Waspada Penyakit Psoriasis Gejala: Kulit Kering dan Gatal

 Badan

Waspada Penyakit Psoriasis Gejala: Kulit Kering dan Gatal – Anda yang memiliki kulit kering, gatal dan berkerak patut merasa khawatir, karena bisa jadi Anda mengalami penyakit psoriasis. Psoriasis adalah jenis penyakit kulit yang akan memengaruhi siklus hidup dari sel-sel kulit dimana sel-sel kulit tersebut terbangun dengan cepat, lantas membentuk sisik yang tebal, kulit kering dan gatal bahkan menimbulkan luka merah dan terasa menyakitkan. Banyak orang yang menganggap remeh gejala ini, mereka menganggap jika kulit kering dan bersisik merupakan hal biasa, bukan termasuk pada penyakit. Akan tetapi, untuk beberapa orang, penyakit kulit ini dapat melumpuhkan tubuhnya, terutama disaat penyakit ini telah berhubungan dengan arthritis. Berikut ini jenis-jenis penyakit psoriasis:

Psoriasis plak
Penyakit kulit ini merupakan jenis penyakit psoriasis yang paling umum. Seseorang yang mengalami penyakit ini, kulitnya akan ditutupi oleh sisik berwarna keperakan, yang terasa kering serta menimbulkan plak maupun luka berwarna merah pada kulit yang selanjutnya akan menimbulkan rasa gatal yang menyakitkan. Bila plak sudah parah, kulit akan mengalami keretakan dan berdarah. Dan semua bagian tubuh akan mengalami jenis penyakit ini, tidak terkecuali dengan alat kelamin Anda.

Kulit Kering dan GatalPsoriasis kuku
Psoriasis ini akan memengaruhi bagian kuku serta menyebabkan pertumbuhan kuku menjadi tidak normal lantas kuku akan mengalami perubahan warna. Psoriasis kuku akan menyebabkan kuku Anda menjadi longgar bahkan terlepas dari kulit. Apabila penyakit psoriasis kuku ini sudah parah, tidak menutup kemungkinan kuku akan copot.

Psoriasis kulit kepala
Kulit kering dan gatal yang terjadi pada kulit kepala bisa disebabkan oleh banyak faktor, lalu bagaimana bila hal itu disebabkan oleh psoriasis kulit kepala. Apabila kulit kepala Anda terserang dengan penyakit ini maka secara otomatis kulit kepala menjadi kemerahan, terasa gatal dan bermunculan sisik putih keperakan di kulit kepala. Disaat Anda menggaruknya, serpihan kulit mati akan nampak di rambut maupun bahu Anda.

Psoriasis pustular
Penyakit ini merupakan penyakit psoriasis yang jarang sekali terjadi, apabila Anda mengalami penyakit ini, kulit akan terluka dalam ukuran yang kecil dan besar di daerah tangan, ujung jari maupun kaki, penyakit ini akan berkembang dengan sangat cepat dan mengakibatkan kulit Anda melepuh dan berisi cairan nanah, kulit yang melepuh akan kering kurang lebih selama 2 hari akan tetapi dapat muncul lagi setiap beberapa hari maupun beberapa minggu, jikalau Anda mengalami penyakit ini, tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami kulit kering dan gatal yang parah, demam, menggigil dan kelelahan.

Psoriasis inverse
Merupakan jenis penyakit yang akan menyerang kulit di daerah ketiak, selangkangan, di sekitar alat kelamin dan di bawah payudara. Apabila kulit Anda mengalami penyakit ini, bercak kemerahan akan muncul dan semakin lama bila dibiarkan saja akan mengalami peradangan. Penyakit kulit ini biasanya dialami oleh meraka yang memiliki kelebihan berat badan yang mana akan diperparah oleh gesekan serta keringat.

Guttate psoriasis
Merupakan jenis penyakit yang dipicu oleh infeksi bakteri, contohnya adalah radang tenggorokan yang mana biasa memengaruhi orang yang berusia kurang dari 30 tahun. Gejala awal dari penyakit ini adalah munculnya luka kecil berbentuk seperti tetesan air di lengan, kaki, serta kulit kepala. Kemudian, luka tersebut akan ditutupi oleh sisik halus namun tidak lebih tebal dari plak.

Kulit kering dan gatal yang Anda alami bisa jadi adalah gejala awal dari penyakit psoriasis, bila penyakit kulit tidak kunjung sembuh namun menjadi lebih parah segera lakukan pengobatan.

Related Posts

Leave a Reply