5 Bagian Penting dari Alat Pembuat Espresso yang Harus Kamu Ketahui

sumber : mesinkopi.me

Memiliki alat espresso adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan, terutama ketika kamu akan membuat sebuah warung kopi. Pasalnya alat untuk membuat espresso ini menentukan bagaimana kualitas variasi kopi kamu yang lain. Espresso sendiri adalah sebutan dari sari yang didapatkan dari pemerasan bubuk kopi dengan cara yang benar. Jenis kopi ini merupakan dasar dari pembuatan variasi kopi lain seperti Americano, long black, coffee latte dan jenis kopi lainnya.

Untuk menciptakan espresso yang enak, maka kamu perlu menggunakan teknik dan alat yang tepat. Alat yang tepat untuk digunakan dalam pembuatan espresso ini bisa ditemukan dalam bentuk otomatis dan juga alat kopi manual. Untuk kamu yang penasaran dengan bagian dari peralatan yang bisa digunakan untuk membuat kopi ini berikut adalah ulasannya.

Bagian portafilter

sumber : ottencoffee.co.id

Bagi pertama yang paling penting dalam alat espresso adalah bagian portafilter. Bagian ini merupakan bagian yang digunakan untuk wadah dari bubuk kopi yang akan diekstraksi dan terdiri dari 3 komponen yaitu handle, wadah dan spout.

Bagian pendidih air

sumber : wimiu.com

Selanjutnya bagian dari sebuah mesin espresso yang tidak kalah penting adalah bagian pendidih yang berbentuk tabung. Bagian ini merupakan bagian yang digunakan untuk menyimpan air terutama air panas. Air panas ini nantinya digunakan untuk memberikan air pada bubuk kopi sehingga dihasilkan espresso panas atau bisa juga digunakan untuk membuat buih susu panas.

Bagian Group head

sumber : restocoffee.co.id

Bagian selanjutnya yang penting dalam pembuatan kopi adalah bagian Group head. Bagian ini adalah salah satu bagian yang digunakan untuk memberikan tekanan tinggi pada bubuk kopi. Tekanan tinggi yang diberikan pada bubuk kopi dari alat kopi manual ini nantinya akan membantu kamu untuk melakukan ekstraksi pada bubuk kopi yang sudah kamu siapkan.

Bagian group head ini digunakan untuk memberikan air panas pada bubuk kopi yang sudah disiapkan pada wadah lalu akan dihasilkan ekstraksi kopi. Selanjutnya, bubuk kopi yang nantinya akan digunakan untuk membuat kopi akan menghasilkan espresso yang super berkualitas. Pada mesin pembuat espresso yang otomatis bagian ini tidak akan ditemukan karena sistem yang dimilikinya memang tidak membutuhkan bagian ini.

Bagian tombol ekstraksi

sumber : kopipuntang.id

Selanjutnya adalah bagian tombol ekstraksi. Bagian ini memiliki fungsi menjalankan atau mengakhiri fungsi ekstraksi dari sebuah mesin pembuat espresso. Bagian ini hanya akan kamu temukan pada bagian mesin espresso yang otomatis saja.

Bagian steam wand

sumber : sesamecoffee.co.id

Untuk kamu yang akan membuat coffee latte, espresso yang dihasilkan akan dicampur dengan menggunakan susu dan ditambah buih susu di atasnya. Untuk membuat buih susu ini alat espresso biasanya dilengkapi dengan steam wand. Steam wand ini digunakan untuk menyemburkan udara panas dari tabung pendidih air sehingga bisa digunakan untuk membuat buih susu sesuai dengan yang diinginkan. Selain digunakan untuk membuat kafélatte, penggunaan steam wand ini juga sangat penting dalam pembuatan cappucino dan juga mochachino karena varian kopi ini memang membutuhkan buih susu. Untuk bisa menggunakan bagian ini, maka sebuah mesin pembuat espresso akan dilengkapi dengan steam knob untuk menghidupkan dan mematikan fungsi dari steam wand.

Selain itu masih ada banyak bagian dari alat kopi manual lainnya yaitu tamper yang digunakan untuk memadatkan bubuk kopi, drip tray dan juga Knock box.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *