Tips Jitu Menghilangkan Karang Gigi

 Wajah

Tips Jitu Menghilangkan Karang Gigi – Gigi yang sehat itu terlihat putih, bersih dan kuat. Mendapatkan gigi yang sehat, bersih dan kuat tentunya tidak mudah, kita harus melakukan perawatan gigi sejak kecil, mulai dari menggosok gigi dua kali sehari sampai mengunjungi dokter gigi tiap bulannya. Gigi yang tidak sehat dan tidak terawat dengan baik bisa menyebabkan karies gigi dan berlubang di kemudian harinya. Perawatan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi harus diawali dengan menghilangkan karang gigi.

Karang gigi terbuat dari plak serta zat kapur yang ada di air liur kita. Plak terdiri dari lapisang bening di perikel dan juga kuman. Mulut kita memiliki 350 jenis kuman yang mana bisa menyebabkan pembentukan karies gigi, dan bila gigi maupun sela-sela gigi tidak dirawat dengan baik dan tidak dibersihkan dengan baik setelah makan. sisa-sisa makanan yang menempel di sela gigi akan dimakan dan dicerna oleh kuman yang kemudian akan mengakibatkan karang gigi. Mulai rawat kebersihan dan kesehatan gigi dengan menghilangkan semua karang gigi.

Tips Jitu Menghilangkan Karang GigiMenggosok gigi
Salah satu aktivitas yang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari dan akan terasa kurang apabila tidak dilakukan satu hari saja adalah menggosok gigi karena pada dasarnya kita makan setiap hari jadi menggosok gigi pun harus dilakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sehingga kuman tidak merajalela dan menyebabkan gigi berlubang.

Untuk mengatasi karang gigi yang mengakibatkan karies dan gigi berlubang, Anda perlu menggosok gigi minimal dua kali setiap harinya, utamakan untuk menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, menggosok gigi setiap hari akan membantu merawat kebersihan dan kesehatan gigi dan membuat gigi menjadi lebih putih secara alami, gigi pu bebas dari karang gigi.

Makanan
Untuk menghilangkan karang gigi Anda perlu mengurangi konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan tepung dan gula karena keduanya merupakan makanan yang bisa memicu plak serta karang gigi. Sisa makanan tinggi tepung dan gula yang menempel disela-sela gigi ditengarai lebih sulit untuk dibersihkan walaupun Anda sudah menggosok gigi tidak menutup kemungkinan jika sisa makanan tersebut masih menempel disela gigi Anda. Maka dari itu, usahakan agar Anda tidak mengkonsumsi kedua jenis makanan ini dan lebih banyak mengkonsumsi makanan pedas karena jenis makanan ini baik untuk memproduksi air liur yang mana dapat membantu mengatasi karang gigi.

Berkumur-kumur
Berkumur-kumur dikabarkan bisa menghilangkan karang gigi dengan cukup efektif. Oleh karena itu, perbanykalah berkumur dengan air bersih maupun cairan antiseptik terutama setelah Anda makan atau minum minuman yang tinggi kandungan gula. Berkumur atau mengkonsumsi air putih akan membantu menjaga mulut dan gigi tetap sehat dan bersih. Sisa-sisa makanan yang menempel disela gigi dapat dihilangkan dengan bantuan berkumur-kumur.

Kopi dan teh
Untuk mencegah terbentuknya karang gigi, usahakan untuk tidak mengkonsumsi minuman yang memiliki kandungan kafein, terutama kopi dan teh. Kedua minuman ini bisa membuat gigi putih menjadi kekuningan. Zat kafein yang ada didalam keduanya ditengarai bisa memicu plak dan perkembangan karang gigi. Anda yang ingin memiliki gigi putih alami bisa mencoba untuk tidak minum minuman dengan kadar kafein tingi ini, seperti mengkonsumsi teh atau kopi di pagi hari.

Mengkonsumsi buah-buahan
Menghilangkan karang gigi kini bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi buah-buahan segar setiap harinya. Zat asam yang terdapat di dalam buah-buahan akan membantu menghilangkan kotoran dan sisa-sisa makanan yang menyebabkan karang gigi.

Related Posts

Leave a Reply