Tak Ingin Rasakan Sakitnya Jerawat di Telinga? Kenali Penyebabnya

 Wajah

Tak Ingin Rasakan Sakitnya Jerawat di Telinga? Kenali Penyebabnya – Jerawat merupakan permasalahan yang biasanya terjadi di kulit, terutama kulit wajah. Namun, ada pula jenis jerawat yang tidak hanya tumbuh di wajah. Misal: pada jerawat batu, ia tidak hanya dapat tumbuh di kulit wajah akan tetapi menyebar hingga kulit leher.

Selain itu, ada pula jenis lain dari jerawat yang dapat tumbuh di area tubuh lain, seperti pada telinga. Ya, jerawat di telinga. Jerawat ini akan memberikan rasa sakit yang kurang lebih sama dengan jerawat yang tumbuh di kulit wajah, namun ia akan memberikan efek tambahan berupa sakit kepala. Apalagi jika Anda ingin menggunakan headset atau earphone, sedangkan pada telinga Anda terdapat jerawat. Pasti akan sangat merepotkan dan menjengkelkan.

Jerawat di TelingaBagi Anda yang tidak memiliki jerawat di telinga ataupun Anda yang sudah memiliki jerawat di telinga, perlu sekali untuk mengenali penyebab jerawat tumbuh di telinga sehingga dapat menanggulangi agar tidak terjadi ataupun tidak terjadi kembali. Berikut beberapa penyebab yang memungkinkan terjadinya jerawat di telinga:

  1. Keadaan telinga yang kotor

Telinga yang kotor dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Namun, cara membersihkannya pun harus dengan cara yang benar dan aman, yaitu cukup dengan membersihkan telinga menggunakan cotton bud yang dibasahi dengan air dan cotton bud yang digunakan haruslah steril, sehingga telinga pun bersih dan dapat terhindar dari tumbuhnya jerawat.

  1. Telinga yang berminyak

Semua kulit memiliki kelenjar minyak dan produksi minyak berlebih pun tak hanya dapat terjadi di kulit wajah, tetapi kulit pada telinga pun bisa. Oleh karena itu, jerawat tak hanya dapat tumbuh pada wajah tapi juga dapat tumbuh di telinga.

  1. Daun telinga yang luka

Luka merupakan tempat tumbuh yang mudah bagi bakteri. Oleh karena itu, luka yang terjadi pada daun telinga baik luka goresan, tusukan, atau bentuk luka yang lainnya harus segera diobati agar tidak menjadi tempat tumbuh subur bakteri dan timbulnya jerawat.

  1. Alat pembersih telinga tidak steril

Siapa yang tidak ingin telinganya bersih? Semua orang pasti menginginkannya. Oleh karena itu, rajin – rajinlah membersihkan telinga. Namun, jika sering membersihkan telinga dengan alat yang tidak bersih bagaimana? Malapetaka juga akhirnya.

Alat pembersih yang tidak diperhatikan kebersihannya justru akan menimbulkan jerawat di telinga, karena menjadi salah satu sarang bakteri dan telinga yang bersih dan sehat justru tertular bakteri yang ada pada alat pembersih tersebut. Alat pembersih yang biasanya terbuat dari bahan logam atau bahan lainnya memang harus dijaga kebersihannya agar saat digunakan tidak justru menimbulkan jerawat karena transmisi dari bakteri pada alat pembersih telinga.

  1. Tumpukan sel kulit mati

Selain adanya kelenjar minyak yang memproduksi minyak berlebih, ternyata kulit pada telinga pun dapat mengalami penumpukan sel kulit mati  yang terjadi pada kulit wajah. Tumpukan sel kulit mati inilah yang menyebabkan munculnya jerawat di telinga.

  1. Digigit serangga

Gigitan serangga dapat menjadi  penyebab menularnya racun pada daun telinga, sehingga timbullah benjolan berupa jerawat di telinga.

  1. Rambut yang kotor

Keadaan rambut yang kotor akan menularkan bakteri pada rambut ke telinga, karena posisi telinga sangatlah dekat dengan rambut. Oleh karena itulah rambut yang kotor dapat menyebabkan munculnya jerawat di telinga.

  1. Alergi makanan

Alergi atau hipersensitifitas dapat menyebabkan seluruh bagian tubuh berpotensi memiliki jerawat, baik punggung, dada, wajah, ataupun telinga.

  1. Iritasi

Terkadang orang yang memiliki jerawat di telinga akibat tidak cocoknya penggunaan aksesoris di telinga, seperti anting. Biasanya logam anting tersebutlah yang memicu timbulnya jerawat sehingga jerawat pun nyeri dan terkadang bernanah.

  1. Sering menyentuh telinga

Keadaan tangan yang kotor terkadang tidak kita sadari. Sarang bakteri inilah yang justru menularkan bakteri, dari tangan ke telinga sehingga memicu tumbuhnya jerawat di telinga.

Itulah beberapa penyebab timbulnya jerawat di telinga. Rasa nyeri yang disertai tambahan sakit kepala ketika memiliki jerawat di telinga menjadi momok tersendiri, sehingga cegahlah sesuai kemampuan Anda, se-optimal mungkin agar jerawat di telinga tidak terjadi pada Anda.

Related Posts

Leave a Reply