Ragam Fungsi Kawat Gigi

 Wajah

Ragam Fungsi Kawat Gigi – Uniknya pemasangan kawat gigi cenderung lebih populer di Indonesia daripada negara lainnya, bahkan ada beberapa negara yang menganggap jika seseorang yang memasang kawat gigi terlihat aneh dan kurang menarik bahkan beberapa ada yang menganggapnya memalukan. Kawat gigi di Indonesia sangatlah populer bahkan kawat gigi dinilai sebagai alat pengukur derajat karena harga untuk pemasangan kawat gigi tidaklah murah. Lantas, sebenarnya apakah fungsi kawat gigi dan perlukah kita memasang kawat gigi?.

Memperbaiki susunan gigi-geligi
Tidak semua orang memiliki susunan gigi yang rapi, susunan gigi yang tidak rapi ini biasanya mereka dapatkan semenjak kecil, entah karena kebiasaannya yang suka menghisap jari sehingga gigi menjadi lebih maju karena terdorong atau keterlambatan dalam mencabut gigi disaat ada gigi baru yang tumbuh sehingga gigi terkesan menumpuk atau berada dalam susunan yang tepat, bisa berada di tempat yang terlalu depan atau yang biasa kita kenal sebagai gigi gingsul. Banyak orang yang mencoba untuk memperbaiki susunan gigi mereka dengan memasang kawat gigi, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa karena cara ini dinilai bisa memperbaiki susunan gigi dengan cukup baik.

Ragam Fungsi Kawat GigiMemperbaiki pengunyahan
Salah satu fungsi kawat gigi adalah mampu memperbaiki pengunyahan. Mengunyah makanan merupakan kegiatan yang biasa kita lakukan setiap harinya. Mengunyah makanan dengan baik dan benar akan membantu mempercepat proses penyerapan makanan oleh lambung, makanan yang dikunyah dengan baik akan membuat lambung bekerja dengan mudah dan tidak memberatkan posisi lambung.

Memperbaiki pelafalan kata yang tidak benar
Fungsi kawat gigi selain untuk memperbaiki susunan gigi serta pengunyahan adalah mampu untuk memperbaiki pelafalan kata yang tidak benar. Pelafalan kata yang salah normal terjadi pada bayi dan anak-anak karena mereka masih berada dalam tahap belajar lantas bagaimana jika pelafalan kata yang salah itu terjadi disaat seseorang dewasa, tentunya membuat ia merasa tidak nyaman dan percaya diri, terutama ketika berbicara dengan orang lain.

Percaya atau tidak, menggunakan kawat gigi dapat memperbaiki pelafalan kata Anda yang tidak benar. Tidak ada salahnya untuk mencoba, bisa jadi setelah memasang kawa gigi, pelafalan huruf yang tidak sempurna, seperti huruf R menjadi L bisa diperbaiki.

Memperbaiki penampilan wajah
Susunan gigi yang rapi akan membuat orang merasa lebih percaya diri dan terlihat lebih menarik, siapa yang tidak terpesona dengan seseorang yang memiliki gigi rapi, kuat dan putih. Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha untuk merapikan gigi dan memutihkan gigi mereka, baik dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk menjaga kebersihan dan kekuatan gigi hingga rutin merawat gigi ke dokter gigi, yakni membersihkan karang gigi dan menambal gigi yang berlubang.

Fungsi kawat gigi adalah untuk memperbaiki segala kekurangan secara fisik atau non fisik di gigi dan rongga mulut. Mulai dari yang paling mengganggu penampilan hingga yang mengganggu kesehatan. Gigi yang sehat dan rapi akan membuat seseorang yang merasa kurang percaya diri disaat berbincang dengan orang lain atau disaat berfoto dengan orang lain berubah menjadi lebih percaya diri. Memasang kawat gigi tidak bisa dilakukan dengan semudah itu, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi spesialis ortodonti untuk kemudian memerikasakan kondisi kesehatan gigi dan menganalisa apakah gigi Anda butuh dipasang kawat gigi atau tidak. Karena sebelum memasang kawat gigi, Anda harus memastikan jika gigi berada dalam kondisi sehat dan baik.

Related Posts

Leave a Reply