Selengkapnya Mengenai Ciri Ciri Panu

 Badan

Selengkapnya Mengenai Ciri Ciri Panu – Penyakit kulit yang juga menjadi langganan masyarakat Indonesia selain jerawat adalah panu. Sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya pernah memiliki panu di permukaan kulitnya. Panu disebabkan karena pertumbuhan serta perkembangan jamur panu di daerah kulit yang lembab dan mudah untuk berkeringat, seperti leher, lengan, lipatan paha, ketiak, wajah dan masih banyak lainnya.

Bercak putih dan rasa gatal merupakan ciri khas dari pertumbuhan jamur panu di permukaan kulit, meskipun bercak yang ditimbulkan oleh jamur panu ini tidak hanya berwarna putih saja, melainkan juga bisa merah atau coklat, disesuaikan dengan warna kulit penderitanya. Rasa gatal yang disebabkan oleh panu akan sangat mengganggu, terutama disaat penderita tengah mengeluarkan banyak keringat. Berikut ini ciri ciri panu dan bagaimana cara mengobatinya:

Selengkapnya Mengenai Ciri Ciri PanuPerubahan warna kulit
Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur yang dikenal sebagai jamur Pityorosporum ovale. Jamur ini bisa diobati dengan menggunakan berbagai bahan alami maupun salep dan tablet antijamur yang memiliki kandungan mikonazol, klotrimazol, ketoknazol dan masih banyak lainnya. Ciri khas utama dari jamur panu dapat dilihat disaat terjadinya perubahan yang signifikan pada warna kulit.

Perubahan warna kulit dapat berbentuk seperti pulau yang semakin lama akan semakin melebar dan menyebar. Warna kulit yang terkena jamur panu akan berubah menjadi lebih putih, namun tidak menutup kemungkinan jika bercak yang timbul bukanlah berwarna putih melainkan berwarna kemerahan dan kecoklatan atau bahkan lebih gelap. Perubahan kulit yang terjadi biasanya memiliki batas ketegasan dengan permukaan kulit normal sehingga bercak putih, kemerahan atau kecoklatan tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri.

Kulit gatal dan terkelupas
Pertumbuhan jamur panu yang tidak segera diatasi akan membuat kulit menjadi terluka, hal ini bisa disebabkan karena rasa gatal mengganggu yang sangat menyiksa penderitanya sehingga tidak segan untuk menggaruk kulit dengan kasar. Kebiasaan menggaruk kulit tentunya akan membuat kulit menjadi lecet dan terluka sehingga lama kelamaan kulit akan terkelupas.

Untuk mencegah atau bahkan menghindari terjadinya iritasi kulit atau kulit terkelupas karena panu, obati jamur panu dengan cara menggosokkan irisan bawang putih secara teratur. Ciri cir panu ini biasanya akan timbul sejak awal hingga masa penyembuhan selesai dan jamur panu benar-benar tidak ada lagi di permukaan kulit.

Dapat menyebar dengan cepat
Jamur panu pada awalnya hanya terdapat di lengan saja namun lama kelamaan jamur panu akan menyebar ke sepanjang bagian lengan hingga ke bagian tubuh lainnya terutama jika tidak dilakukan tindakan pengobatan dengan segera. Penyebaran panu dapat dicegah dengan cara mengobatinya. Obati panu dengan memakai bahan alami, seperti kunyit yang telah dihaluskan.

Balurkan halusan kunyit pada daerah kulit yang terkena jamur panu. Biarkan selama 10 menit supaya nutrisi dari kunyit menyerap dengan sempurna dan panu bisa dihilangkan dari permukaan kulit Anda secara permanen. Selain memakai kunyit, Anda juga bisa memakai lengkuas atau belimbing wuluh. Kedua bahan alami tersebut juga memiliki kemampuan yang baik dalam mengobati panu.

Ciri ciri panu dapat dilihat dan diamati dengan mudah karena pertumbuhan panu di kulit termasuk jarang terjadi, terlebih jik Anda termasuk pada orang yang mencintai kebersihan dan rutin membersihkan badan dan wajah memakai sabun setiap hari minimal sebanyak 2 kali. Cegah pertumbuhan jamur panu itu lebih baik dibandingkan repot mengobatinya.

Related Posts

Leave a Reply