Tips Hilangkan Kantung Mata Besar

 Wajah

Tips Hilangkan Kantung Mata Besar – Mata yang sayu, bengkak, terdapat kantung mata dan lingkaran hitam di sekitar mata tentu akan mengganggu penampilan. Seseorang dengan penampilan mata yang sayu, bengkak, berkantung mata sering memberikan kesan bahwa orang tersebut terlalu workaholic, kelelahan dan kurang tidur. Selain menimbulkan kesan  demikian, penampilan mata yang kurang fresh juga mengurangi kepercayaan diri seseorang dalam beraktifitas.

Penyebab Kantung Mata

Meskipun munculnya kantung mata dianggap bukan suatu persoalan yang serius, ada baiknya anda mengetahui penyebab munculnya kantung mata, yaitu :

  1. Menangis

Saat menangis, terjadi penumpukan cairan di kelenjar kecil area kelopak mata.

  1. Kurang tidur dan kelelahan

Ya, betul sekali, kurang tidur dan kelelahan dapat memunculkan kantung mata pada mata anda. Kurang tidur akan memicu kelelahan, kemudian lelah akan menyebabkan tekanan pada mata sehingga terkesan seperti berkantung.

  1. Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit di sekitar mata akan semakin tipis dan elastisitasnya berkurang. Lalu kulit tersebut berkumpul dalam suatu tempat di bawah mata hingga terlihat seperti memiliki kantung.

  1. Reaksi alergi

Terjadinya kantung mata bisa disebabkan karena alergi pada suatu benda, misal dengan bantal atau selimut.

 

Tips Hilangkan Kantung Mata BesarPada orang yang mengidap beberapa penyakit, sering pula memiliki kantung mata. Seperti pada orang yang menderita beberapa penyakit di bawah ini

  • Gangguan ginjal

Kulit lembut yang berada di bawah area mata berhubungan langsung dengan ginjal khususnya area ginjal yang berhubungan langsung dengan usus besar. Biasanya munculnya kantung mata pada orang yang menderita penyakit ginjal juga disertai tanda- tanda lain seperti pembengkakan kaki, perubahan warna urin, rasa sakit pada pinggang, dan lain sebagainya.

  • Hipotiroid

Kantung mata yang muncul pada penderita hipotiroid disebabkan karena kelelahan, sulit berkonsentrasi, kelemahan otot, kram, kulit kering, nadi melambat yang menandai kadar tiroid dalam tubuh rendah.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Nah, jika sudah terlanjur ada kantung mata yang muncul kan repot toh. Begini cara menghilangkan kantung mata :

  1. Mentimun

Sediakan mentimun. Cuci bersih. Kemudian iris tipis- tipis. Setelah itu tempelkan mentimun pada mata yang tertutup. Diamkan selama 15-20 menit.

Mentimun memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, berfungsi untuk melembabkan dan melembutkan kulit pada area mata.

  1. Kompres dingin

Kompres dingin akan membantu pembuluh darah dan jaringan di sekitar mata mengecil dan kencang, sehingga membantu menghilangkan kantung mata.

Caranya yaitu, sediakan kain. Lalu basahi dengan air dingin atau es. Tempelkan pada bagian bawah kelopak mata selama 5-10 menit.

  1. Konsumsi air putih

Konsumsi air putih yang cukup membantu mengurangi dehidrasi dan membantu mencukupi cairan tubuh anda. Konsumsi air putih 8 gelas per hari akan membantu menghilangkan kantung mata.

  1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup akan mengurangi tekanan pada mata. Umumnya, tidur yang baik yaitu 7-8 jam per hari untuk orang dewasa.

  1. Posisikan tidur yang baik

Selain waktu tidur yang cukup, posisi tidur yang baik juga dapat membantu mengurangi kantung mata. Posiskan tidur anda dengan kepala sedikit terangkat. Dengan posisi demikian, dapat mencegah penumpukan cairan pada area bagian bawah kelopak mata.

  1. Gunakan krim pelembab yang mengandung lidah buaya dan vitamin C

Lidah buaya dan vitamin C dapat membantu melembabkan kulit anda. Maka jika ditempatkan pada area kelopak mata, akan membantu melembabkan dan melembutkan kulit mata sehingga terhindar dari kantung mata besar.

Nah, mudah bukan caranya? Selamat mencoba !

 

Related Posts

Leave a Reply