Waspadai Penyebab Kulit Kepala Gatal

 Rambut

Waspadai Penyebab Kulit Kepala Gatal – Beberapa orang mengalami masalah atau keluhan kulit kepala yang gatal yang mana membuat mereka tidak kuasa menahan godaan untuk menggaruk kepalanya secara terus menerus hingga rasa gatal itu mereda. Penyebab kulit kepala gatal yang paling umum adalah ketombe, menurut Jessica Wu, M.D., seorang asisten dari profesor dermatologi klinis di University of Southern California Medical School, ketombe disebabkan oleh pertumbuhan serta perkembangan jamur yang over aktif. Namun ternyata masih ada beberapa penyebab lain yang membuat kulit kepala menjadi gatal. Berikut ini beberapa penyebab kulit kepala menjadi gatal yang harus Anda ketahui dan bagaimana cara mengatasinya.

Ketombe atasi dengan tea tree oil
Penyebab kulit kepala gatal yang ini hampir pernah dialami oleh setiap orang. Kulit kepala berketombe akan menyebabkan gatal-gatal yang sangat tidak diinginkan, mereka yang mengalami akan berusaha dengan sebaik mungkin untuk mengatasi rambut berketombe dengan menggunakan produk perawatan rambut yang tepat. Selain menggunakan produk perawatan rambut berketombe, kulit kepala yang gatal pun bisa diatasi dengan menggunakan tea tree oil. Selain dengan menggunakan tea tree oil, Anda pun bisa menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak kalah efektifnya, seperti air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dengan tambahan madu murni.

Waspadai Penyebab Kulit Kepala GatalReaksi alergi dari produk tertentu
Penyebab kulit kepala gatal lainnya adalah reaksi alergi yang berasal dari produk perawatan rambut yang biasa Anda pakai setiap harinya. Kebiasaan Anda yang terlalu sering mengeringkan rambut dengan menggunakan hair dryer atau kebiasaan Anda menggunakan hair spray akan membut kulit kepala menjadi lebih kering dan teriritasi.

Maka dari itu, upayakan untuk meminimalisir penggunaan peralatan styling tersebut disaat Anda tidak benar-benar membutuhkannya, rasanya tidaklah bijak jika Anda menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut saat Anda hanya akan berdiam diri di rumah, cukup dengan mendiamkan rambut dan membiarkannya sampai kering secara alami dan bila Anda terpaksa untuk menggunakannya.

Faktor lingkungan
Selain ketombe juga produk perawatan rambut, faktor lingkungan pun bisa memicu kulit kepala menjadi gatal. Kelembaban udara yang rendah dengan lingkungan yang dingin atau efek angin dan juga matahari akan membuat kulit kepala teriritasi dan pada akhirnya menjadi gatal.

Menurut Lefkowicz, untuk mengembalikan kelembaban rambutnya, seseorang harus mengawalinya dengan cara meningkatkan kelembaban rambut dan usahakan untuk tidak menggunakan air panas disaat mencuci rambut karena air panas tersebut akan menghapus minyak alami yang ada di kulit kepala Anda yang akan membut kulit kepala menjadi kering dan lebih sensitif, untuk mengatasi kondisi ini, sangat disarankan untuk melembabkan rambut dengan menggunakan kondisioner.

Psoriasis
Tidak selamanya kulit kepala yang gatal disebabkan oleh ketombe, adakalanya rasa gatal pada kulit kepala terjadi karena masalah yang serius. Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang mana akan mengenai kulit, ditandai dengan timbulnya sisik yang disertai dengan rasa gatal atau perih. Apabila sisik dilepaskan/digaruk maka akan menimbulkan darah di bawah permukaan kulit. Yang lebih parah, jikalau kulit kepala berdarah disaat Anda menggaruk keraknya, disertai pula dengan nanah, hal ini bisa diindikasikan sebagai infeksi staph. Penyakit syaphylococcal yang terjadi pada kulit disebabkan oleh penumpukan nanah, area yang terpengaruh akan menjadi kemerahan, membengkak dan menyakitkan.

Kutu rambut
Penyebab kulit kepala gatal yang sebaiknya Anda hindari adalah kutu rambut, hama di rambut dan kulit kepala ini akan menggigit kulit kepala dan menghisap darah yang kemudian mengakibatkan kulit kepala bentol dan terasa gatal. Atasi kutu rambut dengan produk pembasmi kutu atau bahan alami yang tepat.

Related Posts

Leave a Reply