Ini Dia 7 Cara Membersihkan Peralatan Makan Bayi yang Benar

Bayi memiliki tingkat sensitif yang tinggi terhadap bakteri dan kuman, sehingga apapun yang digunakannya harus dipastikan tidak hanya bersih secara kasat mata tetapi juga steril dan higienis. Hal ini berlaku untuk semua perlengkapan bayi terkhusus alat makan bayi yang mana digunakan untuk makanan yang dicerna langsung oleh tubuh bayi.

Oleh sebab itu, Anda wajib memastikan kebersihan peralatan alat makan bayi Anda. Bersihkanlah peralatan tersebut dengan baik dan benar, menggunakan 7 cara di bawah ini:

1. Cuci Tangan Dahulu

Selanjutnya, sebelum mencuci peralatan makan bayi, ada baiknya Anda mencuci tangan Anda terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya perpindahan bakteri dari tangan Anda ke peralatan makan bayi Anda. Gunakan kran wastafel cuci piring dengan tekanan pancaran yang tinggi supaya aliran air yang dihasilkan lebih kuat, sehingga kotoran-kotoran kecil bisa ikut terlarutkan.

Rekomendasi pilihan produk kran air untuk wastafel bisa dilihat di sini: https://www.watertec-indonesia.com/products-list/hybrid/all/ind

2. Pisahkan dengan Cucian Kotor Lainnya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mencuci peralatan makan bayi adalah memisahkan peralatan bayi dengan cucian piring kotor lainnya. Jangan sampai peralatan makan bayi Anda bercampur dengan alat makan kotor lainnya yang akan menyebabkan bakteri pada piring kotor berpindah pada alat makan bayi Anda. Jadi, pisahkan dahulu ya!

3. Lepas Semua Komponen Alat Makan Terlebih Dahulu

Selanjutnya, lepaskan semua komponen alat makan bayi Anda secara terpisah. Contohnya seperti memisahkan botol susu bayi dengan tutupnya. Step ini dilakukan agar memastikan semua komponen tercuci dengan bersih tanpa ada sela-sela peralatan makan bayi yang terlewatkan.

4. Gunakan Sikat Khusus Pembersih Botol Susu Bayi

Beberapa peralatan makan bayi tertentu membutuhkan sikat khusus, contohnya seperti botol susu. Oleh sebab itu, gunakan sikat pembersih botol susu yang khusus untuk membersihkan bagian dalam botol yang tentunya sulit dijangkau oleh tangan Anda.

5. Perhatikan Penggunaan Sabun

Selain memisahkan peralatan makan bayi dengan cucian piring kotor lainnya sebelum dicuci, Anda juga wajib memisahkan penggunaan sabun cuci, antara sabun cuci untuk piring Anda dengan sabun cuci untuk peralatan makan bayi Anda.

Gunakanlah sabun cuci khusus peralatan makan bayi. Biasanya, sabun cuci peralatan makan bayi yang khusus lebih lembut dan mengandung anti bakteri yang aman bagi bayi.

6. Rendam Botol Bayi dengan Air Panas

Terakhir, jika sudah dibersihkan dan dibilas dengan air mengalir, rendamlah peralatan makan bayi Anda di dalam air panas. Cara ini dapat membunuh kuman di dalamnya sehingga peralatan makan bayi Anda lebih terjamin kehigienisannya. Merendamnya tidak usah lama-lama ya, cukup 5 menit saja.

7. Bersihkan dengan Air Mengalir

Selanjutnya, pastikan Anda membilas peralatan makan bayi dengan menggunakan air mengalir. Hindari penggunaan air yang ditampung untuk digunakan lagi. Cara membilas seperti itu justru akan menimbulkan terjadinya perbindahan bakteri sehingga tidak dianjurkan saat membersihkan peralatan makan bayi.

Kualitas kebersihan air juga perlu diperhatikan. Jika tempat tinggal Anda seringkali mendapatkan kualitas air yang kurang bersih, maka hal ini bisa menimbulkan masalah kesehatan. Memasang alat tambahan seperti filter penjernih air di sistem instalasi air rumah Anda perlu dilakukan jika memang air dari PAM/ WTP kurang bagus kualitasnya.

Demikian 7 cara membersihkan peralatan makan bayi yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, lakukan secara rutin ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *