Cara Tracking Paket dari Aliexpress

Cara belanja di aliexpress tentu bukan hal yang asing bagi kebanyakan orang di Indonesia. Walaupun aliexpress merupakan situs marketplace internasional, sebenarnya cara belanja nya sama atau mirip dengan Ketika kita membeli barang di marketplace lokal seperti Tokopedia, bukalapak maupun shopee. Dimana kita tinggal memilih barang yang mau dibeli. Klik BUY dan bisa langsung mengisi alamat pengiriman dan melakukan pembayaran.

Ada beberapa metode pembayaran yang diterima di aliexpress, yaitu melalui kartu kredit, kartu debit, transfer bank, western union, melalui platform doku hingga melalui minimarket seperti alfamart, lawson serta DanDan.

Adapun untuk metode pengiriman yang ditawarkan penjual di aliexpress ada beberapa macam juga, seperti melalui jasa pengiriman dengan kantor pos, TNT, Fedex, DHL, UPS dan lain lain.

Nahm setelah melakukan order dan pembayaran barang di aliexpress, hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah melacar atau tracking paket yang dikirim oleh penjualnya. Berikut adalah beberapa Langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan pelacakan atau tracking paket dari penjual di aliexpress.

  • Masuk ke halaman web aliexpress .com, lalu login ke akun aliexpress kita
  • Masuk ke halaman “Order” atau “My Orders”
  • Lalu setelah masuk ke halaman Order, pilih orderan yang mau kita cek tracking number nya
  • Klik di orderan tersebut, maka akan terbuka halaman baru
  • Lihat di halam baru tersebut pada bagian Logistic information, maka kita akan menemukan metode pengiriman yang digunakan serta tracking code nya
  • Setelah kita mendapatkan tracking numbernya, maka selanjutnya kita bisa melacak detail perjalanan paket melalui web site jasa pengiriman yang bersangkutan.

Berikut adalah metode pengiriman serta website pelacakan yang bisa kita gunakan

  1. Kantor pos

Jika ita menggunakan metode pengiriman kantor pos, maka kita bisa melacaknya di web : ems.posindonesia.co.id. Selain melalui website tersebut, kita juga bisa melacak melalui web 17track.net

  1. DHL

Untuk metode pengiriman dengan DHL, maka kita bisa melacaknya di web nya yaitu www.dhl.com

  1. TNT / Fedex

Untuk metode kirim dengan TNT dan Fedex, maka bisa dilacak melalui website www.fedex.com. Dahulu TNT merupakan perusahaan yang berbeda. Tetapi saat ini TNT telah menjadi bagian dari fedex, karena telah diakuisisi.

  1. UPS

Untuk metode pengiriman dengan UPS, maka kita bisa masuk ke web www.ups.com

  1. Aramex

Jika paket dikirim dengan menggunakan Aramex, maka kita bisa mengeceknya di website mereka di www.aramex.com

  1. Aliexpress standard shipping

Metode pengiriman ini nantinya akan bekerjasama dengan Singapore post untuk sistribusinya. Adapun web yang bisa kita gunakan adalah melalui : 17track.com

Demikianlah pembahasan singkat kita tentang bagaimana cara tracking paket dari aliexpress. Semoga bermanfaat.