Rambut Rontok Berlebihan ? Jangan Anggap Sepele

 Rambut

Rambut Rontok Berlebihan ? Jangan Anggap Sepele – Rambut rontok memang sangat menjengkelkan. Tapi jika jumlahnya adalah sekitar 100 sampai 125 helai dalam sehari, itu masih dianggap normal. Tapi, bagaimana jika rambut rontok berlebihan? Tentu saja kepala Anda lama-lama bisa saja menjadi botak!

Jika rambut rontok Anda tidak diregenerasi dengan adanya pertumbuhan rambut yang baru, jumlah rambut Anda akan terus berkurang dan bagian kulit kepala Anda akan menjadi terlihat botak. Namun, kenali terlebih dahulu penyebab rambut rontok yang berlebihan agar cara mengatasinya pun akan menjadi lebih tepat sasaran.

Keturunan
Terkadang gen yang menyebabkan rambut rontok pada suatu keluarga dapat diturunkan pada generasi berikutnya. Hal ini memang jadi sulit diatasi, namun Anda bisa mencari tahu dengan pemeriksaan diri ke ahli kulit. Cara mengatasi rambut yang rontok akibat faktor ini adalah merawat rambut Anda dengan benar. Anda juga disarankan untuk menghindari berbagai hal yang bisa merusak kesehatan rambut Anda.

Rambut Rontok BerlebihanStress
Stres juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan rambut Anda rontok secara berlebihan dari akarnya. Anda dapat melakukan berbagai cara untuk mengatasi stress. Upayakan Anda mengambil pilihan positif untuk membantu mengatasi masalah stress Anda.

Kekurangan nutrisi
Tubuh memerlukan nutrisi harian yang cukup untuk dapat menentukan kualitas kesehatan. Rambut juga termasuk salah satunya. Beberapa zat gizi dapat memengaruhi kesehatan rambut, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta vitamin E, yang sangat berperan dalam pertumbuhan rambut Anda. Selain itu, nutrisi tersebut juga mampu memperkuat akar rambut Anda serta melancarkan sirkulasi darah ke kepala, tempat tumbuhnya rambut.

Rambut rontok karena rapuh dan mudah patah
Rambut dapat rontok karena patah jika tidak dirawat dengan baik. Sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihan rambut serta kulit kepala Anda. Cucilah rambut Anda secara menyeluruh. Gunakan produk shampoo yang khusus untuk rambut rapuh atau rusak. Shampo yang baik memiliki keratin repair yang masuk dan mampu mengembalikan keratin rambut yang hilang, agar akan kembali kuat dan tidak mudah patah. Untuk rambut yang rontok dari akar, pilihlah shampoo yang memiliki kandungan trichazole. Kandungan ini mampu menutrisi rambut dari akarnya. Selain itu juga membuat helai rambut Anda kuat dari akar hingga ke ujungnya.

Selain berbagai penyebab di atas, jenis kerontokan rambut juga bisa terjadi karena alopecia areata. Alopecia areata adalah jenis gangguan rambut yang rontok dan terjadi saat sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang pada folikel rambut. Hal ini menyebabkan rambut menjadi rontok pada bagian-bagian tertentu di kepala.

Alopecia areata yang merupakan salah satu penyakit autoimun ini dimulai dengan timbulnya rambut rontok sehingga kulit kepala Anda akan terlihat halus, mengkilap dan tak berbulu pada satu area di kepala. Hal ini dapat menandakan kebotakan permanen. Hal ini juga dapat berlangsung terus menerus sehingga bagian yang botak menjadi lebih lebar sementara rambut terus rontok.

Rambut memang dapat tumbuh kembali. Tapi diperlukan waktu setidaknya 1 bulan untuk itu. Ada kemungkinan bagi orang yang mengalami alopecia areata menjadi menderita kebotakan yang permanen. Alopecia areata tidak dapat dicegah, namun bisa dirawat. Hal ini juga dapat terjadi pada pria maupun wanita. Jika Anda mengalaminya, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Nah, mulai perhatikan kerontokan pada rambut Anda ya! Jangan anggap sepele rambut rontok yang berlebihan.

Related Posts

Leave a Reply