Seputar Kesehatan Mengenai Penyakit Kaki Gajah

 Kaki dan Tangan

Seputar Kesehatan Mengenai Penyakit Kaki Gajah – Penyakit bisa menyerang kapan saja, baik itu organ dalam maupun anggota tubuh yang kasat mata. Penyakit kaki gajah merupakan sejenis penyakit yang akan ditularkan melalui nyamuk yang terinfeksi cacing parasit nemtoda. Biasanya penyakit ini ditemukan di belahan dunia, khususnya di wilayah tropika. Filariasis akan menghambat aktivitas Anda karena akan menimbulkan edema yang begitu parah, pada umumnya mereka yang mengalami filariasis lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah karena sulit untuk menggerakkan kakinya dengan bebas. Kondisi filariasis yang sangat parah bisa menyebabkan kematian bagi pasiennya terlebih jika pasien tidak menerima pengobatan dan perawatan yang benar.

Gejala penyakit filariasis sangat penting sekali untuk Anda ketahui serta pahami untuk mengurangi resiko penyakit semakin berkembang dengan cepat dan bisa diberikan penanganan dengan lebih tepat. Beberapa gejala yang akan terjadi setelah seseorang terinfeksi cacing parasit nemtoda, diantaranya adalah demam yang terus berulang, mulai dari 3-5 hari secara berturut-turut, saat Anda beristirahat, demam akan turun, namun demam akan kembali naik bila Anda kembali mengerjakan aktivitas yang berat. Kemudian akan terjadi pula pembengkakan pada kelenjar getah bening, paha Anda akan tampak membengkak, ketiak Anda tampak kemerahan, merasa panas dan nyeri.

Seputar Kesehatan Mengenai Penyakit Kaki GajahGejala lainnya adalah terjadi pembengkakan pada beberapa daerah, yakni pada tungkai, area lengan, buah dada serta buah zakar yang juga terlihat sedikit kemerahan serta terasa panas. Gejala filariasis yang lebih parah bisa diawali dengan pembesaran menetap di daerah tungkai, daerah lengan, buah dada serta buah zakar yang tentu saja akan sangat mengganggu Anda.

Penyakit kaki gajah tidak serta merta bisa diketahui dari gejala saja, butuh pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui dengan pasti jika gejala yang tampak merupakan benar-benar gejala penyakit filariasis, karena demam dan pembengkakan pada beberapa area bisa disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu, tidak langsung disebabkan karena tubuh telah terinfeksi cacing parasit nemtoda. Uji klinis yang Anda lakukan juga berguna dalam mengetahui seberapa parah penyakit filariasis yang menyerang kesehatan tubuh Anda sehingga penanganan yang akan dilakukan bisa tepat pada sasaran.

Filariasis ditularkan secara langsung oleh gigitan nyamuk yang sebelumnya telah terinfeksi oleh cacing parasit nemtoda. Cacing filaria akan langsung menyerang kelenjar limfa manusia dan menetap di sana selama 9 bulan hingga cacing menjadi lebih dewasa, kondisi cacing yang sudah dewasa akan membuat pembuluh limfa tersumbat secara otomatis sehingga penyumbatan aliran limfa tidak bisa dicegah kembali. Meskipun penyakit ini merupakan penyakit jarang, tapi jika sekali saja Anda sudah terinfeksi, maka filariasis akan bertahan selama bertahun-tahun di dalam tubuh Anda, kabarnya cacing dewasa bisa bertahan hidup di dalam tubuh manusia hingga 10 tahun lamanya.

Untuk mendeteksi sejak dini filariasis ada atau tidak di dalam tubuh, Anda bisa melakukan screening pemeriksaan darah yang dilakukan melalui ujung jari. Tujuan utama dari penanganan dini ini tidak lain untuk membasmi parasit/larva yang akan berkembang atau sudah berkembang di dalam tubuh pasien, sehingga tingkat penularan penyakit ini bisa ditekan dan dikurangi dengan lebih cepat. Angka kecacatan yang terjadi akibat dari infeksi penyakit filariasis yang kronis yang mana bisa menyebabkan sumbatan bisa ditekan sedini mungkin. Penanganan pada penderita filariasis bisa dilakukan dengan pemberian obat-obatan cacing, seperti DEC, invermektin maupun albendazole. Penyakit kaki gajah harus segera ditangani sejak dini agar pasien tidak cacat.

Related Posts

Leave a Reply