Sejuta Manfaat “Si Bulat Kuning” Kentang sebagai Masker Wajah

 Wajah

Sejuta Manfaat “Si Bulat Kuning” Kentang  sebagai Masker Wajah – Kentang, tentunya bukan merupakan sesuatu yang asing di telinga kita. Selama ini kita mengenal kentang sebagai salah satu jenis sayuran yang dapat diolah baik dengan cara ditumis, direbus bersama sayur lainnya menjadi sayur sop, perkedel hingga camilan sejenis donat, dan lain sebagainya. Namun siapa sangka jika kentang tidak hanya dapat diolah sebagai lauk pauk, tetapi kentang dapat dimanfaatkan pula untuk perawatan kecantikan, yaitu dengan memanfaatkan kentang sebagai masker wajah.

Kandungan Kentang

Si bulat kuning ini mengandung zat- zat yang berguna bagi tubuh, yaitu sebagai sumber alternatif karbohidrat, mineral, antioksidan, vitamin B , vitamin A dan serat. Selain kandungan gizinya, masker kentang tidak berisiko menimbulkan efek samping. Pemanfaatan kentang sebagai masker wajah juga bisa jadi alternatif yang mudah dan murah bagi anda yang ingin memiliki wajah sehat dan bersih.

Cara Membuat Masker Kentang

Kentang sebagai Masker WajahUntuk mengolah kentang menjadi masker wajah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, baik dengan mencampurkan dengan bahan lainya ataupun tidak. Jika diolah sendiri, manfaat kentang bagi wajah adalah :

  1. Menghilangkan lingkaran hitam pada mata

Caranya yaitu dengan mengupas kentang, iris tipis- tipis. Kemudian letakkan irisan tersebut pada mata selama 15-20 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan.

  1. Mengurangi keriput. Caranya dengan membuat kentang menjadi adonan baik dengan cara diparut maupun dengan direbus lalu dihaluskan. Kemudian oleskan pada wajah. Diamkan 15-20 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan.
  2. Menghilangkan luka bakar karena sinar matahari. Caranya dengan mengiris kentang yang dingin lalu meletakkan pada bagian yang luka.

Pembuatan masker kentang juga  dapat dibuat dengan mencampurkan  beberapa bahan lain. Seperti beberapa kombinasi dibawah ini, yaitu :

  • Kombinasi kentang dan putih telur

Sediakan kentang, bersihkan, kupas kulit kentang, potong- potong kentang dan blender atau parut. Setelah itu campurkan adonan kentang yang sudah diblender atau diparut dengan putih telur dan aduk hingga merata. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan hingga mengering, kurang lebih selama 30 menit. Bersihkan dengan air hangat, keringkan wajah dengan handuk.

Kombinasi kentang dan putih telur ini efektif untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

  • Kombinasi kentang dan wortel

Sediakan satu buah kentang dan satu buah wortel. Rebus kentang dan wortel sampai matang dan empuk. Kemudian kupas dan haluskan. Aduk hingga merata. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit. Setelah kering, bersihkan dengan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk

Kombinasi kentang dan wortel bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan mencegah keriput.

  • Kombinasi kentang, madu dan lemon

Sediakan kentang, bersihkan, kupas kulit kentang, kemudian parut. Campurkan madu dan air perasan lemon secukupnya. Tempatkan adonan tersebut dalam kain bersih dan bungkus. Gosokan kain tersebut pada permukaan wajah hingga merata. Diamkan selama 20 menit atau sampai mengering. Bersihkan dengan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk.

Kombinasi kentang, madu dan lemon ini efektif untuk melembabkan kulit serta memutihkan kulit secara perlahan.

  • Kombinasi kentang dan minyak zaitun

Sediakan satu buah kentang, bersihkan, kemudian rebus dengan kulitnya hingga matang dan empuk. Setelah itu, hancurkan kentang hingga halus. Campurkan dengan 1 sdm minyak zaitun, 2 sdm susu murni, kemudian aduk hingga merata. Oleskan adonan tersebut pada wajah. Diamkan selama 15 menit. Bersihkan dengan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk.

Kombinasi kentang, madu dan minyak zaitun bermanfaat untuk melembabkan dan mencerahkan kulit.

  • Kombinasi kentang dan mentimun

Blender kentang dan mentimun yang sebelumnya sudah dibersihkan. Lalu oleskan disekitar area mata. Tunggu 15 menit, lalu bersihkan area mata dan keringkan.

Nah, beberapa hal lain yang harus diperhatikan agar mencapai hasil maksimal adalah pemilihan kentang, cara penyimpanan kentang dan keteraturan dalam penggunaan masker.

Tips memilih kentang yang baik yaitu kentang yang utuh, halus, tidak kering, memiliki banyak mata di permukaannya. Jangan memilih kentang yang sudah menunjukkan warna kehijauan dan muncul tunas di seluruh permukaan, karena kedua tanda tersebut dapat menjadi pertanda bahwa racun alkaloid solanin kentang telah terbentuk.

Selain itu, menyimpan kentang di tempat yang sejuk dan jauh dari matahari juga dapat menghindarkan kentang dari terbentuknya racun alkaloid solanin.

Mudah bukan? Untuk memiliki wajah sehat, cantik dan bersih tidak harus mahal bukan? Cukup dengan memanfaatkan bahan- bahan di sekitar kita dengan baik.

Related Posts

Leave a Reply