Tips Cara Menata Rambut Ikal

 Rambut

Tips Cara Menata Rambut Ikal – Rambut merupakan komponen pembentuk penampilan sempurna yang tidak akan pernah dibiarkan berantakan begitu saja oleh para wanita. Penataan rambut dibutuhkan kapan saja, terutama disaat wanita akan bepergian keluar rumah dan bertemu dengan banyak orang. Rambut rapi dengan sentuhan poni atau tidak akan memberikan kesan tersendiri bagi siapa saja orang yang melihatnya dan tentunya Anda menginginkan untuk memperoleh kesan rambut yang cantik, bukan?.

Rambut wanita terutama wanita yang berambut panjang sangat rentan dengan rambut kusut. Rambut kusut dapat disebabkan oleh beberapa faktor eksternal, yakni kebiasaan buruk bergonta-ganti merk sampo atau gaya rambut yang seringkali diubah-ubah sehingga menyebabkan rambut tidak dapat jatuh dengan mudah secara alami. Berikut ini tips cara menata rambut untuk Anda yang memiliki rambut ikal:

Tips Cara Menata Rambut IkalCoba untuk tidak memakai sampo yang kaya akan sulfat
Rambut ikal tidak harus diluruskan setiap saa, ada kalanya Anda harus bertahan dengan kondisi rambut Anda ini. Untuk menata rambut ikal Anda harus mencoba untuk tidak terlalu sering menggunakan sampo yang memiliki kandungan sulfat hingga sebesar 100%.

Sodium lauryl sulfate memiliki kandungan garam serta detergen yang mana bekerja dengan baik dan efektif untuk membersihkan rambut Anda dari kotoran dan debu yang menempel, akan tetapi terlalu sering menggunakan produk ini akan membuat rambut Anda menjadi tidak sehat. Tanpa pemakaian kondisioner yang mencukupi, kandungan dari sampo tersebut akan merusak kutikula rambut yang pada akhirnya akan membuat rambut menjadi kering, kasar dan rusak.

Tata rambut disaat masih setengah kering
Menata rambut disaat rambut belum kering dengan sempurna akan membuat rambut tidak menjadi kaku disaat rambut benar-benar kering. Anda dapat memakai serum atau vitamin rambut selama rambut masih berada dalam kondisi setengah kering, gunakan serum atau vitamin rambut sesuai dengan cara dan ketentuan yang tercantum di dalam kemasan. Remas rambut dari ujung hingga menuju kulit kepala.

Hindari pemakaian produk yang kaya alkohol
Cara menata rambut ikal baiknya dengan tidak memakai produk rambut yang mengandung alkohol melebihi batas, seperti hairspray, mousses atau gel rambut yang nantinya akan memberikan tekstur ikal menawan, akan tetapi produk tersebut dapat menghilangkan kelembaban rambut karena disaat Anda memakainya produk dengan kadar alkohol tinggi tersebut akan menyerap kelembaban rambut Anda.

Hindari mengeringkan rambut basah dengan handuk
Kebiasaan ini patut diberdayakan juga untuk penataan jenis rambut lainnya, bukan hanya untuk mereka yang memiliki rambut ikal saja. Cobalah sebisa dan sebiasa mungkin untuk tidak mengeringkan rambut Anda dengan menggunakan handuk kasar yang mana akan memberikan gesekan kasar pada rambut. Anda dapat memilih handuk dengan bahan microfiber yang mana permukaannya jauh lebih lembut dibandingkan dengan handuk berbahan terry yang jauh lebih kasar.

Tidak terlalu sering memakai flat iron
Pemakaian flat iron memang dapat mempermudah Anda untuk mendapatkan rambut kering sempurna, namun pemakaian pengering rambut dengan suhu yang berlebihan yakni di atas 400 derajat akan menyebabkan rambut kehilangan kelembabannya. Untuk mengatasi masalah rambut yang disebabkan oleh flat iron, Anda dapat memakai masker rambut, baik diolah dengan bahan alami atau masker pelembab rambut instan yang ada di pasaran.

Tips cara menata rambut ikal dengan baik akan membantu Anda untuk memiliki rambut ikal yang indah dan berkilau tanpa perlu repot dan sering-sering meluruskan rambut.

Related Posts

Leave a Reply