Tips Menghilangkan Ketombe Secara Alami

 Rambut

Tips Menghilangkan Ketombe Secara Alami – Rambut berketombe disebabkan karena adanya pertumbuhan jamur di kulit kepala, pertumbuhan jamur Malassezia menyebabkan kulit kepala terasa begitu gatal dan apabila digaruk akan menghasilkan serbuk berwarna putih. Kulit kepala yang berketombe bila tidak segera diatasi dengan cepat dan efektif akan menimbulkan sisik putih tepat pada kulit kepala yang menandakan jika kulit kepala Anda benar-benar tidak sehat dan butuh pengobatan.

Ketombe dibedakan menjadi dua kategori, yang pertama adalah jenis ketombe kering dan yang kedua adalah jenis ketombe berminyak, sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui fakta ini sehingga pengobatan yang dilakukan seringkali mengalami kegagalan dan jamur penyebab ketombe tetap bertahan dan semakin tumbuh di permukaan kulit kepala. Cobalah usir ketombe dengan melakukan beberapa tips menghilangkan ketombe secara alami di bawah ini:

Menghilangkan Ketombe Secara AlamiFenugreek (kelabat)
Coba menghilangkan ketombe dari kulit kepala dengan menggunakan fenugreek. Rendam secekupnya benih dari fenugreek di dalam air selama satu malam penuh, setelah itu haluskan benih fenugreek hingga halus dan berubah menjadi pasta. Oleskan pasta benih kelabat pada kulit kepala dan biarkan selama 30 menit baru kemudian dibersihkan.

Anda juga dapat memanfaatkan air rendaman fenugreek alami sebagai tonik rambut sehabis mandi. Terapkan cara ini setiap minggu sebanyak 2 kali, selama 2 minggu pertama proses perawatan kulit kepala untuk menghilangkan ketombe. Lantas satu kali setiap minggu, selama 2 minggu selanjutnya.

Air perasan jeruk nipis
Air perasan jeruk nipis dapat menyegarkan kulit kepala sekaligus menghilangkan ketombe dari permukaan kulit kepala. Jeruk nipis memiliki kandungan aktif yang mampu mengatasi dan membunuh jamur penyebab ketombe. Peras satu buah jeruk nipis segar dan tambahkan air bilasan terakhir disaat Anda keramas. Air jeruk nipis yang beraroma khas dapat menjaga keharuman rambut Anda lebih lama.

Jus lemon serta tanah liat
Tips menghilangkan ketombe nyatanya juga bisa dilakukan dengan baik dengan cara mencampurkan tanah liat dengan jus lemon. Siapkan kedua bahan ke dalam dua wadah yang berbeda, campurkan keduanya sehingga terbentuk pasta, lantas balurkan pasta dari campuran bahan alami ini pada kulit kepala sambil digosok. Lakukan cara alami untuk menghilangkan ketombe ini setiap minggu sebanyak satu kali.

Dadih
Mungkin Anda tidak familiar dengan bahan penghilang ketombe ini, namun tidak ada salahnya mencoba obat penghilang ketombe untuk pertama kalinya, langkah awal siapkan dadih serta letakkan pada tempat terbuka selama 3 hari. Kemudian, pijatkan dadih pada permukaan kulit kepala dan biarkan selama 90 menit dan terakhir bilas sampai rambut bersih.

Cuka apel dan air
Cuka apel diolah sedemikian rupa dari buah apel, seperti yang Anda ketahui buah apel mengandung banyak vitamin, serat dan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, jika buah apelnya saja sudah bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit maka khasiat dari cuka apel juga patut diperhitungkan. Campurkan air bersama dengan cuka apel, lantas oleskan campuran bahan alami tersebut pada kulit kepala dengan memakai kapas, setelah beberapa menit bilas kulit kepala dengan air bersih.

Setelah menyimak beberapa tips menghilangkan ketombe, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Bahan alami memiliki khasiat alami untuk membantu menjaga kesehatan tubuh serta merawat kecantikan kulit, maka akan sangat disayangkan jika Anda tidak pernah mencoba untuk memanfaatkannya dengan maksimal, selain baik untuk menjaga rambut tetap bersih dari ketombe, bahan alami ini juga efektif untuk membantu melembutkan rambut.

Related Posts

Leave a Reply