5 Rahasia Membangun Kerja Tim yang Solid Untuk Meningkatkan Profit Perusahaan

Bukan rahasia lagi pastinya jika kerja sama tim adalah salah satu kunci sukses suatu perusahaan. Semakin kompaknya suatu tim, maka perusahaan pun akan semakin cepat berkembang dan profit yang didapatkan pun akan berlipat ganda.

Sayangnya, membentuk kerja tim yang kuat tidak semudah yang dibayangkan. Ada saja yang menjadi permasalahan dalam tim, baik perbedaan pendapat ataupun karyawan yang malas-malasan. Bahkan ada juga karyawan yang sudah resign padahal baru beberapa minggu bekerja.

Kerja tim yang melemahhanya menyebabkan merugi dan lama kelamaan perusahaan bisa bangkrut. Pastinya tidak ada yang mau mengalami mimpi buruk ini kan?

Oleh sebab itulah perusahaan perlu memupuk kerjasama tim yang kuat mulai dari sekarang, antara lain dengan cara berikut:

Segera menyelesaikan perbedaan pendapat

Perbedaan pendapat antar karyawan adalah salah satu permasalahan yang bisa ditemui di perusahaan manapun, baik startup maupun perusahaan maju.

Tugas pemimpin perusahaan tentunya untuk segera menyelesaikan permasalahan tersebut tanpa ada pihak yang dirugikan. Permasalahan antar karyawan bisa disebabkan oleh permasalahan sepele seperti perbedaan gaji padahal berada di divisi yang sama.

Untuk meminimalisir masalah ini, Anda bisa menggunakan software Payroll untuk memudahkan mengatur perihal gaji maupun cuti karyawan secara online.

Mengadakan kegiatan outdoor

Karyawan yang terus-terusan bekerja di kantor cenderung merasa bosan dan kinerjanya menjadi kurang efektif. Perselisihan antar karyawan juga rentan terjadi karena mood tiap karyawan yang jelek.

Tidak ada salahnya untuk mengajak para karyawan untuk berkegiatan bersama secara outdoor, baik hanya sehari maupun menginap beberapa malam. Anda bisa menambahkan beberapa game kelompok yang membutuhkan kerjasama antar karyawan sehingga mereka lebih mengenal satu sama lain.

Menyatukan visi dan misi perusahaan

Menyelesaikan perbedaan pendapat antar karyawan akan lebih mudah jika Anda mengingatkan kembali visi misi perusahaan. Karyawan yang bersedia menaati peraturan perusahaan pun akan memperbaiki kesalahannya dan melakukan kerja sama tim yang lebih baik di kemudian hari.

Memberikan training

Bukan hanya kegiatan outdoor, training alias pelatihan kompetensi karyawan juga efektif untuk meningkatkan kerjasama tim karena banyaknya game kelompok yang harus diselesaikan bersama-sama.

Para karyawan pun akan memahami karakter karyawan lainnya dan bisa membantu satu sama lain untuk melakukan tugas kelompok di kemudian hari. Selain meningkatkan kerjasama kelompok, pengadaan training juga efektif untuk lebih memotivasi karyawan sehingga tidak ada lagi ada karyawan yang sering absen ataupun mengajukan cuti dadakan.

Memberikan penghargaan secara berkala

Kunci kerjasama tim bukan hanya pada karyawan, namun juga pada pemimpin yang memperhatikan kerja tim-nya. Tidak ada salahnya untuk memberikan penghargaan pada karyawan secara berkala, baik memberikan bonus ataupun predikat tertentu seperti karyawan terbaik bulan ini yang akan memotivasi karyawan untuk bekerja lebih baik lagi.

Pastinya sekarang Anda sudah tidak bingung lagi membangun tim yang solid setelah pembahasan barusan kan? Selain memperhatikan kerja tim, Anda juga perlu memikirkan aspek perusahaan lainnya seperti gaji yang bisa dikelola melalui software Payroll .

Gaji yang diberikan tepat waktu akan membuat karyawan semakin bersemangat bekerja dan keuangan perusahaan makin stabil. Gaji karyawan lebih mudah dikelola apabila Anda mengandalkan software Payroll terbaik seperti Payroll Bozz.

Payroll Bozz sudah bekerjasama dengan 150,000 klien dan siap membantu Anda untuk mengelola gaji, absensi karyawan, bahkan keuangan perusahaan yang bisa dilakukan di mana saja karena menggunakan software Payroll terbaik.

Selain itu, Payroll Bozz juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang memudahkan Anda untuk memantau perkembangan perusahaan melalui smartphone, lho! Kapan lagi mengelola perusahaan dengan mudah kalau bukan bersama Payroll Bozz?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *