Tips Menghilangkan Bekas Luka

 Badan

Tips Menghilangkan Bekas Luka – Beberapa orang mengalami sering mengalami kesulitan menghilangkan bekas luka, khususnya pada orang- orang dengan keturunan keloid. Keloid muncul dari bekas luka yang menganga. Kemudian pada saat mekanisme penutupan kembali jaringan yang robek, sel- sel yang bertugas menutup jaringan terlalu aktif, sehingga terbentuk jaringan menonjol pada luka.

Bekas luka yang tak kunjung hilang tidak hanya terlihat dalam bentuk keloid, ada yang berupa goresan, atau perbedaan warna kulit dengan daerah lain. Jika letaknya pada bagian yang tertutup sih nggak masalah ya guys, tapi jika letak lukanya di bagian yang tampak dari luar, wah bisa buat kita nggak pede.

Tips Menghilangkan Bekas LukaLuka di kulit dapat disebabkan karena beberapa hal, seperti luka bakar, luka robek, bekas jerawat, bekas cacar, bekas operasi, terkena knalpot dan lain sebagainya. Setelah kulit mengalami luka, maka kulit melakukan proses penyembuhan luka. Proses penyembuhan luka cukup memakan waktu yang lama, tergantung pada parah atau tidaknya suatu luka.

Menghilangkan Bekas Luka dengan Cara Medis

Ada beberapa cara untuk menghilangkan bekas luka. Menghilangkan bekas luka dengan cara medis dapat ditempuh dengan menggunakan obat penghilang bekas luka, laser dan operasi. Khusus pada kasus keloid, ada satu cara medis lain yaitu suntik keloid.

  • Obat penghilang bekas luka

Ada banyak merk obat yang menawarkan khasiat penghilang bekas luka. Obat tersebut umumnya berbentuk lotion atau salep. Cara pemakaianya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan salep ke bekas luka. Harganya pun relatif mahal, tergantung merk mana yang anda pilih. Lama waktu sembuhnya pun bergantung pada parah tidaknya bekas luka anda.

  • Suntik

Untuk kasus keloid, anda dapat melakukan suntik kena-ort. Sebelum memutuskan suntik keloid, sebaiknya anda mengkonsultasikan dulu dengan dokter yang akan menangani. Karena harga suntik keloid juga cukup mahal, serta harus teratur untuk mencapai hasil yang maksimal.

Menghilangkan Bekas Luka dengan Cara Alami

Namun, jika anda ingin memilih cara yang mudah, rendah efek samping dan murah, ada baiknya memilih cara menghilangkan bekas luka yang alami, yaitu dengan beberapa bahan alami yang dapat kita ambil dari bahan- bahan sekitar,  Beberapa bahan tersebut adalah:

  1. Madu

Madu dikenal sebagai habbatussauda yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk menghilangkan bekas luka. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya menggunakan madu yang 100% alami. Cara mudah, yaitu dengan mengoleskan madu ke bekas luka, diamkan selama 20 menit. Setelah itu bersihkan dan keringkan. Untuk hasil yang maksimal, anda juga sebaiknya rutin melakukan terapi madu.

  1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung Epigallocatechin Gallate yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan pada teh hijau yang tinggi mampu merawat kulit yang meradang dan menghilangkan bekas luka. Penggunaannya dapat dengan cara diseduh seperti ketika akan meminum teh atau dengan menggunakan air rebusan teh hijau sebagai toner (dioleskan ke bagian bekas luka). Sebelum diolesi air rebusan teh hijau, bersihkan dahulu bekas luka tersebut.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya yang biasanya digunakan untuk masker rambut pun ternyata bisa juga digunakan untuk menghilangkan bekas luka lho. lidah buaya memiliki kandungan asam amino dan lignin yang berfungsi untuk merawat dan meregenerasi kulit. Caranya yaitu dengan menggunakan lendir lidah buaya, kemudian dioleskan pada bekas luka. Sebelum dan sesudah diberi lidah buaya, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu.

  1. Minyak Zaitun

Cara penggunaan minyak zaitun yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun ke bekas luka. Diamkan selama 10 menit, setelah itu bersihkan.

Related Posts

Leave a Reply