Waspada Ragam Penyebab Gigi Keropos Ini

 Wajah

Waspada Ragam Penyebab Gigi Keropos Ini – Gigi keropos menunjukkan jika keadaan gigi Anda sangatlah rapuh dan tidak sehat, gigi keropos bisa disebabkan oleh kebiasaan malas menyikat gigi, kurangnya mineral serta kalsium atau kebiasaan mengkonsumsi makanan yang manis dan lengket.

Gigi keropos bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa, untuk mencegah gigi keropos kita harus menyikat gigi 2x setiap hari, kebiasaan baik ini akan menjaga kekuatan dan kesehatan gigi sehingga gigi tidak mudah rusak, namun sayangnya gigi keropos masih bisa terjadi walaupun Anda rajin menyikat gigi, kemungkinan ini berpulang besar terjadi pada mereka yang memiliki sifat bawaan maupun faktor keturunan. Simak dengan baik beberapa penyebab gigi keropos di bawah ini.

Waspada Ragam Penyebab Gigi Keropos IniAkumulasi plak pada gigi
Plak terjadi akibat konsumsi makanan tinggi karbohidrat, seperti nasi, gula dan berbagai makanan yang memiliki kandugnan perekat, mulai dari roti, susu, soda, sereal, permen dan masih banyak lagi. Bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut akan mencerna sisa-sisa makanan dean merubahnya menjadi asam atau acid. Sisa makanan, asam dan bakteri dan juga air liur yang menjadi satu dengan plak akan menempel dengan sangat baik pada gigi kita.

Selanjutnya, asam yang dikeluarkan plak, secara bertahap akan mengikis lapisan email pada gigi sehingga mengakibatkan terbentuknya lubang pada gigi yang biasa kita sebut dengan karies atau calvities. Keropos pada gigi biasanya terjadi akibat dari zat asam yang menghancurkan jaringan-jaringan lunak pada gigi. Plak yang tidak dibersihkan dengan baik setiap harinya secara bertahap akan berubah menjadi karang gigi dan lama kelamaan akan mengakibatkan kerusakan terus menjalar ke dentin serta pulpa.

Konsumsi korbohidrat yang tinggi
Salah satu penyebab gigi keropos adalah karena konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Karbohidarat ini bisa datang dari jenis makanan apa saja, mulai dari roti, permen hingga nasi. Konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat ini biasanya kita lakukan setiap hari padahal dengan mengkonsumsi jenis makanan ini risiko gigi keropos menjadi jauh lebih besar. Anda bisa mulai mencoba untuk mengurangi konsumsi karbohidrat yang tinggi sehingga gigi tidak mudah mengalami pengeroposan.

Kurang mineral dan kalsium
Kurangnya konsumsi makanan yang tinggi akan mineral dan kalsium ditengarai menjadi salah satu dari penyebab gigi keropos yang masih bisa Anda atasi dengan sangat baik. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak kecil, biasanya anak kecil akan mengalami pengeroposan gigi karena kebiasaannya minum susu dan setelah minum susu tidak menyikat gigi dengan baik dan benar hingga sisa-sisa susunya hilang. Plak yang menumpuk akibat dari sisa susu ini akan membuat gigi mengalami pengeroposan.

Gemar mengkonsumsi makanan manis
Anak-anak suka sekali mengkonsumsi makanan yang manis, padahal makanan manis ini bisa membuat gigi rusak dan mengalami pengeroposan. Apalagi jika kebiasaan makan makanan dan minuman manis tidak diimbangi dengan perawatan kebersihan gigi. Gigi susu anak yang keropos ini akan digantikan dengan gigi tetap, namun tidak menutup kemungkinan jika anak yang telah memiliki gigi tetap akan mengalami pengeroposan gigi apabila kebiasaannya makan makanan manis tidak diimbangi dengan perawatan gigi yang berguna untuk membersihkan gigi dari sisa makanan manis tersebut.

Faktor keturunan
Penyebab gigi keropos yang lainnya adalah faktor keturunan, ibu yang memiliki gigi keropos bisa menurunkan gigi keropos pada anaknya, hal ini bisa saja terjadi apabila gen ini ikut terbawa pada anaknya.

Related Posts

Leave a Reply