Tips Turunkan Berat Badan dengan Puasa

 Diet

Tips Turunkan Berat Badan dengan Puasa – Sudah sering diberitakan bahwa puasa sangat bermanfaat dalam bidang kesehatan. Saat kita berpuasa, maka ginjal dan hati akan berhenti beraktivitas sejenak sehingga dapat membantu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Namun selain itu, berpuasa ternyata juga dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan.

Ya, beberapa orang justru menjadikan momen bulan ramadhan sebagai kesempatan untuk menurunkan berat badan karena di saat lingkungan sekitar kita tidak makan, maka kita pun tidak akan ingin makan juga.

Beberapa orang yang berusaha menurunkan badan tersebut ternyata tidak seluruhnya berhasil. Beberapa mengaku berhasil, dan sisanya justru mengeluh karena berat badannya bertambah. Nah, di bawah ini adalah beberapa tips untuk turunkan berat badan anda dengan puasa :

l

Berbuka dengan yang Manis?

Sah-sah saja jika anda ingin berbuka dengan yang manis-manis karena hal tersebut adalah salah satu dari sunnah rasul. Tapi anda harus ingat bahwa minuman manis yang biasa anda santap saat berbuka puasa memiliki kandungan kalori berlebih, kalori tersebut dapat membuat berat badan anda bertambah pastinya. Karena itulah, ganti minuman manis dengan kudapan manis seperti kurma, buah, cokelat hitam, atau kudapan manis favorit anda lainnya.

Kurma? Ya, kurma. Meskipun kadar gulanya tinggi, namun kurma memiliki sifat lambat dicerna oleh tubuh sehingga dapat memudahkan anda yang sedang menjalankan diet.

 

Buatlah Jarak Lebar-lebar Antara Anda dan Kue-kue

Saat bulan puasa, seringkali kita mendapatkan parsel yang berisi beberapa kue dan minuman seperti sirup atau yang lainnya untuk persiapan Hari Raya Idhul Fitri. Nah, di saat-saat itulah timbul keinginan untuk mencicipi kue tersebut. Kalau sudah begitu, belajarlah menahan nafsu untuk melahap kue-kue tersebut. Ingat, sekarang anda sedang menjalani diet untuk turunkan berat badan, kan?

 

Serat Jangan Lupa

Tambahkan sayuran lebih banyak dalam masakan yang anda buat untuk buka puasa dan sahur. Selain jenis sayuran, anda juga bisa mengonsumi buah-buahan dan gandum. Gandum selain dapat menggantikan peran nasi juga dapat untuk memenuhi kebutuhan serat anda. Kandungan sayur, buah, dan gandum yang tinggi sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan dan jantung, selain itu ketiga jenis makanan tersebut juga dapat membuat anda kenyang lebih lama alias tidak mudah merasa lapar.

 

Say No to Gorengan!

Camilan yang satu ini adalah camilan yang sering diburu ketika malam hari, termasuk saat di bulan ramadhan sekalipun. Namun, anda harus dapat mengontrol nafsu makan anda. Ingatlah seberapa banyak kalori yang akan masuk ke dalam tubuh anda jika anda mengkonsumsi gorengan.

 

Masukkan Sup ke dalam Menu Sahur Anda

Kuah sup ternyata dapat membuat pencernan anda lebih lancar sehingga anda tak akan mudah merasa lapar. Ketika sahur juga jangan langsung makan dalam porsi besar karena dapat menyebabkan anda merasa lapar hanya dalam hitungn jam.

 

Makan Lebih Banyak Saat Sahur

Ya, makanlah lebih banyak pada saat anda sahur daripada saat anda berbuka. Meskipun anda merasa malas karena baru bangun dari tidur, usahakanlah untuk terus makan tapi jangan terlalu berlebihan. Hal ini nantinya akan mencegah terjadinya kelonjakan gula darah anda dan penumpukan lemak di saat anda berbuka di malam hari.

 

Air Putih

Air putih dapat menghilangkan racun dari tubuh, dan dapat melancarkan proses diet anda. Karena itulah usahakan untuk meminum 5 – 6 gelas air putih pada saat sahur maupun pada saat berbuka puasa.

Ya, itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan agar diet untuk turunkan badan anda saat puasa dapat berjalan lancar dan dapat mengurangi bukannya malah menambahi bobot anda.

Related Posts

Leave a Reply