Tips Memilih Shampo Anti Ketombe

 Rambut

Tips Memilih Shampo Anti Ketombe – Masalah ketombe pada kulit kepala dialami oleh hampir semua orang. Penyebab ketombe ini bisa bermacam-macam. Ketombe dapat muncul karena jamur atau perawatan kulit kepala yang kurang bersih. Ketombe merupakan infeksi dari jamur yang membuat kulit kepala terasa gatal. Lebih parahnya lagi ketombe juga dapat mengakibatkan adanya penipisan rambut dan bahkan terjadinya rambut rontok.

Rambut berketombe juga sangat menganggu penampilan Anda, terutama saat Anda memilih pakaian yang tepat untuk digunakan. Karena itulah, Anda sangat disarankan untuk melakukan perawatan rambut seperti hair-spa, creambath, dan lain-lain, paling tidak sekali dalam satu bulan. Yang terutama, Anda diharuskan untuk mencuci rambut atau keramas setidak-tidaknya 2 kali seminggu. Anda juga sebaiknya mengkonsumsi vitamin B kompleks agar rambut Anda semakin kuat.

Shampo Anti KetombeAnda sangat disarankan untuk selalu mengkonsumsi banyak sayuran hijau serta buah-buahan. Konsumsi makanan tinggi protein juga dapat memperkuat rambut Anda serta mencegah ketombe datang kembali. Selain itu, Anda harus memilih shampo anti ketomber yang tepat untuk digunakan sehari-hari. Dengan demikian Anda dapat memiliki rambut yang lebih bersih dan indah serta bebas dari ketombe.

Walaupun label shampoo di pasaran telah dilengkapi dengan label jenis rambut, tetapi tidak ada salahnya jika Anda lebih cermatdalam memilih shampoo yang memang cocok dengan jenis rambut Anda. Baik untuk jenis rambut berminyak, rambut kering, maupun rambut berketombe.

Pemilihan shampoo yang tepat adalah awal untuk mendapatkan rambut yang sehat. Selain shampoo, Anda juga harus memilih dengan baik jenis perawatan rambut yang Anda jalani. Perawatan rambut tepat tentunya dapat membantu untuk meringankan masalah ketombe baik yang ringan maupun berat. Dalam hal ini, Anda harus memilih shampoo dan jenis perawatan khusus untuk rambut berketombe.

Berikut ini terdapat beberapa kandungan yang ada di dalam shampoo. Kandungan inilah yang harus Anda perhatikan, terutama untuk Anda yang memiliki masalah rambut berketombe.

  1. Formula anti-dandruff (anti ketombe)
    Jika Anda menemukan tulisan ini pada label shampoo yang Anda pilih, artinya, shampoo jenis ini dapat membersihkan kulit kepala Anda secara efektif serta menghilangkan ketombe.
  2. Ketoconzale.
    Produk yang memiliki bahan ketoconzale memiliki formula yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Selain itu kandungannya juga mampu menormalkan kadar pH pada kulit kepala Anda sehingga menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.
  3. Produk yang memiliki bahan aktif Selenium AP (selenium disulfide)
    Kandungan dari Selenium AP ini memiliki kemampuan yang berkali-kali lipat serta lebih cepat dalam mengatasi masalah ketombe yang serius atau parah
  4. Ekstrak eucalyptus dan aloe,
    Umumnya kedua bahan tersebut dapat Anda temui pada shampoo anti ketombe herbal. Kegunaan keduanya dipercaya aktif untuk membantu mengurangi ketomber serta menyehatkan rambut Anda.
  5. Zinc pyrithione
  6. Tea-tree Oil
  7. Teh Hijau
  8. Lemon
    Fungsi dari lemon sendiri adalah kadar keasamannya yang mampu mengurangi pertumbuhan jamur di kulit kepala Anda.

Shampo ketombe umumnya memiliki kandungan seperti di atas. Fungsi dari masing-masing kandungan sudah pasti untuk membersihkan rambut, mengurangi rasa gatal, serta menghambat dan menghilangkan ketomber dari kulit kepala Anda. Namun, jika selama ini Anda telah menggunakan shampoo yang memiliki kandungan bahan-bahan diatas namun ketombe tetap saja muncul di kulit kepala Anda, tidak ada salahnya jika Anda segera mengkonsultasikan masalah ini kepada dokter langganan anda.

Selamat memilih!

Related Posts

Leave a Reply