Sekilas Info Penyakit Kutu Air

 Kaki dan Tangan

Sekilas Info Penyakit Kutu Air – Penyakit kutu air disebabkan oleh serangan jamur dematofit maupun trikofiton. Infkesi jamur tersebut biasanya terjadi di daerah kaki, khususnya di sela jari kaki yang mana akan menyebar ke daerah sekitarnya. Kutu air dapat terjadi dengan lebih cepat jikalau Anda sering berada di dalam air dalam jangka waktu yang cukup lama, atau bisa juga terjadi karena kondisi kaos kaki atau sepatu Anda yang lembab.

Kulit yang terkena kutu air akan tampak bersisik, hal ini normal terjadi disaat sel kulit terus mengalami pergantian dari sel kulit mati yang busuk menjadi sel kulit baru yang lebih baik. Sebenarnya, jamur kutu air bisa dihindari dengan beberapa cara mudah, misalnya tidak menggunakan sepatu dari bahan yang sulit menyerap air atau bahkan tidak bisa, seperti sepatu plastik. Hindari pemakaian kaos kaki basah dan cobalah untuk berhemat waktu disaat mencuci pakaian, jangan membiarkan kaki Anda terendam air begitu lama.

Sekilas Info Penyakit Kutu AirGejala yang ditimbulkan dari kutu air tidak jauh berbeda dengan gejala yang akan ditimbulkan ketika seseorang terkena penyakit kulit lainnya. Berikut ini beberapa gejala dari kutu air:

  1. Kulit terasa gatal dan tampak kemerahan
  2. Kulit menjadi kering dan timbulnya sisik
  3. Jari kaki dan telapak kaki yang terasa panas
  4. Adanya lepuh yang kemungkinan besar berisikan nanah
  5. Terjadi pembengkakan pada kulit

Kutu air juga bisa disebabkan karena jamur onikomikosis yang cenderung akan membuat kuku tampak rapuh, lebih tebal dan berubah warna aslinya. Kutu air merupakan penyakit kulit yang dapat menular dari manusia satu ke manusia lainnya, dari hewan yang satu ke manusia.

Penularan terjadi dari manusia ke manusia disaat terjadi kontak kulit langsung dengan penderita kutu air. Sayangnya, jamur kutu air juga dapat ditularkan melalui media lainnya, seperti air kolam renang maupun air untuk mandi, penggunaan pakaian atau handuk yang bergiliran dengan si penderita juga dapat membuat Anda yang sehat tertular jamur kutu air

Penyakit kutu air dapat diobati dengan menggunakan salep khusus atau bahan alami. Pengobatan perlu dilakukan dengan segera untuk mengurangi potensi penyebaran jamur kutu air ke daerah kulit kaki sekitarnya atau bagian tubuh lainnya yang tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman dan percaya diri.

Kutu air dapat diobati dengan menggunakan obat anti jamur yang cara pemakaiannya harus dilakukan secara langsung dengan cara oles atau oral. Dokter kemungkinan besar akan memberikan Anda resep antibiotik jikalau positif ada infeksi bakteri. Obati kutu air dengan memakai bahan alami ini:

Cuka apel
Selain menggunakan minyak alami, Anda juga bisa memanfaatkan cuka apel yang tersedia di dapur Anda, gunakan cuka apel sebagai obat yang cukup efektif dalam mengembalikan kesehatan kulit kaki yang telah terinfeksi dengan jamur kutu air. Rendam kaki Anda selama beberapa menit dengan air rendaman yang telah diberikan cuka apel. Cuka apel akan membantu menghilangkan kutu air yang mengganggu dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Air garam
Bila Anda tidak memiliki persediaan cuka apel di rumah, maka Anda dapat memakai air rendaman yang telah diberi garam sebagai obat kutu air. Cukup merendam kaki selama setengah jam dengan memakai air rendaman garam yang hangat. Garam akan membantu mengatasi jamur kutu air.

Penyakit kutu air dapat dialami oleh siapa saja, terutama bagi mereka yang berkecimpung langsung di lingkungan berair. Obati kutu air dengan segera untuk meminimalkan risiko penyebaran jamur kutu air pada daerah kulit sekitarnya.

Related Posts

Leave a Reply