7 Upaya yang Dapat Dilakukan untuk Konservasi Sumber Daya Air

Sumber daya air sangat penting untuk kehidupan semua makhluk hidup di bumi. Binatang, tumbuhan, dan manusia membutuhkan air untuk hidup. Mengingat air merupakan kebutuhan pokok yang tak tergantikan, kita harus bisa melakukan konservasi terhadap sumber daya air. Tujuan utamanya agar kita tetap dapat menggunakan air dan sumbernya tetap tersedia.

Konservasi sumber daya air sendiri termasuk dalam salah satu konservasi alam. Lalu upaya apa saja yang bisa kita lakukan untuk melestarikan sumber daya air? Berikut ini pembahasannya.

Upaya Konservasi Sumber Daya Air

Untuk melakukan konservasi sumber daya air, upaya di bawah ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Selektif dalam memilih produk

Pilih produk yang tidak menggunakan banyak air. Misalnya mesin cuci, pilihlah yang tidak memerlukan air dalam volume yang besar.

  1. Melindungi sumber daya air

Tanam kembali hutan-hutan yang gundul, sebab hutan merupakan daerah resapan air terbaik. Jaga sumber mata air agar tidak tercemar.

  1. Hemat air

Gunakan air secukupnya, jangan membuang-buang air untuk hal-hal yang kurang berguna.

  1. Penampungan air

Buatlah penampungan untuk air hujan untuk persediaan di musim kemarau.

  1. Kurangi penggunaan air tanah

Jangan mengebor sumur secara berlebihan, biarkan air tanah tetap dalam jumlah yang normal. Terlalu mengeksploitasi sumber air tanah dapat membuatnya mengering dan persediaan air habis.

  1. Kurangi pencemaran

Hindari menggunakan zat kimia yang dapat mencemari air. Industri sebaiknya mengolah limbah sebelum membuangnya agar sungai tidak tercemar.

  1. Membuat sumur resapan dan biopori

Sumur resapan dibuat untuk menampung air selama musim hujan untuk persediaan di musim kemarau. Buatlah biopori sebanyak mungkin untuk meningkatkan daya resap tanah. Hal ini dapat mengurangi risiko terjadi banjir.

Brand air minum dalam kemasan, Aqua, telah sejak lama melakukan konservasi sumber daya air. Cara yang dipilih aqua yaitu dengan memanfaatkan air secukupnya. Aqua tidak mengeksploitasi sumber mata air dengan berlebihan. Informasi pengolahan air aqua bisa anda lihat di https://www.sehataqua.co.id/aqualife/.

Aqua juga mencanangkan program bijak berplastik. Program ini mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan plastik secara berlebihan dan melakukan daur ulang plastik. Begitu pula yang dilakukan oleh Aqua, yaitu menggunakan kemasan dari bahan recycle.

Jangan lupa untuk mengonsumsi air mineral aqua untuk kesehatan tubuh Anda. Ayo, bantu menjaga alam dan bumi kita tercinta bersama Aqua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *