Desain Interior Dapur Minimalis

Dapur Minimalis

Konsep minimalis kini sudah banyak diterapkan di setiap hunian rumah. Kebutuhan lahan yang besar namun ketersediaannya yang terbatas membuat banyak orang berusaha seefektif mungkin memanfaatkan setiap ruang di rumahnya. Caranya tentu dengan menerapkan konsep minimalis pada desain interior ruangan.

Salah satu bagian ruangan yang paling krusial untuk diberikan sentuhan minimalis adalah dapur. Mengingat dapur merupakan ruangan yang menyatukan keluarga bersama-sama, tentu tak adil rasanya jika membiarkan dapur tanpa perawatan sama sekali. Jika ingin memberikan sentuhan minimalis pada dapur rumah Anda, berikut adalah langkah yang bisa Anda lakukan.

Langkah Desain Dapur Minimalis Terkini

1. Utamakan kebutuhan yang harus terpenuhi

Ketika merencanakan sebuah interior dari dapur, utamakan setiap bagian dapur mampu memberikan fungsi yang paling optimal untuk kegiatan Anda di dapur. Jangan sampai, Anda lebih mengutamakan keinginan pada dapur Anda namun melupakan fungsinya yang utama, yaitu memasak. Untuk desain interior dapur sesuaikan dengan kebiasaan Anda dalam memasak. Apakah Anda membutuhkan tempat memotong sayur yang sangat besar ataukah kecil. Hal ini perlu diperhatikan dalam proses desain.

2. Desain tampilan arsitektur dapur secara efektif

Ada beberapa bagian dari dapur yang perlu didesain sebaik mungkin agar berfungsi optimal. Misalnya untuk pemasangan stopkontak untuk berbagai kebutuhan tentu dalam posisi yang terbaik agar mudah dijangkau. Selain itu, masalah terkait jalur ventilasi udara juga perlu dipertimbangkan dengan matang. Jangan sampai karena tidak adanya ventilasi udara yang baik membuat bau masakan Anda memenuhi seluruh rumah.

3. Aplikasikan material berkualitas

Jangan karena tergiur harga murah, Anda kemudian mengorbankan masalah kualitas dari suatu perabotan. Pilihlah kualitas terbaik yang sekiranya dapat bertahan dalam jangka waktu lama. Dengan begini, sebenarnya Anda justru lebih dapat berhemat jangka panjang.

Pilihlah pelapis dari solid surface maupun granit untuk bagian table top. Material ini memiliki kelebihan berupa tahan lama sehingga lebih hemat untuk masa depan. Selain itu pemilihan engsel cabinet untuk furniture juga perlu dipikirkan agar tidak sebentar-sebentar mengganti engsel.

Selain mengikuti langkah di atas, berikut ini adalah beberapa inspirasi dapur minimalis yang bisa Anda ikuti untuk dapur di rumah Anda.

Inspirasi Desain Interior Dapur

1. Dapur dengan keberadaan meja bar

Jika Anda merupakan tipe orang yang ingin sesuatu yang cepat dan efektif, tidak ada salahnya memiliki meja bar di bagian dapur. Meja bar atau island bar yang tersambung dengan meja dapur dapat langsung difungsikan sebagai tempat makan. Dengan meja bar ini, Anda tidak perlu repot-repot memindahkan makanan ke meja makan setiap kali akan makan. Anda dan keluarga kecil Anda dapat langsung menikmati makanan bersama di meja bar dapur ini.

2. Manfaatkan sudut L di dapur

Jangan sisakan setiap ruang di dapur menjadi tidak terpakai. Anda bisa menggunakan pertemuan antara dua dinding yang berbentuk L sebagai tempat berkumpul bersama keluarga atau ruang makan kecil. Anda tinggal menempatkan sebuah sofa atau tempat duduk di bagian pojok dapur ini untuk bersantai. Sembari menunggu masakan matang, Anda juga bisa sambil duduk di sofa bersantai.

3. Memberikan sentuhan bermaterial stainless steel

Menggunakan warna putih atau warna-warna terang pada bagian dapur dapat memberikan kesan luas di dalam ruangan. Untuk menambahkan suasana elegan pada dapur, Anda bisa memilih material stainless steel untuk diterapkan pada bagian dapur. Balutan material ini memberikan kesan elegan di dalam dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *