Tips Merawat Rambut Agar Tetap Cantik

 Rambut

Tips Merawat Rambut Agar Tetap Cantik – Terkadang karena sibuknya aktivitas yang Anda jalani setiap harinya membut Anda kesulitan untuk merawat kesehatan rambut sehingga rambut menjadi mudah patah dan tampak kusam. Padahal, rambut adalah mahkota wanita yang patut untuk dirawat dan dijaga kesehatannya, rambut sehat dan cantik tentunya membuat Anda beberapa kali lebih percaya diri. Rambut juga bisa rusak bila terlalu sering dibiarkan saja tanpa mendapatkan perhatian sama sekali, walupun itu hanya keramas dengan sampo dan kondisioner rambut akan jauh lebih sehat. Menjaga kesehatan rambut, baiknya dengan memerhatikan beberapa tips merawat rambut di bawah ini:

Rapikan rambut
Rawatlah rambut dengan selalu menjaga kerapian rambut, rambut rapi artinya bebas dari rambut kusut dan ujung rambut yang bercabang, maka dari itu diperlukan setidaknya kesadaran diri untuk selalu memotong ujung rambut yang bercabang 4-6 minggu sekali. Memotong rambut bercabang akan mengurangi permasalahan rambut, sekaligus menjaga potongan rambut tetapi rapi.

Tips Merawat Rambut Agar Tetap CantikSampo khusus
Beberapa wanita suka tampil berbeda, salah satunya dengan mewarnai rambut mereka. Rambut yang diwarnai tentunya memiliki cara perawatan rambut yang berbeda daripada mereka yang tidak mewarnai rambutnya, dibutuhkan beberapa produk khusus untuk merawat rambut yang diwarnai, seperti sampo dan kondisioner khusus.

Usahakan untuk tidak menggosok rambut terlalu kuat disaat Anda sedang keramas serta minimalkan penggunaannya. Anda disarankan untuk keramas satu kali dalam rentang waktu 2-3 hari. Gunakan juga kondisioner khusus, fokuskan pada ujung rambut dan bersihkan rambut dari busa kondisioner hingga rambut benar-benar bersih.

Sisir bergigi jarang
Tips merawat rambut dengan mengupayakan untuk tidak menggunakan sisir bergigi rapat. Sisir bergigi rapat dapat membuat rambut kusut rontok sehingga risiko rambut untuk rusak menjadi jauh lebih tinggi. Cobalah untuk mengganti sisir rambut Anda dengan memakai sisir rambut bergigi jarang untuk mengurangi kerusakan rambut.

Coba untuk memakai hair dryer disaat rambut setengah kering
Pemakaian hair dryer sejak awal berisiko tinggi membuat kutikula rambut menjadi rusak, oleh karena itu dianjurkan untuk hanya memakai hair dryer disaat rambut berada dalam kondisi setengah kering saja untuk mengurangi intensitas waktu, karena semakin lama dan semakin panas rambut disaat Anda memakai hair dryer maka semakin besar risiko rambut rusak, rontok dan kering.

Kurangi pemakaian produk styling
Pemakaian mousse gel, hair spray dapat menghilangkan kilau sehat rambut. Maka dari itu, biasakanlah diri Anda untuk tidak lagi ketergantungan dengan produk styling tersebut. Anda dapat memakai produk styling tersebut disaat Anda benar-benar membutuhkannya saja bukan karena tuntutan penampilan.

Hindari rambut terkena zat kaporit
Zat kaporit ditemukan terdapat di dalam kolam renang, masuknya zat kaporit ke dalam rambut dan kulit kepala disaat Anda berenang dapat menyebabkan rambut menjadi mudah rusak. Segera bersihkan rambut dari sisa-sisa zat kaporit yang menempel di rambut dengan menggunakan air bersih dan sampo. Cobalah untuk tidak terlalu lama berada di dalam kolam renang terutama jika kolam renang Anda berada di luar ruangan dengan sengatan sinar matahari yang tinggi.

Gunakan produk rambut yang sesuai
Setiap orang memiliki permasalahan rambut yang berbeda, cobalah untuk mengatasi masalah rambut Anda dengan memakai produk perawatan rambut yang sesuai. Gunakan produk perawatan rambut rontok untuk mengatasi rambut rontok dan gunakan produk perawatan rambut berketombe untuk mengatasi rambut berketombe.

Tips merawat rambut akan membantu Anda menjaga kesehatan dan kecantikan mahkota kepala yang juga berperan penting dalam penampilan Anda.

Related Posts

Leave a Reply