Remaja dan Macam – Macam Jerawatnya

 Wajah

Remaja dan Macam – Macam Jerawatnya – Masa remaja kerap kali dikaitkan dengan masa pubertas. Ya, memang erat sekali kaitannya. Semua hal, baik pada pemikiran, fisik, ataupun psikologisnya. Secara fisik, akan banyak sekali terjadi perubahan pada diri seorang remaja yang baru saja mengentaskan dirinya dari ‘label’ anak – anak.

Perubahan terjadi secara fisik pada organ – organ vitalnya dan tentu saja akan memengaruhi pemikiran dan keinginan  secara psikologis remaja  tersebut. Perubahan yang terjadi pada fisik pada remaja diikuti dengan segala hormon yang menunjangnya, sehingga hormon pun ikut berkembang dan memberikan dampak ‘efek samping’ pada sang remaja, baik secara emosional ataupun mental.

Perubahan hormon – hormon ini tentunya harus diimbangi dengan pengetahuan dan kemampuan mengendalikannya. Misal: ketika seorang remaja sedang mengalami perubahan hormonal dan menimbulkan jerawat pertama kalinya muncul pada wajahnya, maka ia harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya dan mencegahnya agar tidak ‘mengundang’ jerawat yang lain ikut datang. Lalu bagaimana cara mengatasi macam – macam jerawat yang memiliki potensi untuk datang?

macam macam jerawatHal pertama yang perlu kita lakukan untuk mengatasi ataupun mencegah datangnya macam – macam jerawat yaitu mengetahui dan mengenalnya. Dengan mengetahui dan mengenal seluk beluknya, kita dapat mengantisipasi sejak dini terhadap hal – hal yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat, serta dapat melakukan ‘pertolongan pertama dan terakhir’ yang jitu agar jerawat tidak ‘betah’ berlama – lama bertahan di wajah kita. Bagaimana, Anda setuju bukan?

Nah, saat ini perlu kita ketahui macam – macam jerawat yang biasa ‘menyerang’ remaja, yaitu:

Jerawat batu

Mungkin ketika  Anda mendengar kata “jerawat batu” yang Anda bayangkan adalah sifatnya yang keras seperti batu. Betul kah? Ya, betul sekali. Jerawat batu memang keras seperti batu dan akan terasa sangat sakit jika disentuh ataupun tersentuh. Bukan berarti Anda bisa menyentuh jerawat Anda secara sembarangan, karena jika kondisi tangan Anda kotor dan belum cuci tangan, maka justru semakin menambah banyak bakteri pada kulit wajah Anda serta memicu timbulnya jerawat yang lain. Mau?

Jerawat batu selain teksturnya yang keras, juga memiliki ‘watak’ yang keras sehingga sering kali tinggal dalam waktu yang lama pada kulit  wajah kita. Nah, repotnya lagi si jerawat batu ini juga sering berulah dengan merusak sel kulit wajah kita. Kebayang kan, sakitnya? Makanya jangan coba – coba bercita – cita memiliki jerawat batu, karena selain sakit rasanya, Anda pun akan malu dibuatnya. Bahkan terkadang, ada orang yang menjadi tidak lagi dikenal melalui wajahnya karena tertutup oleh jerawat batu.

Namun, perlu Anda ketahui pula sebenarnya penyebab jerawat batu itu apa karena tak banyak orang yang mengetahuinya. Jerawat batu bisa jadi merupakan semacam penyakit keturunan jika memang memiliki ‘bakat’ tersebut dalam keluarga.

Orang yang memiliki kulit dengan kelenjar minyak sangat  aktif atau hiperaktif akan mudah terkena jerawat batu ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak mau memiliki jerawt batu, maka jagalah asupan makanan Anda. Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi karena justru akan semakinn menambah banyak kandungan minyak dalam kulit kita.

Jerawat cair

Jerawat cair biasanya tumbuh di  area selain wajah. Bisa di punggung, atau bisa juga tumbuh di dada. Sesuai dengan namanya, jerawat ini  akan mengeluarkan cairan jika dipencet dan warna jerawat cair ini merah.

Dari macam – macam jerawat yang biasa menyerang remaja tersebut, diketahui bahwa penyebabnya adalah kemalasan untuk mencuci dan membersihkan kulit baik wajah ataupun area tubuh lainnya. Oleh karena itu, jagalah kebersihan tubuhmu dan jangan biarkan tubuhmu melakukan ‘protes’ suatu saat nanti.

Related Posts

Leave a Reply