Tips Merawat Wajah yang Kusam dan Berminyak

 Wajah

Tips Merawat Wajah yang Kusam dan Berminyak – Perawatan wajah berbeda dengan perawatan kulit di bagian tubuh lainnya karena wajah adalah bagian tubuh yang sering dipoles dengan kosmetik, selain itu wajah mempunyai banyak kelenjar keringat dan sebasea yang dapat membuat wajah mudah lengket, kusam, kotor, dan berkeringat saat cuaca panas. Saat cuaca panas seringkali wajah kita terlihat lebih berminyak dan kusam, nah di bawah ini adalah solusi untuk mengatasi wajah yang kusam dan berminyak:

  1. Aturlah Jam Tidur Anda

Hal yang sepele tapi juga yang paling sulit dilakukan adalah tidak boleh begadang. Kebanyakan perempuan biasa tidur larut malam karena beberapa alasan. Entah itu karena lembur kerja, hangout bersama kawan-kawan, menonton acara kesukaan di televisi, ataupun alasan yang lainnya. Meski begitu, usahakan untuk tidur selama 7-8 jam sehari. Kalau anda tetap tidur terlalu larut, keseimbangan hormonal dalam tubuh anda akan terganggu dan akibatnya wajah anda akan terlihat berminyak dan kusam.

  1. Makanlah yang Sehat

Memilah-milah makanan yang baik untuk dikonsumsi juga merupakan hal yang sepele namun sangatlah sulit untuk dilakukan. Meski begitu, anda tetap harus memilih makanan demi kesehatan dan kecantikan tubuh dan wajah anda. Ya, makanan juga bisa mempengaruhi kondisi wajah anda. Jangan makan mie instant atau makanan cepat saji lainnya, serta makanan yang berlemak dan berminyak secara berlebih.

  1. 4Air Putih Jangan Lupa

Siapa yang tidak kenal dengan air putih? Minuman yang satu ini sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, termasuk juga kesehatan kulit. Air yang anda minum dapat mengeluarkan racun dari tubuh anda dan mencegah dehidrasi, selain itu masih banyak sekali manfaat dari air putih. Biasanya orang yang suka meminum air putih akan memiliki kulit yang terlihat sehat dan segar.

  1. Bersihkan Secara Teratur

Membersihkan wajah dua kali sehari setiap pagi dan malam sebelum tidur dengan menggunakan sabun pembersih adalah hal paling dasar yang harus diketahui untuk perawatan wajah. Kebanyakan artis yang ditanyai apa rahasia wajah mereka yang terlihat terawat adalah membersihkan muka dua kali sehari.

  1. Pakai Masker Juga

Untuk mengelupas sel-sel kulit mati dan untuk mencerahkan kulit adalah salah satu fungsi masker. Sebaiknya gunakan masker alami untuk mengurangi resiko alergi atau iritasi. Gunakan masker alami seperti apel, dan pepaya.

  • Masker Apel

Untuk membuat masker apel, anda bisa memblender apel, lalu mencampurnya dengan madu dan air mawar, setelah itu oleskan pada wajah anda. Gunakan secara rutin agar wajah anda terlihat awet muda dan lebih cerah. Apel memiliki banyak kandungan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel kulit, apel juga mengandung kolagen dan elastin.

  • Masker Pepaya

Pepaya bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, menghilangkan sel-sel kulit mati, dan membuat kulit terlihat lebih cerah karena kandungan antioksidan dan zat papainnya. Untuk membuat masker pepaya, haluskan beberapa potongan pepaya, kemudian oleskan pada wajah dan leher anda.

  1. Daun Seledri Juga Bisa

Jika anda sedang malas dan tidak berminat untuk membuat atau menggunakan masker, ada cara alternatif lainnya, yaitu dengan daun seledri yang dapat membuat kulit anda lebih indah dan segar. Caranya?

  • Cuci hingga bersih 1-2 genggam daun seledri.
  • Potong seledri tersebut hingga menjadi bagian yang kecil-kecil.
  • Selama 20 menit, rebus daun seledri yang sudah dipotong tersebut.
  • Angkat, lalu diamkan daun seledri yang telah direbus sampai dingin.
  • Oleskan daun seledri tersebut sampai air daun seledri meresap di wajah anda.
  • Bilas dengan air bersih ketika sudah mengering.

Ya, itulah beberapa tips perawatan wajah untuk wajah yang kusam dan berminyak. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply