meja, kursi, hingga tempat tidur.

Jika luas lahannya cukup terbatas, tinggal tambahkan mezzanine yaitu lantai tambahan yang menggantung di antara lantai dan atap rumah. Gunakan material full kayu pada mezzanine ini agar nuansa alami tambah terasa dalam rumah.

Desain rumah kayu kembali populer di Indonesia, khususnya pada masyarakat urban. Selain itu, banyak juga penginapan dan hotel dengan konsep alam yang menggunakan material kayu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *