Tips Merawat Gigi untuk Pengguna Behel

 Wajah

Tips Merawat Gigi untuk Pengguna Behel – Anda pasti setuju bahwa setiap orang harus menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. Hal ini tidak terkecuali bagi para pengguna kawat gigi loh. Jika Anda adalah salah satu pengguna kawat gigi atau behel, Anda pasti pernah merasa malas membersihkan gigi behel Anda karena merasa kesulitan untuk menggosok gigi.

Namun, perawatan gigi behel itu sangat penting lho! Karena kemungkinan sisa makanan yang tertinggal pada gigi Anda semakin besar. Sisa-sisa makanan tersebut dapat menimbulkan plak serta terus menumpuk kotoran dicelah-celah kawat gigi. Kotoran tersebut dapat membuat bakteri menjadi sangat mudah untuk berkembang biak. Akibatnya, bukan tidak mungkin malah menimbulkan masalah baru pada mulut dan gigi Anda.

Untuk melakukan perawatan gigi behel, kebanyakan dokter pasti akan menyarankan Anda untuk menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Anda juga harus menyikat gigi Anda minimal dua kali dalam sehari. Selain itu, gunakanlah sikat gigi yang memiliki bulu sikat lembut. Anda harus membersihkan gigi Anda dengan teliti, karena ada kemungkinkan banyaknya kotoran yang berada pada sela-sela kawat gigi atau behel Anda.

Tips Merawat Gigi untuk Pengguna BehelAnda dapat mulai menggosok gigi menggunakan sikat gigi proxabrush atau sikat gigi yang memiliki bentuk seperti pohon natal. Proxabrush didesain khusus agar dapat membersihkan sela di antara dua kawat. Gerakkanlah sikat gigi tersebut dari atas ke bawah serta dari bawah ke atas di antara kedua jalur kawat gigi Anda.

Lakukan beberapa kali sebelum berpindah pada area lain sehingga gigi dipastikan bersih. Setelah menyikat gigi, Anda harus kembali memastikan kebersihan gigi dan kawat gigi Anda. Atau cobalah menggunakan benang gigi untuk menghilangkan kotoran yang masih tersisa di sela-sela gigi. Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan obat kumur atau mouthwash yang juga mengandung fluoride.

Dalam melakukan perawatan gigi behel, Anda juga harus mulai memperhatikan beberapa makanan yang berkemungkinan dapat merusak kawat gigi Anda. Contohnya adalah makanan yang sulit untuk dikunyah atau makanan-makanan yang memiliki tekstur keras, sehingga membuat kawat gigi Anda tersangkut. Makanan tersebut dapat menyebabkan kawat gigi Anda longgar. Untuk mempermudah kegiatan makan Anda, potonglah makanan yang akan Anda konsumsi menjadi potongan-potongan kecil sehingga lebih mudah untuk dikunyah.

Makanan lainnya yang perlu disiasati adalah buah-buahan yang keras saat digigit, contohnya apel. Makanan yang kenyal dan lengket, seperti karamel atau gulali, juga harus Anda hindari karena besar kemungkinan akan tersangkut pada kawat gigi Anda. Jagung rebus, kacang kacangan, dan pop corn sebaiknya juga mulai dihindari. Dan lagi, jangan mengunyah es atau permen karet, karena dapat melonggarkan kawat gigi Anda

Ketika menggunakan kawat gigi, kadang Anda menemukan beberapa masalah, diantaranya adalah karet mengendur, kawat rusak, atau jalur kawat yang bergeser sehingga tidak nyaman. Saat Anda mengalami masalah tersebut, Anda dapat melakukan perawatan gigi behel serta pertolongan seperti di bawah ini.

  • Karet dan Kawat Lepas.
    Jika Anda mengalami masalah ini, Anda dapat mencari dan menggunakan sedikit lilin ortodontis. Gunakan lilin ortodontis tersebut untuk menempelkan kawat pada posisi semula untuk sementara waktu. Jangan lupa untuk menyimpan karet yang lepas dan segera jadwalkan pemeriksaan ke dokter gigi.
  • Kawat Rusak.
    Jika kawat gigi rusak, Anda dapat menggunakanlah ujung pensil yang memiliki penghapus. Cobalah untuk menggerakkan kawat yang mencuat pada posisi yang tidak terlalu mengganggu. Jangan memotong kawat karena berisiko tertelan atau terhirup ke paru-paru. Jika terjadi luka atau sariawan akibat kawat mencuat, kumur menggunakan air garam atau obat kumur antiseptik.

Nah, sekarang jangan biarkan gigi dan mulut Anda bermasalah hanya karena Anda malas melakukan perawatan gigi behel. Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a Reply