Trik Mengatasi Gigi Berlubang Dengan Sikat Gigi

 Wajah

Trik Mengatasi Gigi Berlubang Dengan Sikat Gigi – Gigi terasa nyeri, gusi membengkak atau nyut-nyutan merupakan beberapa gejala dari sakit gigi yang bisa saja disebabkan oleh gigi berlubang. Gigi berlubang terjadi ketika ada sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi atau sela-sela gigi yang kemudian dicerna oleh kuman yang kemudian membentuk karies gigi, bila sudah sangat parah karies ini akan mengkis gigi dan membuat gigi berlubang semakin lama semakin luas hingga menyisakan sedikit gigi dengan permukaan dalam yang berwarna kecoklatan atau kehitaman.

Gigi berlubang akan membuat kita merasa tidak nyaman terlebih jika gigi yang berlubang itu merupakan gigi geraham yang biasa digunakan untuk mengunyah makanan, aktivitas menyantap makanan jadi terganggu karena gigi geraham tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik. Agar gigi berlubang tidak membuat Anda merasa tidak nyaman dan semakin tidak nyaman setiap harinya, segera lakukan perawatan dengan mengatasi gigi berlubang dan berbagai permasalahan seputar kesehatan gigi dari akarnya menggunakan berbagai cara di bawah ini.

Trik Mengatasi Gigi Berlubang Dengan Sikat GigiSikat gigi dengan teknik tepat
Atasi masalah gigi dengan sangat mudah, yakni dengan menyikat gigi dengan teknik yang tepat. Dalam sebuah penelitian, rata-rata orang dewasa di Inggris hanya menyikat gigi mereka selama 40 detik bukannya 2 menit sebagaimana yang telah direkomendasikan setiap harinya.

Karena Coates, merupakan seorang Penasihat Gigi di British Dental Health Foundation, ia mengatakan jika penelitian ini menunjukkan bahwa sikat gigi elektrik yang tidak digunakan dengan baterai mampu membersihkan 45% lebih efektif dibandingkan dengan sikat gigi manual.

Untuk anak-anak sebaiknya menerapkan kebiasaan menyikat gigi setiap hari secara teratur, biasakan untuk menggunakan sikat gigi berbulu lembut dengan kepala sikat yang kecil, ujung bulatan dan pegangan yang membuat anak jadi lebih mudah untuk memegangnya. Anda bisa memberikan anak-anak sikat gigi elektrik disaat mereka merasa siap dan disaat Anda sudah memastikan jika itu adalah waktunya. Usahakan untuk memilih jenis sikat gigi elektrik yang tepat sesuai dengan umur dan kebutuhan anak.

Sikat gigi dengan benar
Mengatasi gigi berlubang bisa menjadi hal yang mudah disaat Anda menyikat gigi dengan benar. Lantas bagaimana cara menyikat gigi yang benar itu.

  • Pertama, bagi darah mulut hingga menjadi 4 bagian yang terpisah dan habiskanlah wakti selama 30 detik di setiap bagiannya. Miringkan kepala sikat sampai 45 derajat hingga bulu sikat yang lembut bisa menghadap ke arah depan dan mulai dengan sudut yang lebih jauh.
  • Sikat di bagian luar atau dekat ke pipi dan juga bibir hingga bagian lainnya yang akan terlihat disaat Anda tersenyum.
  • Lakukan gerakan melingkar dengan perlahan-lahan, hitung sebanyak 3 detik setiap giginya jika Anda menyikat gigi dengan cara manual
  • Apabila Anda menyikat gigi dengan memakai sikat gigi listrik sebagai tindakan mengatasi gigi berlubang, lakukan kurang lebih selama 3 detik dan terus berpindah di sepanjang gusi.
  • Disaat Anda mencapai gigi depan, kembalilah ke titik awal untuk membersihkan bagian terdalam atau permukaan gigi selama 3 detik per gigi
  • Dan kembali ke gigi bagian depan untuk terakhir kalinya dan sikatlah gigi. Ulangi untuk semua bagiannya.
  • Buang busa pasta gigi namun janganlah membilas gigi dan jangan membasahi sikat gigi terlebih dahulu sebelum sikat gigi diberikan pasta gigi yang mengandung ekstra fluoride.
  • Dan tunggu kurang lebih selama setengah jam sebelum kemudian makan dan minum.

Mengatasi gigi berlubang bisa dilakukan dengan menerapkan dua cara mudah di atas sebagai jembatan untuk merawat kesehatan dan kebersihan gigi dengan sebaik mungkin.

Related Posts

Leave a Reply