4 Bentuk Monetisasi Blog

Memiliki blog ternyata bisa menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Tumbuhnya teknologi digital membuat blog atau website menjadi salah satu ladang untuk mencari uang. Namun mendapatkan uang melalui website atau blog ini bukanlah seperti mencari uang pada umumnya. Ada beberapa syarat dan cara monetisasi blog yang bisa pilih oleh para blogger.

Monetisasi merupakan sebutan untuk mendapatkan uang dari blog atau website. Terdapat cara-cara yang bisa dipilih. Berikut ini penjelasannya.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

1. Melalui kerja sama dengan brand

Bekerja sama dengan brand bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang dari blog atau website. Bentuk kerja sama ini sering juga disebut sebagai afiliasi atau program afiliasi.

Sistem kerja sama yang dilakukan biasanya sebuah perusahaan memasukkan produk mereka untuk dipromosikan di blog atau web tersebut. Biasanya sistem pembayarannya menggunakan cara bagi komisi atau bagi hasil.

Namun ada juga bentuk afiliasi dalam wujud kode refferal. Semakin banyak orang yang menggunakan kode referral milik Anda semakin banyak juga komisi atau uang yang akan Anda terima.

2. Uang dari Iklan

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari blog atau website yaitu melalui iklan. Sudah bukan rahasia lagi jika iklan yang ada di web atau platform media sosial lainnya memang bisa mendatangkan uang.

Salah satu iklan yang paling sering ditemui pada berbagai web yaitu Google Adsense. Berbeda dengan program afiliasi, pemasangan iklan di web ini tidak ada pembagian komisi atau sejenisnya. Untuk mendapatkan uang dari iklan ada perhitungannya sendiri dan biasanya setiap iklan memiliki perhitungan yang berbeda.

Sayangnya pada sistem monetisasi ini pemilik blog tidak mengatur iklan yang akan terpasang di kanal miliknya. Jadi biasanya ada iklan yang tidak sesuai dengan konteks web yang membuat value dari web tersebut menjadi berkurang.

3. Melalui sponsorship

Pilihan cara selanjutnya yaitu sponsorship. Cara ini mirip dengan iklan hanya saja pemilik web bisa lebih mengatur promosi yang masuk. Sistem kerja dari monetisasi ini yaitu, nantinya pemilih web akan mempromosikan sebuah produk kemudian mendapatkan uang dari jasa promosi tersebut.

Model ini lebih banyak menghasilkan uang namun sulit untuk melakukan bentuk monetisasi ini. Sebab biasanya sebuah brand atau perusahaan hanya akan melakukan kerja sama dalam bentuk sponsorship dengan blog atau web yang dikenal luas. Maka dari itu, sebelum bisa melakukan sponsorship Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa web Anda memiliki performa yang bagus.

4. Endorsment

Cara ini mungkin tidak menghasilkan uang cash seperti model monetisasi lainnya. Endorsment identik dengan pemberian produk gratis dari sebuah brand untuk di promosikan oleh blogger tersebut. Biasanya produk yang diberikan merupakan produk yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari seperti makanan, minuman, atau keperluan harian lainnya.

Jika beruntung Anda juga bisa mendapatkan monetisasi endorsment seperti tiket perjalanan atau paket liburan. Seperti sponsorship, endorsment juga lumayan sulit untuk di dapat. Butuh usaha lebih agar bisa mendapatkan monetisasi ini. Memperbaiki traffic dan performa dari web adalah salah satu upayanya.

Demikian 4 syarat dan cara monetisasi blog yang umum saat ini. Kedepannya bentuk monetisasi bisa saja berubah, tidak menutup kemungkinan jika nantinya bentuk monetisasi akan lebih beragam lagi. Yang terpenting adalah tingkatkan kualitas web Anda, maka uang akan datang dengan sendirinya.