Variasi Buah yang Bagus Untuk Diet

 Diet

Variasi Buah yang Bagus Untuk Diet – Faktanya tidak semua jus buat itu menyehatkan dan baik untuk dikonsumsi selama Anda melakukan program diet, buah kaya akan serat dan vitamin juga antioksidan namun dalam beberapa kasus, beberapa jenis buah terlebih itu yang sudah dicairkan memiliki kandungan gula serta kalori yang jauh lebih besar dibandingkan buah yang masih utuh dan dimakan secara langsung. Supaya tidak termakan jebakan buah sehat yang sebenarnya tidak terlalu sehat, simak beberapa jenis buah yang bagus untuk diet dan menyehatkan di bawah ini.

Apel
Buah apel bisa dikonsumsi secara langsung tanpa dikupas dan dipotong terlebih dahulu atau dibuat menjadi jus buah bebas gula karena rasa apel sudah cukup manis. Jus apel hanya memiliki kandungan kalori sebanyak 117 per sajian delapan onsnya. Di dalam sari buah apel, terkandung polifenol, yang mana merupakan jenis antioksidan yang mampu untuk melawan penyakit kanker.

Selain mengandung polifenol, apel juga tinggi akan zat besi serta vitamin C. Nutrisi yang terdapat di dalam jus buah apel mungkin tidak sebanyak jika kita mengkonsumsinya secara utuh langsung tanpa diolah terlebih dahulu karena sebagian besar kandungan serat dan nutrisi terdapat di dalam kulit apel. Maka dari itu, jika Anda ingin membuat jus buah apel, usahakanlah untuk mengikutsertakan kulit apelnya sekalian dan diminum tanpa disaring sehingga kandungan nutrisinya setara dengan nutrisi buah apel utuh.

Variasi Buah yang Bagus Untuk DietCranberry
Buah yang bagus untuk diet selain buah apel adalah buah cranberry. Cranberry memiliki kandungan vitamin C, antioksidan serta flavonoid yang mana baik untuk menjaga kesehatan jantung serta bersifat anti-bakteri. Buah cranberry hanya memiliki kalori sebanyak 116 tiap sajian delapan onsnya.

Buah cranberry memiliki rasa yang agak masam, tidak cocok bagi Anda yang menggemari makanan atau minuman manis atau bagi penderita maag. Menambahkan gula pasir juga bukanlah tindakan yang tepat karena hanya akan meningkatkan kadar kalori saja, jus buah cranberry ini baiknya dikonsumsi setiap hari setelah makan siang maupun makan malam.

Anggur
Buah yang bagus untuk diet adalah buah anggur. Varian buah anggur cukup banyak dan dari semua jenisnya, masing-masing memiliki cita rasa yang lezat. Di dalam 8 ons buah anggur merah terdapat 154 kalori. Buah anggur termasuk dalam kelompok buah berries yang kaya akan resveratol, merupakan senyawa pada kulit buah anggur yang dinilai efektif untuk mencegah penyakit kanker. Buah anggur juga tinggi vitamin C serta potassium. Pilih buah anggur merah daripada buah anggur putih disaat Anda ingin membuat jus anggur karena buah anggur merah lebih banyak resveratrol di bagian kulitnya.

Grapefruit
Buah ini memiliki kalori sebanyak 96 dan kaya akan vitamin C, likopen, potassium, serta beta karoten. Grapefruit dipercayai mampu menimbulkan reaksi apabila digabungkan dengan obat-obatan tertentu, akan membuatnya menetap lebih lama di dalam pembuluh darah, maka dari itu, disaat Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi grapefruit supaya lebih aman.

Jeruk
Buah ini kaya akan mineral, vitamin C, asam folat dan juga potassium, buah jeruk mengandung 110 kalori. Di dalam jus jeruk kemasan biasanya terdapat tambahan nutrisi, mulai dari kalsium, asam lemak omega 3 hingga vitamin D, namun biasanya kandungan gulanya pun banyak, maka dari itu, biasakanlah untuk mengkonsumsi jus jeruk buatan sendiri tanpa tambahan gula atau cukup makan buah jeruk secara langsung tanpa dibuat jus.

Related Posts

Leave a Reply