Memilih Desain Interior Rumah Minimalis Sulit? Siapa Bilang

Rumah kini tidak hanya sekedar sebagai tempat hunian untuk beristirahat dan berteduh. Di masa sekarang, rumah menjadi bangunan yang juga menawarkan beragam kenyamanan serta nilai estetika sendiri. Untuk memperoleh nilai estetika yang tinggi dari sebuah rumah tentu membutuhkan perawatan khusus sendiri agar tercipta hunian yang asri sekaligus nyaman ditempati.

Trend rumah populer saat ini yang banyak dikembangkan adalah model rumah minimalis. Rumah minimalis dianggap sebagai solusi bagi ketersediaan lahan yang sempit sehingga dapat memanfaatkan setiap ruang seefektif mungkin. Bagi Anda yang bermimpi memiliki model rumah minimalis namun masih bingung bagaimana mendesain interior ruangannya, berikut adalah inspirasi desain yang bisa Anda terapkan.

1. Desain Interior Rumah Berkonsep Modern

Jika Anda termasuk orang yang menyukai hal-hal berbau modern dan kekinian, maka tidak ada salahnya hal tersebut juga Anda terapkan di dalam hunian Anda. Secara umum, furniture yang dimasukkan di dalam rumah berkonsep modern sama dengan furniture yang dibutuhkan dalam rumah minimalis. Hanya saja, akan terdapat perbedaan dalam pemilihan material dan bentuk furniture itu sendiri.

Dalam rumah minimalis berkonsep modern, akan lebih banyak menggunakan perabotan bermaterial kaca maupun besi. Material ini mampu memberikan suasana modern dan berkilau di dalam rumah.

2. Desain Interior Rumah Bergaya Vintage

Jika Anda seorang istri yang dibebaskan oleh suami untuk mendesain bagian dalam rumah, tidak ada salahnya Anda memilih konsep vintage. Konsep vintage mengedepankan pemakaian warna-warna lembut khas wanita seperti pink pastel, putih, krem, abu-abu hingga kuning muda.

Sementara motif yang digunakan pada konsep vintage biasanya adalah bunga kecil. Motif bunga dapat diterapkan pada bagian sarung bantal, sarung lampu hiasan ruang tamu maupun lapisan sofa.

3. Desain Interior Rumah Berkonsep Tradisional

Tidak ingin meninggalkan nuansa tradisional di tengah perkembangan zaman? Anda tetap bisa mengaplikasikan nuansa tradisional di dalam rumah. Salah satu konsep tradisional yang banyak diterapkan saat ini adalah nuansa bergaya Eropa kuno. Kekhasan dari rumah bergaya Eropa kuno adalah banyaknya pemakaian elemen kayu dengan warna cokelatnya.

Elemen kayu pada rumah konsep tradisional diterapkan di bagian kursi, meja, lemari, pelengkap dekorasi hingga lantai dari kayu. Kayu yang digunakan tentu difurnished terlebih dahulu agar terlihat licin dan mengkilap. Nuansa tradisional mampu memberikan suasana hangat di antara penghuni rumah.

4. Desain Interior Rumah Bergaya Bohemian

Pernah mendengar konsep Bohemian pada hunian? Jika belum, tidak ada salahnya mempertimbangkan konsep ini pada hunian Anda. Konsep Bohemian mengedepankan penggunaan kain serta berbagai karpet berwarna cerah di ruangan rumah. Konsep ini sangat cocok untuk Anda yang berjiwa ekspresif dan berani.

Untuk menerapkan konsep ini pada ruangan di rumah misal ruang tamu ataupun ruang keluarga, Anda bisa mencoba menggunakan sarung bantal warna merah dengan karpet warna hijau. Penggunaan warna-warna berani dengan corak yang mencolok menjadi ciri khas konsep ini.

5. Desain Interior Rumah Berkonsep Industrial

Tidak ada salahnya menerapkan desain interior rumah menggunakan konsep industri yang cukup unik. Ciri khas dari interior ini adalah penggunaan langit-langit dari baja hingga lantai beton. Untuk warna sendiri, interior ini dominan menggunakan warna abu-abu gelap di dinding hingga perabotan rumah. Beberapa orang bahkan cukup berani merenovasi ulang bekas gudang agar mendapatkan interior bergaya industrial yang kental.

Untuk menerapkan konsep rumah minimalis yang dikombinasikan dengan konsep dan gaya rumah di atas sebenarnya cukup mudah. Intinya adalah penggunaan ruang semaksimal mungkin dengan perabotan yang kecil namun efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *